Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Enduro, Oli Jagoan Merawat dan Menjaga Mesin Motor



Secara umum ada dua jenis mesin motor yang beredar di pasaran yaitu mesin motor dua tak dan empat tak. Pada mesin dua tak, sekali pembakaran terjadi dalam satu putaran penuh pada poros engkol (crankshaft), sedangkan pada mesin empat tak, sekali proses pembakaran terjadi dalam dua putaran penuh pada poros engkol. 


Gampangnya, untuk membedakannya,  motor 2-tak itu pakai oli samping dan berasap atau ngebul dari knalpotnya sebagai efek dari oli sampingnya. Sementara, motor 4-tak tidak pakai oli samping, tidak berasap atau ngebul. Jadi, kalau kita punya motor 4-tak, harusnya tidak ngebul, lho. Normalnya begitu. Kenapa saya bilang normalnya? Sebab pada kondisi tertentu, ada lho motor 4-tak yang ngebul.

Ya, benar. Kasus motor 4-tak tapi ngebul bukan sedikit. Mungkin Anda juga sering melihatnya. Atau, jangan-jangan motor Anda mengalaminya? Hehe.. kalau iya segera bawa ke bengkel sebelum kerusakan mesinnya merambat dan merambah lebih luas.

Saya pernah mengalaminya, berada di belakang motor 4-tak yang ngebul itu sangat tidak mengenakkan.

Namanya asap yang bukan hasil dari pembakaran yang sempurna, tentu hasilnya tidak sempurna pula. Asapnya berbau sangit, bikin sesak napas, mata pedih, mirip cerobong asap pula.

Kalau sudah begitu, tak kuat lama-lama dibelakangnya. Pengen segera nyalip. Hehe..

Mesin motor rusak atau ngebul bisa disebabkan oleh pemilihan pelumas atau oli mesin. Kita tidak boleh sembarang memilih oli, lho. Sebab ada oli aspal (asli tapi palsu). Asli maksudnya benar itu oli tapi palsu sebab dengan walaupun merk-nya sama tapi kualitasnya pun berbeda.
 


Dalam memilih pelumas mesin, pilihlah viskositas atau ukuran kekentalan pelumas yang sesuai dengan motor kita. Ukuran kekentalan biasanya ditandai dengan kode SAE dan diikuti deretan angka yang tertera di wadah pelumas. Misalnya SAE 20W-50. Angka di depan (20) menunjukkan kekentalan oli dalam kondisi dingin. Angka di belakang (50) menunjukkan tingkat kekentalan oli saat panas atau suhu mesin bekerja.

Enduro, Oli Motor Terbaik Menjadi Bagian Hidup Saya


Nampaknya saya telah setia dengan Enduro sebagai pilihan oli motor terbaik untuk kuda besi saya. Awalnya, atas rekomendasi Bapak pada 2002 silam, pertama kali punya motor harus diisi dengan Enduro. Sejak saat Enduro menjadi pilihan motor keluarga kami. Bapak agak senewen jika kemudian saya pindah ke lain hati eh ke oli motor lainnya. Bukan apa-apa. Enduro membuat tarikan motor lebih mantap, suara mesin halus, dan anti slip kopling.

Dengan pengeluaran yang tidak besar kita bisa mendapatkan perawatan mesin yang prima. Untuk saat ini saya memilih Pertamina Enduro 4T sebagai oli motor bebek saya. Harga oli motor Pertamina Enduro 4T sekitar Rp. 40.000 pada bengkel-bengkel resmi.

Mesin pun menjadi awet. Kendaraan terawat. Dengan servis rutin ke bengkel yang terpercaya, sangat jarang ada keluhan pada motor. Paling-paling hanya servis ringan saja.

Enduro, Oli Idola Kendaraan Keluarga Kami


Begitu pun saat ini. Enduro menjadi andalan keluarga kecil saya. Setelah berumah tangga tujuh tahun lalu, motor yang saya rawat tidak hanya satu. Garasi rumah kami diisi motor saya dan motor isteri. Dalam perawatannya, isteri menyerahkan hidup mati matiknya ke saya.

Maka, saya pun memilihkan Enduro Matic SAE 10W-30 untuk matik isteri. Pelumas ini terjamin mutunya melalui JASO MB yang merupakan standar Jepang untuk motor empat langkah matik. Penggunaan oli terbaik Enduro Matic  ini membuat penggunaan motor menjadi mudah. Motor mudah untuk start dalam kondisi mesin dingin. Perawatan mesin optimal, kinerja motor pun memuaskan.

Tentunya kita memilih pelumas mesin terbaik untuk kendaraan kita. Ya kan? Nah, berbicara tentang pelumas mesin terbaik, saya memilih Pertamina Enduro 4T sebagai pelumas mesin motor saya. Pelumas keluaran Pertaminia ini merupakan oli terbaik sebab memiliki kualitas unggul dengan tingkat kekentalan yang baik dan memiliki berbagai keunggulan.


Bagi para pecinta otomotif, oli ini sudah tidak asing lagi. Menjadi pilihan karena kualitasnya yang tidak mengecewakan. Unggul dalam mengurangi gesekan antar komponen mesin sehingga mesin motor pun sehat dan motor kita menjadi awet.

Enduro sebagai oli motor idola kami memang tidak mengecewakan. Kualitasnya terjamin oleh JASO MA/API SJ. Apa itu JASO MA? JASO merupakan kependekan dari Japanese Automobile Standard Ogranization (JASO). Ada dua jenis kode di belakang JASO, yaitu MA dan MB. JASO MA untuk motor yang koplingnya basah (terendam oli) seperti motor bebek. Sedangkan JASO MB untuk buat motor yang koplingnya tidak terendam oli (kering) seperti motor matik.


Bahaya Oli Aspal (Asli tapi Palsu)


Oli sebagai pelumas mesin kendaraan memiliki peranan yang penting. Penggunaan oli yang salah dapat menghambat kinerja mesin motor. Bahkan bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen mesin.

Oli aspal (asli tapi palsu) bukan hanya sebuah cerita. Banyak lho orang yang tertipu beli oli aspal ini. Sekilas, tampilan oli aspal ini meyakinkan, tidak ada bedanya dengan oli asli. Namun jika diteliti, teksturnya sangat berbeda. Biasanya oli aspal memiliki tekstur kasar.

Oli aspal memang tidak berefek langsung. Motor masih bisa digunakan. Meskin tetap bisa bekerja. Namun efeknya akan terasa dalam jangka waktu panjang. Tarikan motor berat, suara mesin kasar, atau knalpot berasal. Dalam taraf yang parah, komponen mesin akan rusak, sehingga harus ganti onderdil mesin.

Nah, biaya ganti onderdil ini tentunya sangat mahal. Tidak sebanding harga oli aspal dengan harga onderdilnya. Tentu kita tidak mau keluar uang lebih besar, kan? Oleh karena itu kita harus berhati-hati memilih oli. 

Pilih Oli Motor Terbaik Untuk Motor Kita


Tidak semua orang peduli merawat motornya. Namun semua orang pasti menginginkan motornya awet dan terawat. Berharap motornya tidak gampang rusak. Jika dijual lagi memiliki harga jual yang tinggi. Tinggi atau rendahnya harga jual kembali tergantung kondisi motornya. Motor yang tidak terawat atau rusak menyebabkan anjloknya harga jual kembali (buy back).

Dalam merawat motor, kita harus rajin melakukan servis rutin. Minimalnya ganti oli. Berapa lama sebaiknya kita ganti oli? Bagusnya kita melakukan ganti oli setelah jarak 2.000 – 3.000 km atau setelah 2 bulan. Mana yang lebih dulu tercapai.

Setelah itu, saran saya servislah pada bengkel resmi. Merupakan sebuah kewajiban bagi bengkel resmi menawarkan dan menyediakan kebutuhan motor yang asli dan terstandardisasi. Kecil kemungkinan atau mustahil mereka menyediakan barang-barang aspal. Hal ini menjadi jaminan bagi berdirinya bengkel resmi tersebut.

Kita juga bisa mendapatkan second opinion dari orang lain. Bisa dari rekan kerja, teman main, atau pemilik bengkel juga. Hal ini menambah pengetahuan kita sebagai referensi memutuskan pilihan. Tentu setelah dipertimbangkan masak-masak dengan pengetahuan kita.

Memilih oli motor terbaik sangat penting untuk memperpanjang usia komponen mesin. Dalam urusan ini, Pertamina yang bervisi Menjadi Perusahaan Pelumas Kelas Dunia ini memiliki produk yang sangat tepat untuk kita.

Pertamina Lubricants juga punya varian produk yang bisa menjadi pilihan terbaik untuk motor kita. 


Motor Adalah Nyawa Kedua Bagi Saya. Enduro Oli Motor Terbaik Adalah Nyawa Bagi Motor Saya


Bagi banyak orang, motor memiliki banyak makna. Bagi saya, motor merupakan nyawa kedua bagi saya. Tentu ini sebuah perumpamaan. Hehe.. Motor merupakan alat mobilitas bagi saya. Dengannya saya melakukan aktivitas utama saya yaitu mengajar ke sekolah. Yah, saya seorang guru.

Selain ke sekolah, berbagai aktivitas saya pun menggunakan motor. Aktivitas organisasi, bisnis sampingan, atau bersilaturahmi pun saya menggunakan motor. Jika motor ngadat atau rusak tentu saja saya tidak bisa ke mana-mana dengan lancar. Inilah yang saya maksud dengan motor sebagai nyawa kedua.

Adapula orang yang mengatakan motor sebagai isteri keduanya. Ada-ada saja ya. Sebab baginya, motor telah menemani ke mana pun aktivitasnya. Ke mana-mana dengan motor itu. Sehari-hari di perjalanan bersama motor.

Motor menjadi bagian tidak terpisahkan bagi banyak orang. Sebut saja tukang ojek. Tanpa motor yang sehat, aktivitas mencari nafkahnya pasti tertanggu. Padahal ada keluarga yang harus dinafkahinya.

Begitu penting keberadaan motor. Oleh karena itu seyogyanya kita sangat perhatian dengan perawatan motor. Agar aktivitas kita tetap berjalan lancar tanpa suatu hambatan apapun. Setuju? 


Sementara, bagi motor saya, Enduro merupakan nyawanya. Hehe.. sebab tanpa oli, mesin tidak bisa berjalan dengan maksimal. Oli yang kurang berkualitas saja bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin. Begitupun oli aspal yang bisa bikin kerusakan fatal. Maka, memilih Enduro sebagai oli jagoan dalam merawat dan menjaga mesin motor merupakan satu keharusan.

Empat Manfaat Oli atau Pelumas


 Oli atau pelumas sangat penting bagi mesin. Pertama, untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin. Di dalam mesin, berbagai komponen saling bergesekan. Gesekan itu nantinya akan mengikis satu sama lain. Nah, oli ini fungsinya mengurangi gesekan tadi. Jadi, meskipun terus bekerja, gesekan antar komponennya tidak terlalu besar sehingga meminimalisasi aus komponen mesin. 

Kalau tidak ada oli, gesekan antar komponennya besar. Kerugian lainnya, jika gesekannya besar, dibutuhkan tenaga yang lebih besar pula. Hal ini membuat motor kita harus mengeluarkan tenaga yang besar pula untuk bisa beroperasi.

Kedua, sebagai pendingin. Saat beroperasi, mesin bergerak, menimbulkan panas. Oli berfungsi sebagai pendingin mesin agar tidak terlalu panas sehingga motor dapat terus berjalan. Oli motor aspal bisa bikin mesin cepat panas yang berujung pada mogok mesin atau ngejem

Ketiga, oli mencegah korosi atau karat. Komponen mesin terbuat ada yang terbuat dari metal yang terancam oleh korosi atau karat. Nah, oli ini berfungsi mencegah terjadinya perkaratan. Bahaya lho kalau mesin berkarat. Selain berpotensi geraknya yang berat juga berakibat fatal seperti mesin tidak bisa bekerja. 

Keempat, ruangan dalam mesih sifatnya kedap udara sehingga kebocoroan antar ruangan piston dan di bawah piston bisa dicegah. Memang, sudah ada ring piston yang dapat mengurangi kebocoran. Namun, oli menahbah untuk penguatannya. Ibaratnya, keamanan berlapis. 

Nah, sedemikian urgen oli atau pelumas ini. Maka, kita harus memandang penting penyediaan dan pemilihan oli. Sudah tahu kan oli terbaik untuk peran itu? Ya. Oli Enduro pilihan tepat.

90 comments for "Enduro, Oli Jagoan Merawat dan Menjaga Mesin Motor"

  1. Hahaha benar sekali. Tak banyak yang peduli dengan perawatan motor. Tapi semua orang pengen motornya awet. Hehehe. Perawatan motor saya serahkan saja ke bengkel. Saya tidak pernah tahu mereka pakai oli apa. Untungnya tukang servicenya adalah orang yang dapat dipercaya. Tapi setelah ini saya bisa request oli enduro ke tukang servicenya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya begitulah mbak. Hehe... Milik Pertamina pula Enduronya

      Delete
  2. Emang nggak diragukan lagi oli motor Enduro sebagai oli motor terbaik yang bagus banget digunakan di kendaraan, bikin kendaraan makin awet. Terima kasih udah berbagi pak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama Mas. terbukti dah kualitas Enduro. menjaga mesin kendaraan kita. hehe

      Delete
  3. Jadi inget jaman pacaran dulu motor si mantan pake oli samping . Jadi kalo abis dibonceng baju langsung bau asyep wkwkwkwk... Mana tahan tapi harus bisa nahan demi bisa jalan sama kesayangan.

    Kalo sekarang urusan motor tak serahin ke bengkel aja. Semoga dia juga pake Enduro jadi motor saya tetep awet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dengan pilih bengkel terpercaya, kita serahin masalah motor ke dia. Hehe

      Delete
  4. Wah dari artikel ini saya baru tercerahkan, kenapa saat saya naik ojek, ada yang bau asapnya nyangkut di baju, ada yang nggak. Ternyata dari jenis motor dan oli nya beda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe...betul mbak. Jenis oli berpengaruh pada mesin motor

      Delete
  5. Motor ibarat "istri kedua, nyawa kedua, sahabat seita", haha bisa-bisa aja Mas :D Kalau soal oli motor selain bagus memang harus rutin ganti jangan sampai telat ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Minimal oli mesin rutin ganti.

      Delete
  6. Memang memperhatikan oli motor sangat penting. Salah menggunakan oli bisa aja berujung pada masalah yang lebih besar. Yakni rusaknya mesin motor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadinya malah lebih besar pengeluarannya ya mas

      Delete
    2. Wah ternyata bisa bikin rusak motor juga ya kalau salah beli oli.

      Delete
  7. Saya juga sebel kalau jalan di belakang motor yang knalpotnya ngebul. Pengen segera mendahului sambil dalam hati ngomel sendiri "punya motor kok sampai kayak gitu, nggak pernah dirawat"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi klo ngebulnya karena rusak. Baunya sangit. Hehe

      Delete
    2. Hahaha betul. Sudah gitu sering meletup-letup pula, bikin kaget

      Delete
  8. Aku baru perhatiin ternyata ada berbagai macam tingkat mutu ya oli mesin. Kupikir ya oli aja. Ternyata beda untuk motor matic, motor racing, dan 4 tak. Haha...
    Dasarnya oli yang aku pakai yaaa cuma oli mesin jahit...wkwkwk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ibu2 biasanya tau beres saja. Hehe.. masing-masing jenis motor beda juga olinya mbak.

      Delete
    2. Walah, baru baca ulang, ada oli aspal. Waduh, jahat banget, nyari keuntungan segitunya. Trus kalo motor mesin rusak, kita pula yang nanggung perbaikannya. Turun mesin yah...

      Delete
  9. Enduro emang termasuk oli motor yang bagus. Selain itu jg ramah lingkungan.

    Saya sendiri pun menggunakan oli Enduro untuk motor kesayangan says

    ReplyDelete
  10. wah benar juga ya..Enduro itu nyawa motor kita. Dan saya yang awam tentang per-oli-an jadi paham dengan penjelasan fungsi oli dan bedanya di artikel ini. Maklum saya menyerahkan perawatan motor juga ke suami hihihi, tapi pakai Enduro juga kok:)

    ReplyDelete
  11. Ya Allah, pinternya aku. Selama ini kukira kalau knalpotnya ngebul itu karena jenis motornya padahal ya karena ada masalah. Hihihi maklum nggak bisa naik motor jadi nggak tahu hal hal begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe. . ya begitulah mbak. Ada yang memang dasarnya begitu. Ada yang ngebul karena rusak

      Delete
  12. Oli andalan ini mah
    Bulan lalu pas mau touring, aku servis motor dan ganti oli, pakainya Enduro dong yang sudah teruji kualitasnya bikin mesin awet

    ReplyDelete
  13. Begitu baca perbedaan 2 dan 4 tax oh oke aku jadi paham perbedaan 2 motor tersebut, eh begitu ada poros engkol aku bingung itu yang seperti apa bentuknya, gak ada gambarnya soalnya. Jadi seharusnya yang 4 tax ini enggak berasap knalpotnya kalau pembakarannya sempurna ya. Kalau enggak sempurna bisa kayak cerobong asap dan sering nemu kayaknya yg begitu. eh eh ternyata oli Enduro harganya enggak setinggi yang kukira :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga Enduro ini pas lah dengan kantong awak. Hehe

      Delete
  14. Aku trauma kalau lihat motor 4 tak ngebul putih dari knalpotnya. Kemungkinan besar karena ada oli mesin yang bocor ke dalam pembakaran. Bisa2 jebol duit banyak kalau sampai mesin jalan saat oli mesin habis :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Ada motor yang tau2 Hampir habis olinya. Sampai turun mesin jadinya. Biaya pun jadi selangit

      Delete
  15. Oli motor Endure terbaik ya ..motor sy jg pake oli ini awet mesinnya enak tarikannya apalagi buatan dlm negeri ya keren deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, iya, buatan anak bangsa. semoga terus awet kendaraannya

      Delete
  16. Mantab sekali penjelasannya, saya yang sangat awam dengan dunia permotoran apalagi perolian sekarang jadi melek dan tau pentingnya milih oli yang bagus dan berkualitas untuk kuda besi kesayangan. Terimakasih tulisannya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mbak. semoga terawat kuda besinya

      Delete
  17. Sebenarnya kendaraan yang sudah berasap gitu tak layak jalan ya Bang. Nah kalau sudah tidak berasap barulah boleh kembali jalan karena nggak merugikan orang lain untuk mengirup polusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  18. mantap banget enduro ini ya bang, jago buat merawat motor. Sepertinya kami juga harus beralih ke Oli ini deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
  19. oli enduro memang bagus, aku juga pake oli ini. dan motor ku jadi makin awet dan suaranya alus tidak kasar lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, Enduro merupakan pilihan tepat. Mesin jadi terawat dan awet

      Delete
  20. Hahaha. Emang nyebelin banget tuh mas, motor yg asapnya ngebul di belakang. Ketauan banget jarang diservis. Kasihan motornya. Yg punya tahunya cuma make doang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal motor kan perlu dirawt juga ya mbak. hehe

      Delete
    2. Iya beneran. Udah asapnya kena ke wajah kita, eeh baunya juga gak banget

      Delete
  21. Wah enduro menjadi solusi terbaik ya untuk motor biar awett. Keren harus ganti ni ke enduro. Thank you kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oli produk Pertamina emang top buat mejaga mesin. ayo pakai Enduro

      Delete
  22. Sebagai perempuan aku merasa tercerahkan sekali mengenai oli motor, motor 2 tak, 4 tak, dan lainnya. Rekomen ya kak Enduro ini? Betul tetep penting service berkala ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. memang sih, urusan mesin mah laki2 lebih piawai. rekomended banget mbak. saya udah lama pakai Enduro. ya, rajin2 servis

      Delete
  23. kalau mau kendaraan sehat yaa pakai oli terbaik. saya dulu pernah pasrah apa kata mas bengkel, eh motor jd ngadat gak enak. olinya dikasih yg lainnya sih, kan bagusan punya pertamina

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain pasarah, kita minimal punya pengetahuan dasarlah untuk masalah oli mesin. supaya ada pembanding gitu, ya, produk pertamina emang bagus

      Delete
  24. Baru tahu ada oli aspal? Serem juga ya, apalagi oli kan mempengaruhi kehidupan mesin motor kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada mbak. secara kemasan mah nggak terlalu kelihatan. yah, selalu ada aja orang yang tidak bertanggungjawab ingin mencari keuntungan besar dean cepat dengan cara tidak jujur

      Delete
  25. wah bisa saya rekomendasikan ke suami saya nih untuk olinya, kebetulan minggu depan jadwal ganti oli hehe

    ReplyDelete
  26. hadirnya Oli Pertamina Enduro ini langsung ngeshare ini ke suami karena kebetulan bulan ini jadwalnya untuk ganti oli nih, tentu baca ulasannya udah oli yg terbaik ya ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Insyaallah oli terpercaya untuk merawat mesin, mbak

      Delete
  27. Enduro.. terbukti memang selain bikin tarikan mesin jadi enteng dan membuat mesin tahan lama...saya dulunya sering pakai oli ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas. Mesin jadi awet dan tarikannya enteng

      Delete
  28. Buat orang yang kerjanya di lapangan, motor itu memang ibarat istri kedua. Tentu dengan tanda kutip. Sebab setelah istri, dengan motorlah sebagian besar waktu dihabiskan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bang. Hehe ... Banyak jasanya si motor ini

      Delete
  29. Thanks mas... Jadi ingat kalau aku belum ganti oli mesin untuk 1 motor bebek dan 1 motor matic aku Mas :)

    ReplyDelete
  30. mau tanya kak, akukan punya motor yamha apa cocok dan bagus menggunakan oli ini. aku takut asal pake oli?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cocok dan bagus. Pertamina Enduro 4T ini bisa untuk motor mesin Yamaha, Honda, Suzuki juga kok. Insyaallah di mesin awet

      Delete
  31. bisa buat refensi ponakan cowokku mas secara dia hilir mudik kerja pakai sepeda motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sangat rekomended. Insyaallah mesin awet

      Delete
  32. Emamg urusan oli ga bisa main main ya mas.

    Aku ga tau otomotif sih. Tapi kata bapak dlu klo pakai oli jgn ganti2 merek. Ga Bagus buat motor atau mobilnya.
    .dan aku pun pilih enduro donggggggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Sebab masing-masing jenis olinya punya karakter dan mutunya. Enduro pilihan tepat untuk mesin.

      Delete
  33. Favorit sih ya model matic ya praktis dan area luas di bagian depan, pas untuk taruh barang belanjaan sampai bonceng anak hehehe.. btw bab perolian ini aku ga mudeng blas haha, serahkan suami sepenuhnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadinya saya kurang suka pakai matik, karena kesannya girly banget. Eh pas butuh pakai yang bisa bawa bermacam brang, jadi ngerasa pas bawa matik aja. Untuk urusan perolian emang dimaklumi kalau kaum hawa kurang paham. Langkah tepat ya serahkan ke kaum Adam. Hehe

      Delete
  34. Saya juga pakai Enduro, alhamdulilah performa motor terasa lebih baik dengan oli Pertamina ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Penggunaan Enduro membuat kerja mesin semakin maksimal

      Delete
  35. Hmm Oli Enduro bs jd pendingin mesin yaa.. Noted deh,, soalnya kasian jg yaa kendaraannya dibawa jalan terus gak taunya udah panass aja. Tfs Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Saat mesin bekerja, geraknya itu bikin panas. Nah, oli ni berfungsi sebagai pendinginnya

      Delete
  36. Yuni nggak ngerti motor sih. Kata sesemas bengkel, motor yuni kudu pakenya oli enduro yang 10W. Yuni mah nurut aja. Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..urusan oli emang dimaklumi jika tidak paham. Langkah bijaknya ya serahkan pada bengkel terpercaya

      Delete
  37. Kalau Bagas oli, bahan bakar dsb untuk kendaraan bermotor ingetnya pasti langsung ke Pertamina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap. Produk Pertamina ini emang berkualitas

      Delete
  38. Wahhh sama nih. Kami juga sudah cocok pake pelumas Enduro untuk motor kami. Produk Pertamina ini memang andal buat semua jenis motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener. Sudah terbukti dan teruji kinerjanya maksimal merawat motor

      Delete
  39. Baru paham sekarang kenapa motor harus ganti oli. Terus kenapa kadang suka ada motor yang asap knalpotnya parah. Ternyata perawatan motor itu harus juga meliputi ganti oli rutin dan sesuai sama jenis motornya ya. Baru sedikit paham meski belum ngerti banget masalah motor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. merawat motor merupakan satu keharusan. salah satunya rutin menyervis ke bengkel terpercaya. Saat datang ke bengkel, pilih Oli Enduro untuk motor kita. Insya Allah terpercaya

      Delete
  40. Bagaimanapun, agar tetap awet emang perlu service dan ganti oli rutin ya mas? Hehe..kalau saya terima jadi soalnya urusan motor pak suami yang berkewajiban..

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. yah minimal rutin ganti oli. dan itu sbetulnya yang paling penting sebab berurusan dengan mesin. kalau rusak, biasanya menyebar ke komponen lainnya. makanya, harus rutin servis

      Delete
  41. Dalam mengganti oli., sebaiknya dilakukan berapa kali dalam setahun? dan apa tandanya jika oli tersebut sudah waktunya diganti? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya, pilihannya antara 2 bulan atau 2000 km, mana yang duluan tercapai. kalau sebelum itu juga nggak papa. biar kondisi oli dalam mesin selalu baru. hehe...

      Delete
  42. Garagara baca ini aku jadi ingat jadwal ganti oliku
    Kelupaan mulu dari minggu lalu
    Pake enduro lebih enak kayaknya ya

    ReplyDelete
  43. Suami saya juga suka beli oli ini untuk motornya. Kualitasnya memang ga perlu diragukan ya mas.

    ReplyDelete