Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengurangi Sampah Dari Rumah



Masalah sampah belum selesai dengan membuang sampah. Membuang sampah hanya memindahkan masalah dari rumah ke tempat lain.


Rumah  bersih dan bebas dari sampah merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, banyak orang yang langsung membuang sampah rumah tangganya. Tanpa memilahnya berdasarkan jenis sampah yaitu sampah organik dan sampah organik.

Bukan berarti masalah sampah selesai dengan membuang sampah. Membuang sampah hanya memindahkan masalah dari rumah ke tempat lain. Di tempat kita selesai masalah sampah, muncul masalah baru di tempat lain.


Diperkirakan, Indonesia menghasilkan 64 juta ton sampah setiap tahunnya. Jadi sekitar 64.000.000.000 kilogram sampah. Dari sejumlah itu, 60 % -nya merupakan sampah organik. Jadi, sebetulnya banyak yang bisa didaur ulang lagi. 

Namun, ternyata tidak banyak rumah tangga yang mendaur ulang sampahnya. Data BPS menyatakan bahwa hanya 1,2 % rumah tangga yang mendaur ulang sampah yang dihasilkan. Sementara itu, sejumlah 66,8 % membakar sampahnya, dan 32 persen melakukan tindakan lainnya.

Tidak sempat, tidak punya waktu, ribet, dan alasan lainnya yang membuat tidak semua rumah tangga mengolah terlebih dahulu sampahnya.

Padahal jika mau melakukannya, bisa mengurangi permasalahan banyaknya sampah yang sudah menjadi masalah besar negara kita.

Mengurangi sampah dari rumah merupakan usaha untuk pelestarian lingkungan. Agar bumi kita tidak semakin penuh dengan sampah. Ingat, bumi ini kita wariskan untuk generasi mendatang. Sedikit yang kita lakukan hari ini pasti besar manfaat untuk masa depan yang lebih baik.

Keluarga kami melakukan beberapa hal untuk mengurangi sampah ini. Kami meyakini, sekecil apapun yang kita untuk lingkungan merupakan hal yang besar.







Minyak jelantah hampir tidak bisa diapa-apakan lagi. Padahal, setiap hari rumah selalu memasak yang diantaranya menggunakan minyak goreng.

Sisa minyak goreng yang sering disebut minyak jelantah, paling banter menjadi limbah yang dibuang ke selokan, ke westafel, atau masukkan plastik kemudian dibuang ke tempat sampah.

Saat bergabung dengan komunitas ibu-ibu, isteri saya mendapat ilmu tentang mengolah minyak jelantah menjadi pembersih lantai. Ilmu itu dimodifikasi oleh isteri menjadi mengubah minyak jelantah menjadi sabun batangan.

Nah, prosesnya adalah sebagai berikut.

Alat dan Bahan Sabun Batang MiJah

Bahan:
450gr Minyak Jelantah yg sudah direndam arang
NaOH 82gr
Aroma (sereh/pandan/kopi/jeruk nipis)
Air pelarut 170gr

Alat:
Timbangan Digital
saringan minyak (bisa menggunakan kain)
blender/tumbukan (untuk mengambil sari sereh/pandan)
wadah penampung larutan ukuran 2ltr (bahan stainless steel atau plastik)
Penampung NaOH (stainless steel atau plastik)
penampung minyak Jelantah
spatula kayu
cetakan sabun (bisa menggunakan cetakan agar plastik)
 
Alat keamanan:
Masker, kacamata, sarung tangan

Langkah awal:
Rendam minyak jelantah dengan arang.
Untuk memperoleh 450gr minyak rendaman bisa mencampurkan sekitar 700gr minyak jelantah
Rendam selama 1-2 hari




Proses pembuatan sabun dari limbah minyak jelantah


Ilmu ini sangat berguna untuk ibu-ibu yang selama ini dipusingkan dengan limbah minyak jelantah ini. Beberapa kali diundang berbagi ilmu di ibu-ibu komplek, dan pernah ikut dalam lomba daur ulang barang bekas yang diadakan oleh kementrian Perindustrian pada tanggal 5 Desember 2019. Dalam ajang itu, isteri saya mendapatkan juara favorit. 


 Menjadi juara favorit pada lomba organisasi wanita Kementerian Perindustrian

Tidak cukup mengolah minyak jelantah sendiri, kami juga menampung minyak jelantah dari rumah-rumah di sekitar komplek. Ada beberapa rumah yang menyumbang minyak jelantah. Mereka cukup menampungnya di botol plastik untuk selanjutnya diolah menjadi sabun batangan yang banyak busanya, wangi, dan membersihkan dengan maksimal peralatan dapur.


Sabun yang indah dan lebih ramah lingkungan dibuat dari limbah minyak jelantah (dokumen keluarga)

 




Sebagaimana ditulis di atas, rumah tangga menghasilkan sampah organik lebih banyak sebesar 60 % ketimbang sampah nonorganik. Jadi sebetulnya banyak sampah yang bisa diolah kembali atau didaur ulang. Salah satunya adalah untuk pembuatan Eco Enzyme.

Keluarga kami memisahkan sampah organik yang dapat dijadikan kompos seperti sisa makanan, tulang ikan atau ayam, sisa sayuran, cangkang telur, dan sebagainya. Sampah itu tidak langsung dibuang tetapi ditampung.

Sampah organik bisa kita ubah menjadi eco enzyme yaitu larutan dari hasil proses fermentasi antara sampah organik (sisa sayuran dan kulit buah), gula, dan air. Larutan ini berwarna coklat. Berbau segar asam.

Eco enzyme berawal dari hasil penelitian Dr. Rosukon Poompanvong. Beliau founder Asosiasi Pertanian Organik (Organic Agriculture Association) dari Thailand.
Beliau berkeyakinan bahwa sisa-sisa bahan organik bisa dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Bahkan beliau telah melakukan penelitian tentang enzim lebih dari 30 tahun.






CARA MEMBUAT ECO ENZYME
Bahan ada di sekitar kita. Sisa sayuran atau kulit buah, gula, dan air dengan perbandingan 3:1:10.

BAHAN:
150 gram kulit buah/sayuran
50 gram gula
500 ml air

ALAT:
wadah berupa botol plastik atau derigen bekas ukuran 1 liter  yang memiliki tutup rapat
Corong

CARA MEMBUAT:
Siapkan alat dan bahan
Potong-potong dan masukkan sisa kulit buah atau sisa sayur ke dalam botol/dirigen (jangan isi wadah penuh, sisakan tempat untuk proses fermentasi)
tutup rapat dan aduk atau bolak balikkan botol sampai larutan air dan gula bercampur
bulan pertama, setiap hari buka botol untuk mengeluarkan gas. Aduk atau bolak balikkan botol
Simpan di tempat  kering dan hindari sinar matahari langsung
tunggu selama 3 bulan untuk siap dipanen

MANFAAT ECO ENZYME

ECO enzyme memiliki banyak manfaat, yaitu sebagai cairan pembersih, pupuk, mengusir hama, dan  menjaga kondisi alam.
1. Sebagai Cairan Pembersih
Larutan eco enzyme yang dilarutkan lagi dengan air bermanfaat sebagai larutan pembersih. Larutan pembersih serbaguna ini bisa dimanfaatkan untuk membersihkan perabotan, pakaian, lantai, buah dan sayuran.



2. Pupuk
Larutan dengan takaran 30ml dan 2l air dapat digunakan sebagai pupuk. Larutan ini bisa disemprotkan ke tanah untuk menyuburkan tanaman. Atau bisa disemprotkan ke daun tanaman untuk meningkatkan kualitas buah dan sayuran yang dihasilkan.

3. Pengusir Hama
Jika pada tanaman ditemukan semacam serangga perusak, semut, atau yang sering kita temui hama berwarna putih. Larutkan 15ml ecoenzym dengan 500ml air dan semprotkan pada tanaman yang berhama. In shaa Allah hama akan kabur.

4. Menjaga kondisi alam
Pada saat proses pembuatan eco enzyme manfaat sudah bisa dihasilkan. Pada saat proses pembuatan eco enzyme  larutan ini sudah melepaskan gas ozon (03). O3 diyakini dapat mengurangi karbondioksida (CO2) di atmosfer sehingga mengurangi pemanasan global. Selain itu dapat juga memperbaiki kesuburan tanah. Membersihkan air yang tercemar.



Menanam Kangkung dan Daun Bawang dengan Hasil Ecoenzyme (Dokumen Pribadi)

Inilah hasil dari pembuatan ecoenzyme yang kami lakukan. Bibit kangkung dan daun bawang berasal dari batang sisa potongan daun yang dimasak. Wadahnya dari limbah botol minuman dan sterofom bekas makanan. Media tanamnya dari larutan air yang dinutrisi ecoenzyme dengan memanfaatkan limbah organik dapur.





Kita sebetulnya paham bahwa sampah plastik merupakan sampah yang sangat sulit terurai. Namun pada keseharian, kita tidak bisa menghindarinya. Tidak bisa dimungkiri hal ini.

Jika tidak bisa menghilangkan penggunaannya sama sekali, maka yang bisa kita lakukan adalah menguranginya.

Kesadaran mengurangi penggunaan plastik ini muncul dari ikut bergabungnya isteri pada sebuah komunitas ibu rumah tangga. Pada saat family gahtering, ketentuan untuk pesertanya adalah tidak boleh membawa yang bisa menghasilkan sampah plastik, dan diminta membawa tumbler.

  1. Selain itu, kami melakukan beberapa hal berikut untuk mengurangi sampah plastik.
  2. Isteri membawa plastik besar dari rumah saat belanja ke pasar. Jadi saat ada sayuran atau belanjaan dimasukkan ke plastik yang dibawa dari rumah.
  3. Mengurangi plastik saat jajan. Saat anak pulang dari sekolah, jika jajannya sedikit, saya memintanya memasukkan ke tas sekolahnya.
  4. Menolak plastik dobelan saat beli gorengan.

Hal yang tidak kalah penting  dalam upaya ini adalah pelibatan seluruh anggota keluarga termasuk anak-anak. Bahkan sangat penting. Pelibatan anak dalam berbagai pengalaman menjaga lingkungan secara tidak langsung menjadi bagian edukasi bagi anak. Sebuah kewajiban yang harus kita lakukan untuk bumi tempat kita tinggali. 

Mengurangi sampah dengan berbagai cara merupakan sebentuk kepedulian menjaga keanekaragaman hayati juga. Sebab sampah juga bisa memusnahkan berbagai kekayaan alam kita baik dalam skala kecil maupun besar. Rusaknya ekosistem misalnya, selain merusak habitat makhluk hidup juga membuat berbagai kerugian untuk manusia itu sendiri. 

Kampanye menjaga lingkungan dilakukan pula oleh MSIG dengan  menggalakkan ajakan untuk mencintai bumi dan menjaga lingkungan. Berbagai kegiatan sebagai implementasi menjaga biodiversity dilakukan lewat komitmen MSIG Cinta Bumi.
   

Biodoversity Fun Class misalnya, menjadi bukti MSIG Indonesia peduli untuk masa depan bumi. Lewat kegiatan ini, MSIG Indonesia memberikan edukasi anak-anak sekolah dasar mengenai pentingnya menjaga keanekaragaman hayati bagi kehidupan. Tercatat MSIH Indonesia menyelanggarakan Biodiversity Fun Class di SDN Karang Tengah 07 Babakan Madang, Kabupaten Bogor.
 




Apa yang terjadi di masa depan tidak ada yang tahu dengan pasti. Kita hanya mampu memprediksi. Meskipun masa depan belum pasti, kita wajib untuk menyiapkannya.
Upaya menyiapkan untuk masa depan yang lebih baik juga diperbuat secara nyata oleh perusahaan asuransi terbaik MSIG. 

MSIG merupakan Asuransi Umum (Asuransi yang memberikan ganti rugi kepada tertanggung atas kerusakan atau kerugian harta benda). PT. Asuransi MSIG Indonesia merupakan bagian dari MS&AD Insurance Group adalah perusahaan asuransi umum patungan terbesar di Indonesia, telah beroperasi selama 40 tahun dan terus-menerus berkembang setiap tahunnya.
 
Dengan pengalamannya, MSIG menawarkan berbagai solusi asuransi personal dan komersial. MSIG membangun dan membina hubungan jangka panjang, membangun kemitraan yang erat di segala situasi. Segala hal yang diasuransikan dan mendapati segala sesuatu mempunyai hati.

Dengan karyawan lebih dari 4,300 tentu menjadi jaminan memberikan keyakinan pada pelanggan tentang pelayanan terbaik. Produk dan layanan apa saja yang bisa kita dapatkan dari MSIG?


Asuransi Personal
1.         Home Shield
Memberikan perlindungan menyeluruh atas rumah tinggal beserta anggota keluarga anda.

2.        ASURANSI KENDARAAN BERMOTOR
Memberikan jaminan penggantian terhadap kerugian atau kerusakan atas kendaraan bermotor anda.
Selain itu, terdapat Toyota Insurance. Toyota Insurance managed by MSIG dibuat khusus untuk mobil Toyota oleh Toyota Astra Motor dan disediakan oleh Asuransi MSIG Indonesia. Produk ini memberikan jaminan penggantian terhadap kerugian atau kerusakan atas kendaraan bermotor dengan fitur spesial.

3. MSIG Ladies Car Protection
Memberikan jaminan penggantian terhadap kerugian atau kerusakan atas kendaraan bermotor (mobil) dengan tambahan manfaat yang disesuaikan bagi perempuan.

4. Asuransi Kecelakaan Diri
Menjamin cidera badan yang disebabkan kecelakaan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak disengaja.

5. Asuransi Perjalanan Internasional
Memberi perlindungan menyeluruh atas perjalanan wisata dan bisnis Anda di luar negeri.

6. Asuransi Perjalanan Domestik
Memberi perlindungan menyeluruh atas perjalanan wisata dan bisnis Anda di dalam negeri

Asuransi Komersial

1.         Asuransi Pengangkutan Barang
Memberikan jaminan atas kehilangan dan/atau kerusakan kargo.

2.         Asuransi Harta Benda
a.         Asuransi Kebakaran
Menjamin kerugian atau kerusakan harta Tertanggung, seperti gedung, perlengkapan, persediaan, peralatan dan mesin-mesin.
b.         Asuransi Kebongkaran
Menjamin harta benda atau yang dikuasakan kepada Tertanggung atas dasar penunjukan atau imbalan dan untuk itu menjadi tanggung jawab Tertanggung.
c.         Asuransi barang bergerak
d.         Asuransi Uang
Menjamin Pengiriman uang dan Penyimpanan uang dalam Brankas/Lemari Besi.


3.         Asuransi Kendaraan Bermotor
Memberikan jaminan penggantian terhadap kerugian atau kerusakan atas kendaraan bermotor anda.

4.         Asuransi Tanggung Gugat
Memberikan jaminan atas Tanggung Jawab menurut Hukum terhadap pihak ketiga atas Cedera Badan dan Kerusakan Harta Benda pihak ketiga, yang diakibatkan oleh kesalahan atau kelalaian dari Tertanggung.

5.         Asuransi Lini Keuangan

a.         Asuransi Direktur dan Pejabat
Polis asuransi ini memberikan perlindungan kepada Tanggung jawab hukum para Direktur dan Pejabat atas kerugian Perusahaan terhadap tuduhan tindakan yang tidak sepatutnya.
Dengan pengecualian
1.  Perilaku / Tindak Pidana Korupsi / Ketidakjujuran
2.  Klaim Keadaan Sebelumnya
3. Cidera Badan & Kerusakan Harta Benda
4. Klaim Asuransi Amerika Serikat kecuali yang dijamin
5.  ERISA (Hukum Pensiun Amerika Serikat)
6.  Layanan Profesional
7. Transaksi
8. Sanksi Ekonomi

b. Asuransi Siber
Polis asuransi ini memberikan perlindungan terhadap kewajiban yang timbul dari perlindungan data dan informasi, termasuk investigasi, pemerasan, dan unsur kejahatan cyber.

6.         Asuransi Teknik
a.         Asuransi Konstruksi (C.A.R.)
Melindungi pekerjaan konstruksi dari dasar hingga selesai dibangun.
b.         Asuransi Pemasangan Mesin (E.A.R.)
Menjamin Mesin dari masa instalasi.
c.         Asuransi Kerusakan Mesin
Melindungi mesin dari kerugian atau kerusakan akibat operasional

 
Penutup

Bagi sebagian orang, menggunakan asuransi merupakan hal yang kurang penting. Padahal anggapan ini sangat tidak beralasan. 

Ada tiga hal yang menjadi rahasia bagi setiap manusia yaitu rezeki, jodoh, dan maut. 

Tidak ada yang bisa tahu kapan dia mengalami maut atau kejadian-kejadian selama dia hidup. 

Oleh karena itu, menggunakan asuransi ibaratnya sedia payung sebelum hujan. Bersiap atas segala kemungkinan. Sama artinya menyiapkan masa depan. 

Dengan berasuransi kita dapat memetik manfaat lainnya seperti hati lebih lapang dan pikiran lebih tenang. PT. Asuransi MSIG Indonesia menjadi pilihan menyiapkan masa depan yang lebih baik.




 * * *

Artikel ini diikutkan dalam Kompetisi Penulisan Blog Kampanye Keanekaragaman Hayati MSIG Indonesia. 







17 comments for "Mengurangi Sampah Dari Rumah"

  1. Pengolahan sampah didaur ulang menjadi sesuatu yg berguna... seperti sabun mijah... hmmm menarik... btw mengenai industri asuransi pasca kejadian jiwasraya kembali pesimis dengan dunia perasuransian...

    ReplyDelete
  2. Saya baru ngeh dengan cara menanam kangkungnya. Ternyata terendam dalam air gitu ya. Punya saya di rumah pakai tanah dalam pot. Tumbuh sih tapi sepertinya lebih bagusnya yang terendam di air seperti pada umumnya supaya lebih subur. Untuk daun bawang, pernah nanam tapi gak bisa tahan lama

    ReplyDelete
  3. Ngga sabar bikin sabun dari minyak jelantah juga. Suka sedih kalo liat emak buang minyak jelantah di tempat cucian. Cuma disiram aja pake air sabun. Terimakasih info dan tutorialnya! Sangan menginspirasi.

    ReplyDelete
  4. Tertarik saya untuk membuat ecoenzim. Lumat
    Yan bisa untuk pupuk dan pengusir hama. Tfa..

    ReplyDelete
  5. Saya sudah mulai peduli dengan lingkungan, tapi sejauh ini yang saya lakukan cuma berusaha untuk memilah sampah yang dibuang. Ternyata, tidak semua sampah harus dibuang, ada yang bahkan bisa dimanfaatkan lagi. Aku jadi pengen belajar bikin sabun dari minyak jelantah, lumayan menghemat sabun, hehe

    ReplyDelete
  6. Pemanfaatan sampah yang sangat ramah lingkungan. Seperti dimanfaatkan untuk pembuatan ecoenzime dan lainnya

    ReplyDelete
  7. Semakin menumpuk sampah masa kini jika dikelola dengan tepat masih bisa membantu mengurangi ya. Menarik nih informasinya untuk mulai dari sampah di rumah yang harus dikurangi. Boleh juga deh diikuti caranya nih. Btw, bagus banget support dari MSIG ini yah.

    ReplyDelete
  8. Hebat ulasannya Mas, tentang pengolahan sampah di rumah jadi bahan yang bermanfaat untuk dipakai sehari-hari, ternyata sampah organik bisa jadi banyak manfaatnya kalau tau cara pengolahannya. Terima Kasih Infonya Mas.

    ReplyDelete
  9. Jadi pengen bikin sabun jelantah sendiri. Menjaga lingkungan bisa dimai dari 1 langkah kecil seperti recycle ya.

    ReplyDelete
  10. Waaaah, mas, itu semua dirimu pernah bikin? Keren banget euy. Waktu masih di IPB, saya pernah ke lab lihat proses pembuatan sabun-sabun berbahan alami, misalnya dari minyak jelantah ini. Keren euy, kayak sabun-sabun yg di hotel gitu.

    ReplyDelete
  11. sampah memang sesuatu yang sangat mengkhawatirkan. setiap hari jumlah sampah rumah tangga makin bertambah. namun bagi mereka yang kreatif, ternyata sampah bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna, bahkan mempunyai nilai ekonomi yang lumayan

    ReplyDelete
  12. Sangat tertarik dengan pengolahan sampah menjadi Ecoenzym. Udah pernah ngikutin cara-caranya cuma masih belum komitmen. Seharusnya pelatihan mengokah sampah seperti ini bisa lebih dikembangkan.

    ReplyDelete
  13. keren! suami istri yg telaten dan kreatif. saya udah coba berkebun lewat botol sisa ternyata masih kalah dg rasa malas. kudu lebih rajin dan sadar untuk jaga lingkungan nih

    ReplyDelete
  14. Sabun minyak jelantah? Wah baru dengar ini...tapi soal botol bekas dijadikan pot, sama dong di rumah juga

    ReplyDelete
  15. Waaah keren banget dari minyak bekas menggoreng bisa jadi sabun dengan bentuk-bentuk yang menggemaskan. Salut sama langkah konkrit yang sudah mas lakukan untuk mengelola sampah. BTW Saya juga setuju dengan pentingnya asuransi sebagai upaya jaga-jaga jika terjadi sesuatu.

    ReplyDelete
  16. memanfaatkan limbah rumah tangga untuk "kebaikan"alam lagi & memulai sejak dini kepada anak-anak dirumah supaya mereka terbiasa,

    ReplyDelete