Otak bagi manusia ibarat aki bagi motor. Semakin dipakai semakin berisi/ngecas. Sebab sewaktu motor hidup, sejatinya sambil ngisi muatan aki.


Tapi kalau jarang dipakai aki bakal kehabisan muatan bahkan rusak. Misal beberapa hari tidak dipakai, untuk ngidupkannya susah. Kadang harus pake kick starter / engkol / sela. Kalau tidak dipakai dalam jangka lama, aki bisa soak. Kalau aki basah, lumayan mudah perbaikannya, diganti airnya. Tapi kalau aki kering, harus beli yang baru.

Nah, biar lebih hemat, seringlah dipakai itu motor. Minimal dihidupkan secara rutin.

Begitu pula otak. Otak yang jarang dipakai bakal tumpul. Maksudnya susah melakukan kerja (berpikir). Terbiasa nyaman atau tidak melakukan apa-apa, susah jika dihadapkan pada masalah yang pelik.

Sebaliknya, kalau sering dipakai, otak semakin encer. Semakin tokcer. Ide-ide cepat berseliweran. Saat menghadapi masalah, selalu saja ada ide atau solusi yang muncul.

Makanya banyak orang yang membiasakan otaknya untuk terasah. Caranya? Beberapa diantara adalah dengan Diskusi, Membaca, Menulis, Bermain catur, atau teka-teki silang.

0 Comments