Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Serahkan Sedekah Langsung ke Penerima

Pagi ini senang sekali. Ingat beberapa waktu yang lalu. Siswa kami yang menyerahkan paket sembako ke masyarakat. Dengan cara turun langsung ke rumah-rumah penerima. Ada beberapa kebaikan dengan cara memberi langsung ke penerima.
1.       Si penerima tidak perlu repot-susah payah-keluar tenaga untuk datang kepada yang memberi bantuan
2.       Lebih menghormati si penerima. Tidak ada kesan penerima minta-minta banget.
3.       Si pemberi bisa melihat langsung keadaan perekonomian-rumah si penerima
--------------------------------------------------
Resikonya adalah tidak ada media yang menyorotnya. Begitu saja. Tapi cara inilah yang dicontohkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya.
Dengan tidak mengurangi hormat dan penghargaan kepada orang yang membagikan sedekah-infak-paket bantuan dengan cara mengundang orang banyak ke rumahnya, ada kekurangannya dengan cara seperti ini
1.       Si penerima terkesan meminta-minta. Meski mereka tidak berpunya. Banyak juga lho yang ‘agak malu’ kalau harus meminta-minta. Dan biasanya bagi sedekah seperti ini diliput media, nah, banyak lho yang malu kalau wajah mereka kena shot kamera. :P
2.       Sering menelan korban. Kehabisan tenaga, pingsan bahkan tidak jarang ada yang tewas. Contohnya kasus pembagian BLT yang diplesetkan menjadi Bantuan Langsung Tewas. Antrean padat. Kebanyakan perempuan, anak-anak, dan lansia yang turut dalam antrean yang menjadi korban. Kehabisan oksigen, berdesak-desakan, atau terinjak-injak.
3.       Si penerima harus meninggalkan pekerjaan mereka di rumah.

Sekali lagi, penghargaan buat mereka. Mau berbagi sudah bagus. Sedikit begitu berarti bagi mereka yang miskin. Mudah-mudahan diberikan balasan yang berlipat ganda. Dan bisa kembali memberi sedekah besok dan besok lagi. Aamiin. 
~untuk Indonesia 26072014

Post a Comment for "Serahkan Sedekah Langsung ke Penerima"

Berlangganan via Email