Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kategori bermain pada anak usia dini



Adakalanya si kecil ingin bermain sendirian,  namun adakalanya pula dia ingin ditemani. Untuk itu kita perlu mengetahui kategori bermain pada anak.

Pertama, solitary play yaitu anak bermain sendiri tanpa mengambil bagian atau tanpa memperhatikan permainan orang lain yang berada di dekatnya.  Contohnya dia bermain sepeda di taman dan ia tidak berinteraksi dengan anak yang lainnya.

Kedua parallel play yaitu anak bermain sendiri dengan mainan yang sama dengan temannya namun ia lebih banyak bermain sendiri daripada memperhatikan apa yang temannya lakukan. Contohnya, anak dan temannya sedang menggambar namun sibuk dengan gambarnya masing-masing.

Ketiga, assosiasi play yaitu kegiatan saat anak bermain bersama dengan anak yang lain berbagi mainan yang sama namun tidak banyak berinteraksi.  Contohnya pada saat anak bermain boneka namun interaksinya sedikit saat boneka tersebut bertemu, selebihnya mereka bermain dengan bonekanya masing-masing.

Keempat cooperative play yaitu kegiatan saat anak bermain secara asyik bersama teman-temannya dalam kelompok anak-anak pada kategori ini mulai menerapkan aturan dan peran yang dilakukan setiap anak dalam bermain mereka belajar bernegosiasi berbagi serta bertukar pikiran contohnya bermain engklek, gobak sodor, dan lainnya.

Sumber : Rumah Main Anak 2

Post a Comment for "Kategori bermain pada anak usia dini"

Berlangganan via Email