Band sebesar SID menyambangi dan merasa perlu berbicara tentang PKS? Merupakan suatu hal yang luar biasa. Sebesar apa SID?
1.       Band punkrock asal bali ini pernah menjadi band pembuka pada penampilan Hoobastank di Jakarta
2.       SID merupakan satu-satunya musisi Indonesia yang masuk ke Billboard
3.       SID termasuk rujukan band di Indonesia
4.       SID punya fanbase di Facebook yang mencapai 1,6 juta orang dan band ini tetap berdiri selama 15 tahun tanpa ganti personil
Tapi kemudian SID berbicara tentang PKS, berarti ada sebuah perhatian dan keperluan dengan PKS. 

Dalam twitter milik Jerinx (drummer SID) dimana beliau adalah pencipta lagu-lagu SID, menyiratkan ketertarikan dengan keberagaman yang dihormati di PKS.
Saya termasuk outsiders (fans SID) sejak tahun 2003 dan kemudian jadi kader PKS tahun 2006. Sehingga saya punya beberapa pandangan dan keyakinan terhadap SID dan PKS sesuai pengetahuan saya selama ini.
Ada kesamaan antara PKS dan SID.
Pertama, PKS dan SID sama-sama bergiat membangun Indonesia. Melawan kebodohan, ketidakadilan, dan membuat Indonesia lebih baik lagi.
Kedua, dalam kampanye membuat Indonesia lebih baik, SID dan PKS sama-sama membiayai dengan kantong sendiri. Setahu saya, kampanye-kampanye SID berasal dari dana mereka sendiri. Misalnya dalam tour nya yang memasukkan promosi kebudayaan Indonesia (dengan berpakaian adat Bali saat promo jadwal manggung), kampanye Go Green, kampanye anti (reduce) plastic, dan lainnya.
ketiga, SID dan PKS sama-sama menghormati adanya keberagaman dalam membangun Indonesia. Yah, menghormati adanya keberagaman dalam membangun Indonesia. Ini mungkin yang membuat Jerinx tertarik.
Keempat, SID secara konsisten selalu memasukkan lirik-lirik nasionalismenya dalam albumnya. Sebut saja All Angels Cry, Marah Bumi, dan lainnya. PKS pun punya nasyis Shoutul Harakah, yang juga selalu konsisten punya lirik menguatkan cinta tanah air. Semisal Indonesia Memanggil, Bangkitlah Negeriku, dan lainnya.
SID dan PKS, ah…demi Indonesia, ayo akur. Kita sama2 cinta Indonesia. Ayo kita bersatu. Indonesia sudah Memanggil kita. Kita bergabung. Kita Kuat Bersinar. Jangan biarkan bidadari terus menangis. Jangan lebih lama lagi Bumi Marah. Money..money…money memang perlu. Tapi dengan keikhlasan dalam Bingkai Kehidupan kita, keikhlasan yang sduah tertanam di jalan kita, aku yakin, Bumi akan tersenyum.

0 Comments