4 Jurus Liqo Anti Ngantuk

Agenda liqo adalah agenda pekanan penting yang jangan terlewatkan oleh kader. Suasananya adalah penjagaan dalam lingkungan islami. Aktivitas di liqo sebagai sumber energi untuk beraktivitas dakwah seorang kader.

Sayangnya, suasana liqo dapat rusak sebab alasan mengantuk. Biasanya melanda kaum bapak yang liqo nya malam. Pun tidak menutup kemungkinan liqo ibu-ibu yang sering di waktu siang atau sore.

Harusnya bisa mengikuti materi dengan semangat, malah tidak fokus. Alasan mengantuk pula membuat materi bisa terlewat. Iya memang, mengantuk adalah anugerah Allah, namun kadang musibah, sebab bisa membuat rusak aktivitas yang kita rindukan itu. Berikut ini jurus anti ngantuk.

Pertama, tidur siang. Tidur ini sebagai istirahat tubuh supaya badan lebih fit. Salah satu sebab mengantuk adalah tubuh dalam kondisi lelah dan kehabisan energi atau tenaga. Dalam kondisi apa pun, jika badan kehabisan tenaga tentunya berefek pada letih yang berujung pada mengantuk. Bagaimana jika kita adalah pekerja yang seharian full bekerja? Nah ini juga tantangannya. Usahakan tidur siang walau sebentar. Cukup setangah jam atau satu jam.

Kedua, ngopi. Diyakini, ngopi bisa mengusir kantuk. Kandungan caffeine di dalam kopi menyebabkan darah mengalir ke kepala lebih cepat. Rasa panas air kopi juga membuat mata kita melek. Beberapa orang menyatakan, Minum kopi cukup ampuh mengusir kantuk. Kalau sudah minum kopi tapi masih ngantuk juga, coba kopinya siram ke mata sebagai pusat kantuk. Semoga kantuk segera enyah.

Ketiga, serius memperhatikan. Kantuk disebabkan berkurangnya asupan oksigen ke kepala. Kinerja otak yang melambat dan melemah menjadi sumbernya. Maka usahakan otak kita full bekerja dengan memperhatikan secara serius materi yang diberikan guru kita.

Keempat, interaktif. Jalannya liqo yang monoton dan kita hanya mendengarkan saja juga berpotensi membuat kita ngantuk. Sebaliknya, suasana liqo yang hidup, aktif, atraktif membuat kita semangat dan tidak mengantuk. Jangan segan untuk memotong, menyela, atau bertanya kepada guru kita. Tujuannya, supaya hilang mengantuk. Nah, selamat mencoba.


No comments for "4 Jurus Liqo Anti Ngantuk"