Selain rutinitasku mengajar di sebuah sekolah di Pasbar, ada satu rutinitas yang kulakukan disana. Bermain bola. Yah, selain futsal, aku punya agenda rutin bermain bola. Bertempat di lpangan sepakbola Padang Hijau, Simpang Empat. Setiap hari Ahad pagi aku kesana untuk bermain bola.
Bersama sebuah klub sepakbola Sejahtera FC, Pemainnya adalah para kader PKS dan umum. Tidak membatasi kader. Siapa saja boleh bergabung. Bisa anak sekolah (anak SMP dan SMA), serta masyarakat sekitar.
Awalnya kami tidak punya kostum bola. Maka kostum kami adalah baju bola kami. Jadinya, berwarna-warni. Kemudian oleh ustadz Yasir yang juga pelatih kami, beliau membuatkan rompi bola untuk kami. Banyak waktu itu. Ada warna putih, merah, dan biru.
Hingga suatu ketika, dapat bantuan dana yang membuat kami bisa membeli rompi bola yang lebih elegan, ekslusif dan ngejreng. Ini membuat kami semakin semangat dalam berlatih bola.
Sepakbola ini dilakukan secara rutin dan tertata. tak sekedar maen. Ada pemanasan dan latihannya. Meski beberpa kali kami senang langsung maen. Beberapa kali berlatih teknik-teknik bermain bola dan latihan fisiknya.

Dimulai pukul 07.00 WIB, dengan pemanasan pribadi dan latihan. Pemanaasann pribadi misalnya lari kecil keliling lapangan, peregangan. Kemudian diadakan latihan fisik bersama, jadi gerakannya serupa. Diantaranya ada pemanasan, push up, sit up, dan latihan zig zag. Sekitar 20 menit lamanya pemanasan ini.
Lokasi cukup dekat dari sekolah. Hanya ditempuh sekitar 5 menit. Cukup mumpuni untuk ukuran lapangan kampung. Full rumput. Di hari Ahad, lapangan itu memang dikhususkan untuk latihan Sejahtera FC yang telah mengontraknya setiap bulan. Ada sewanya. Kalau tidak salah Rp.50 rb per bulan.
(Gambar)

0 Comments