Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Guru Harus Jeli Membuat Soal



Pekan ini musim ujian. Sekolah-sekolah menjalani Penilaian Tengah Semester (PTS) selama satu pekan. Pada agenda rutin sekolah ini, ada satu hal yang perlu kita cermati. tentang soal. Tidak jarang, beberapa mata ujian harus mengalami kegaduhan karena soal. Ada yang kurang jumlah soalnya, soal tidak jelas, tidak ada jawaban, atau soal tidak lengkap. Berbicara soal, tentulah pihak yang paling disorot adalah guru sebagai pembuat soal tersebut.

Seharusnya guru sangat teliti dalam membuat soal sehingga tidak ada kesalahan. Namun kesalahan-kesalahan seperti itu selalu terjadi pada setiap ujian sehingga guru harus masuk ke kelas untuk menjelaskan kesalahan soal. ada yang menambahkan jumlah soal, mengubah soal, atau melengkapi soal. kesalahan pada soal, bukan hanya menurunkan profesionalitas guru, tapi juga menghilangkan kepercayaan siswa (dan sekolah) pada guru. Kesannya, guru nggak serius bikin soal. padahal, kita minta siswa menjawab dengan serius.

Padahal, dengan ketelitian dari guru dalam membuat soal, kejadian-kejadian seperti itu dapat dihindari. Bukan hanya membuat soal sesuai jumlah yang diminta, namun guru harus jeli membuat soal dan melakukan pengecekan terhadap soal yang dibuat. Di sinilah pentingnya seorang editor. Mengoreksi soal bahkan hingga ke tingkat penulisan dan tata bahasa. Maka, edit..edit….dan edit. Semakin sering diedit atau diperiksa, semakin tinggi tingkat akurasi soal. dan semakin rendah potensi kesalahannya. Ayo, serius menggarap soal, untuk keteladanan siswa pula.


Post a Comment for "Guru Harus Jeli Membuat Soal"

Berlangganan via Email