Serahkan Sedekah Langsung ke Penerima

Pagi ini senang sekali. Ingat beberapa waktu yang lalu. Siswa kami yang menyerahkan paket sembako ke masyarakat. Dengan cara turun langsung ke rumah-rumah penerima. Ada beberapa kebaikan dengan cara memberi langsung ke penerima.
1.       Si penerima tidak perlu repot-susah payah-keluar tenaga untuk datang kepada yang memberi bantuan
2.       Lebih menghormati si penerima. Tidak ada kesan penerima minta-minta banget.
3.       Si pemberi bisa melihat langsung keadaan perekonomian-rumah si penerima
--------------------------------------------------
Resikonya adalah tidak ada media yang menyorotnya. Begitu saja. Tapi cara inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.
Dengan tidak mengurangi hormat dan penghargaan kepada orang yang membagikan sedekah-infak-paket bantuan dengan cara mengundang orang banyak ke rumahnya, ada kekurangannya dengan cara seperti ini
1.       Si penerima terkesan meminta-minta. Meski mereka tidak berpunya. Banyak juga lho yang ‘agak malu’ kalau harus meminta-minta. Dan biasanya bagi sedekah seperti ini diliput media, nah, banyak lho yang malu kalau wajah mereka kena shot kamera. :P
2.       Sering menelan korban. Kehabisan tenaga, pingsan bahkan tidak jarang ada yang tewas. Contohnya kasus pembagian BLT yang diplesetkan menjadi Bantuan Langsung Tewas. Antrean padat. Kebanyakan perempuan, anak-anak, dan lansia yang turut dalam antrean yang menjadi korban. Kehabisan oksigen, berdesak-desakan, atau terinjak-injak.
3.       Si penerima harus meninggalkan pekerjaan mereka di rumah.

Sekali lagi, penghargaan buat mereka. Mau berbagi sudah bagus. Sedikit begitu berarti bagi mereka yang miskin. Mudah-mudahan diberikan balasan yang berlipat ganda. Dan bisa kembali memberi sedekah besok dan besok lagi. Aamiin. 
~untuk Indonesia 26072014

No comments for "Serahkan Sedekah Langsung ke Penerima"