Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Fisika Kelas XI. Soal Asas Black



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa kabar semuanya? Semoga sehat-sehat saja ya. Ini hari kedua kita belajar di rumah. Meskipun tidak ke sekolah, bukan berarti belajarnya setop ya. Kan belajar bisa di mana saja. Kemarin kita menyimak video pembelajaran tentang Asas Black, yang intinya mirip antarjemput: ada yang ngantar ada yang jemput. Hehe... 

Nah, kali ini, untuk memperdalam pengetahuan  kita tentang pembelajaran itu, kita latihan yuk.

Berikut ini Bapak kasih soal-soalnya. Kalian kerjakan dikertas ya. Habis itu dikirimkan ke email Bapak ( supadilah@alqudwah.id ). Caranya, kalian kerjain di kertas. Foto pakai kamera hape atas DSLR. Trus, kirimkan deh foto itu ke email Bapak. Nah, jadi yang dikirim adalah foto kertas hasil pengerjaannya ya. Eits, jangan lupa tuliskan nama dan kelas.

Kapan ngumpulinnya? Sabar..sabar...detik ini juga boleh kok. Paling lambat hari ini pukul 23.59:59 WIB ya...

Udah pada nggak sabar nih kayaknya. Ok, langsung aja cekidot soalnya.
 
#Soal 1
Soal yang pertama adalah yang paling sederhana, coba perhatikan gambar di bawah jika volume air pada gelas B ialah setengah dari volume yang ada di gelas A, maka berapakah suhu campurannya pada gelas?
# Soal 2
Air bermassa 200 gram bersuhu 30°C dicampur air mendidih bermassa 100 gram dan bersuhu 90°C. (Kalor jenis air = 1 kal.gram−1°C−1). Suhu air campuran pada saat keseimbangan termal adalah…

# Soal 3
Botol termos berisi 230 gram kopi pada suhu 80°C. Kemudian ditambahkan susu sebanyak 20 gram bersuhu 5°C. Jika tidak ada kalor pencampuran maupun kalor yang terserap botol termos dan kalor jenis kopi = susu = air = 1 kal/gr C, maka berapa suhu kesetimbangan campuran?

# Soal 4
Sepotong besi panas  bermassa 1 kg dan bersuhu 100°C dimasukkan ke dalam sebuah wadah berisi air bermassa 2 kg dan bersuhu 20°C. Berapa suhu akhir campuran, jika jalor jenis besi = 450 J/kg°C dan kalor jenis air = 4200 J/kg°C.

Post a Comment for "Fisika Kelas XI. Soal Asas Black"

Berlangganan via Email