Semangat untuk berinteraksi dengan Al Quran begitu membuncah. Tidak lain karena pemateri yang luar biasa, Rina Setiawati, dalam workshop "Membentuk Genetik Al-qur'an dan Metode Halaqoh Anak" pada Ahad, 18 Maret 2018 yang diadakan di aula Granada, komplek SIT Al Qudwah, Lebak, Banten.



"Berinteraksi dengan Al Quran sangat penting. Membacanya dibalasi pahala. Menghafal Al Quran adalah penuh keajaiban, tidak sedikit kita lihat Anak kecil sudah hafal Al Quran" kata pemateri.

Puluhan ayah bunda beserta anaknya turut hadir dalam acara ini. Dan memang workshop ini sangat tepat menghadirkan anggota keluarga.

Ada 5 metode dalam menghafal Al Quran yang diajarkan disini yaitu metode intuiting, thinking, sensing, feeling, dan insting.

"Metode itu hanya cara membuat kita hafal Quran. Tidak perlu diperdebatkan" ujarnya.

Peserta dibagi dalam beberapa kelompok diantaranya al Ikhlas, An Nisa, al Mulk, Maryam.

Setiap kelompok diwajibkan menghafal 4 ayat Surat Al Kahfi yang dipresentasikan sesudah 16 menit menghafal.



Di tengah aktivitas workshop, anak-anak dapat bermain di zona anak dengan permainan kereta api, menggambar, mobil-mobilan dan permainan lain. Ini membuat orang tua dapat mengikuti workshop dengan serius dan fokus.

Metode menghafal dengan gerakan cukup efektif menghafal. Bahkan, urutan ayat dibolak balik pun bisa dilakukan dengan sederhana.






Penulis berita : Supadilah

0 Comments