Resensi Buku Digital Ekosistem

Resensi buku digital ekosistem berhasil terbit di Singgalang edisi 19 Agustus 2018.

Pintar Berselancar di Ekosistem Digital
Teknologi mampu mengubah banyak hal.  Saat ini kita berada di dunia yang serba digital. Ibarat sebuah mata uang,  ada sisi positif dan sisi negatif dari kehadiran internet.  Seperti sebuah pisau, manfaat atau mudharat tergantung bagaimana kita menggunakannya. Peristiwa sosial, politik, dan pendidikan banyak yang terpengaruh oleh digitalisasi. Cukup memanfaatkan internet,  banyak hal yang kita lakukan. Misalnya, saat pemilu, kita turut bisa mengawal jalannya pemilu dengan mencegah terjadinya kecurangan pada penghitungan suara melalui KawalPemilu.org. Atau Wujudkan.com yang banyak membantu berbagai kreasi dari pemilik ide untuk mewujudkan mimpinya dengan cara crowdfunding. Banyak hal positif yang bisa didapatkan dengan memanfaatkan teknologi digital secara tepat. (Halaman 7)

Tidak perlu memikirkan ide yang luar biasa untuk mengubah dunia. Lakukan hal kecil semampu kita.  Seperti yang dilakukan Ideawatch, salah satu laman yang menampung berbagai ide dari para netizen. Contohnya, ide membuat aplikasi untuk mengatasi banyaknya makanan yang terbuang sia-sia di restoran akibat porsi yang berlebihan. 

Ketergantungan kita pada telepon pintar membuat data yang tercipta setiap hari menjadi begitu banyak. Tingkat pertumbuhannya terus meningkat. Data ini bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis.  Dalam dunia marketing, big data dimanfaatkan untuk mengenali perilaku konsumen. Muncullah start up bisnis online diantaranya bukalapak,  tokopedia, blibli.com, dan lainnya. Market place online dengan mudah memberikan penawaran dari perilaku interaksi pengguna internet. 

Penggunaan teknologi telah mengubah kota menjadi maju. Maka muncullah smart city di beberapa tempat. Ada beberapa indikator yang biasa digunakan untuk menentukan tingkat kepintaran sebuah kota. Salah satu indikator utamanya adalah sejauh mana adopsi teknologi diterapkan dalam berbagai hal yang dapat melancarkan atau memudahkan kehidupan warganya. (Halaman 193).

Buku ini sangat berisi! Ditulis  oleh tokoh yang bertahun-tahun mendalami dunia digital, sebuah dunia baru yang begitu pesat perkembangannya. Perkembangan ekonomi dalam dunia digital dibahas dengan menarik. Ilmu yang sangat penting dalam memahami peluang dan tantangan di era digital. Bagi kita yang tertarik pada bahasan usaha start up, buku ini layak jadi pedoman dalam menjalankannya. Sebab tidak hanya berisi ide kreatif membangun, melejitkan dan mempertahankan usaha rintisan, tetapi juga mengantisipasi karakter usaha rintisan yang menuju bunuh diri. Sehingga, kemunduran dan kebangkrutan bisa dihindari. Perkembangan dan pemanfaatan dunia digital dibahas dengan apik, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga di luar negeri. Sehingga, para pembaca semakin mendapatkan referensi yang semakin lengkap.

Indonesia memiliki anak-anak cerdas yang mampu menghadirkan solusi dari berbagai permasalahan bangsa. Dengan dukungan ekosistem digital yang positif, semoga bisa membawa bangsa ini menuju takdir yang baik. 

Judul : Digital Ekosistem
Penulis : Ali Akbar
Penerbit : Republika Penerbit 
Cetakan : I, Februari 2018
Jumlah halaman : x + 252 halaman
ISBN : 978-602-082-297-6
Peresensi : Supadilah

No comments for "Resensi Buku Digital Ekosistem "