Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Keluarga Bill Gates Memfasilitasi Smartphone



Dikutip dari buku Didiklah Anak Sesuai Zamannya, perlulah kita mencontoh
peraturan di keluarga Bill Gates dalam hal pemakaian smartphone.

1. Anak harus sudah berumur 14 tahun, baru diberikan smartphone. Usai segitu sekira umur kelas 2 SMP.

2. Membatasi screen time agar memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga,

3.  Tidak boleh membawa ponsel saat makan bersama, dan

4.  Menentukan jam untuk melihat TV atau ponsel sehingga anak-anak bisa tidur lebih awal dibandingkan anak lain

Begitu cara CEO Microsoft ini menyikapi smartphone. Orang terkaya dan terpintar ini cukup bijaksana dan ketat tentang smartphone. Nah, bagaimana dengan kita?

Pesatnya perkembangan teknologi juga mempengaruhi perilaku anak. Kadang para orang tua risau dalam mendampingi anak menggunakan kemajuan teknologi.

Orang tua bisa disebut immigrant digital. Immigrant digital adalah sebutan untuk para orang tua yang pernah hidup di masa teknologi belum berkembang, kemudian mengikuti perkembangannya hingga sekarang.

Media digital seperti pisau bermata dua. Memberikan manfaat juga menghadirkan ancaman. Diharapkan mampu melindungi anak dari ancaman teknologi saat mengambil manfaat dari kehadiran teknologi tersebut.

 "Didiklah anak-anakmu sesuai dengan zamannya karena mereka hidup bukan dizamanmu. (Ali bin Abi Thalib)" (hal.5)


Tentang kapan waktu yang tepat untuk memberikan smartphone kepada anak,  buku ini menjawab

 berdasarkan penelitian American Academy of Pediatrics (AAP) mengatakan gadget tidak dibolehkan untuk anak di bawah usia 13 tahun. Wah..wah...wah... Bagaimana dengan  kita?

Sementara, untuk usia bayi tidak direkomendasikan untuk memberikan TV, gadget, atau media lainnya karena lebih banyak dampak negatifnya. Anak akan menjadi pasif, kemampuan motoriknya tidak berkembang maksimal, dan rentang perhatiannya menjadi sangat pendek. Padahal, perkembangan anak lebih maksimal jika anak-anak sering bergerak aktif. Bahkan yang cukup berbahaya adalah radiasinya yang membahayakan bagi bayi karena tengkoraknya masih tipis dan rentan.

Untukmengurangi risiko radiasi ponsel bisa dilakukan dengan cara memutar video dalam mode offline, menggunakan earphone headset dan menghindari menelpon pada saat sinyal lemah karena semakin lemah sinyal yang ada kerja ponsel semakin deras dan sinar radiasi yang dipancarkan pun akan semakin kuat.


Kecanduan gadget merupakan permasalahan yang menyusahkan bagi orang tua. Namun, kadang justru orang tua yang membuat anak menjadi kecanduan. Orang tua sering lebih asyik bermain gadget sewaktu bersama anak sehingga akhirnya anak pun ingin pula memegang dan bermain gadget.

Karena tidak bisa ditinggalkan sepenuhnya, perlu ada jalan tengah dalam menyikapi gadget. Langkah terbaik adalah melakukan pembatasan dalam penggunaannya. Cara membatasinya dengan cara jauhkan media digital tersebut dari kamar anak, mengawasi apa saja yang diakses anak di gadgetnya, jangan pernah menggunakan gadget untuk menenangkan anak saat ngamuk, dan menggunakan media digital tersebut untuk mendiskusikan nilai-nilai yang dianut oleh keluarga.

Post a Comment for "Cara Keluarga Bill Gates Memfasilitasi Smartphone"