Strategi Jitu Sambut Harbolnas Bersama Blibli.com



Bagi para pelaku jual online, sudah pasti menanti dengan sepenuh hati iven Harbolnas (Hari Belanja Online Nasional). Memanfaatkan naluri alamiah pembeli yang selalu berminat dengan produk berdiskon dan promo yang tidak tanggung-tanggung, rasanya Harbolnas ini sayang sekali untuk dilewatkan oleh mereka yang punya usaha lewat jualan online. Nah, supaya iven tahunan ini tidak terlewatkan tanpa hasil yang maksimal, ada baiknya kita siapkan strategi jitu, agar untung yang didapat semakin berlipat-lipat.


Tidak dimungkiri, konsumen baru merupakan faktor yang paling memberikan pengaruh pendapatan. Konsumen baru berarti baru pula daftar pesanan yang masuk. Apalagi jika satu konsumen itu berjajar list belanjaannya, maka dipastikan semakin banyak pula pundi-pundi mengalir ke rekening kita.

Untuk mendapatkan konsumen baru, sudah barang tentu kita harus rajin-rajin promosi. Promosi ini bisa dilakukan dengan banyak cara. Misalnya dengan memperbarui tampilan toko online kita. Ganti tampilan produk yang lama agar ada kebaruan. Langkah ini tidak susah. Blibli.com memiliki fasilitas gratis foto produk yang bisa kita manfaatkan untuk membuat tampilan toko online makin caem tanpa pusing. Tampilan sangat menentukan, lho. Maka usahakan tampilan produk kita berkualitas maksimal.
Selain itu, kita bisa manfaatkan media sosial yang kita miliki.  Tidak usah sungkan sering update di media sosial. Namun, perlu juga memastikan waktu yang tepat untuk melakukan promosi. Tepat waktu, supaya tepat sasaran.

Berikut ini  waktu terbaik untuk melakukan promosi di media sosial.




Namun jangan lupakan juga pelanggan yang lama kita. Mereka adalah aset. Mereka harus kita jaga, agar tidak pindah ke lain hati. Dengan 'perawatan' yang baik, kita tetap bisa menjalin relasi dengan mereka. Caranya bisa dengan silaturahmi, memberikan bonus atau promo tertentu. Bukan hanya sebatas jual beli, tapi bisa ngobrol tentang kabar keluarga, kesibukan, dan lainnya. Jangan sungkan untuk berbasa-basi. Di negeri kita, masih berlaku basa-basi, lho.

Saat ini, para penjual online semakin banyak. Persaingan pun semakin ketat. Maka setiap kita harus memiliki keunggulan dibandingkan penjual online lainnya. Kira-kira, apa yang mesti kita unggulkan agar konsumen kita tidak lari? Pertama, kerja cepat. Tidak dimungkiri, faktor kecepatan pelayanan menjadi hal terpenting. Itu juga menandakan seberapa besar pelayanan penjual online terhadap konsumen. Juga, biasanya pembeli lebih tertarik dengan mereka yang fast respon, dan berpaling dari yang slow respon.


Kalau oranglain respon dalam hitungan belasan menit, kita harus lebih cepat dari itu. Kalau penjual lain mengirimkan barangnya dalam 2-3 hari baru dikirim, kita harus lebih fast dari itu. Bisa dipastikan, mereka akan menambatkan kepercayaan kepada kita.

Jangan menunggu waktu. Jika sudah pesanan sudah fix, ada baiknya segera diproses. Sebab, waktu kita tidak banyak. Waktu itu bisa kita lakukan untuk mengerjakan hal yang lain. Ada pula, waktu untuk keluarga yang juga tidak boleh kita abaikan.


Jika kerja kita terasa merepotkan, ada baiknya mencari mencari partner untuk mengelola toko online kita. Bakal pasti repot saat tiba Harbolnas nanti. Maka, daripada kewalahan dengan melonjaknya pesanan, tidak maksimal dalam pelayanan yang akan mengancam ketidakpuasan pelanggan, mencari partner bisnis bisa menjadi solusi.

Seperti yang dirasakan oleh isteri saya, dia berinisiatif merekrut admin (bahasa dia) untuk mengurusi toko onlinenya. Dirasakannya sangat berpengaruh signifikan. Mulai dari promosi yang semakin massif, pelanggan baru semakin banyak, jumlah total pelanggan bertambah, pembukuan semakin rapi, hingga pendapatan toko yang semakin besar. Setelah dihitung sana cek sini, rerata keuntungan di bulan tersebut naik hingga 70 persen. Kesimpulannya, tidak rugi merekrut admin. Begitu.

Iven Harbolnas merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan oleh penjual online. Dengan kesiapan yang lebih mantap, tentu akan menjadi peluang yang lebih besar lagi meraup untung. Sedia payung sebelum hujan. Raup banyak untuk, di Harbolnas. Selamat menjelang Harbolnas dengan Blibli.com. Dijamin Untung Nggak Tanggung-tanggung.

***
Tulisan ini disertakan dalam lomba Blibli Seller Blog Competition periode September 2019.




No comments for "Strategi Jitu Sambut Harbolnas Bersama Blibli.com"