Halo teman-teman kelas X. Apa kabar nih? Di rumah aja kan? Yup. Mengantisipasi merebaknya Covid-19, sekolah diliburkan. Namun, liburan bukan untuk rebahan aja lho ya. Kita diminta untuk belajar di rumah.

Nah, pertemuan kita pun demikian. Kita belajar daring. Tau apa itu daring. Daring itu kependekan dari dalam jaringan atau online. Hehe...

Nah, kali ini kita akan belajar trigonometri. Hm, sepertinya udah pernah belajar trigonometri kan ya? Kalau denger kata trigonometri, inget apa nih? Inget matematika kali ya. Hehe...

Ok, berikut ini materi trigonometri untuk kelas X. Jangan lupa, setelah materi ada tugas lho. Sabar. Nggak usah buru-buru ngeluh. Tugasnya gampang dan sedikit kok. Kenapa harus tugas? Ya untuk memperdalam pengetahuan kita.

Tidak perlu berlama, hayu kita masuk pada pembahasan.

Apa Itu trigonometri?

Dari wikipedia, Trigonometri (dari bahasa Yunani trigonon = "tiga sudut" dan metron = "mengukur") adalah sebuah cabang matematika yang mempelajari hubungan yang meliputi panjang dan sudut segitiga.

Trigonometri merupakan sebuah cabang matematika yang berhadapan dengan sudut segitiga, contohnya seperti sinus, cosinus, dan tangen

Untuk apa belajar trigonometri?

Belajar trigonometri itu untuk mengukur luas atau keliling tanah. Juga memprediksi atau memperkirakan atau mengukur ketinggian sebuah benda. Teurtama benda yang tidak bisa diukur dengan alat ukur secara langsung.


Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga

Perbandingan trigonometri adalah perbandingan ukuran sisi-sisi suatu segitiga siku-siku apabila ditinjau dari salah satu sudut yang terdapat pada segitiga tersebut.
Sebuah segitiga dengan salah satu sudutnya berupa .
Sisi AB merupakan sisi miring segitiga
Sisi BC merupakan sisi depan sudut
Sisi AC merupakan sisi samping sudut
Di sini kita akan mengenal istilah matematika baru, yaitu sinus (sin), cosinus (cos), tangent (tan), cosecan (csc), secan (sec) dan cotangent (cot), yang mana sinus merupakan kebalikan dari cosecan, cosinus kebalikan dari secan dan tangent kebalikan dari cotangent.

Sinus, Cosinus dan Tangent digunakan untuk menghitung sudut dengan perbandingan trigonometri sisi di segitiga. Dengan gambar segitiga diatas, nilai Sinus, Cosinus dan Tangent diperoleh dengan cara sebagai berikut:
sehingga bisa dihapal dengan sebutan sin-de-mi.
, sehingga bisa dihapal dengan sebutan cos-sa-mi.
, sehingga bisa dihapal dengan sebutan tan-de-sa.




 
 


Contoh soal trigonometri

Diberikan sebuah segitiga siku-siku seperti gambar berikut ini.

Tentukan:
a) panjang AC
b) sin θ
c) cos θ
d) tan θ
e) cosec θ
f) sec θ
d) cotan θ

Pembahasan
a) panjang AC
Dengan phytagoras diperoleh panjang AC



b) sin θ



c) cos θ



d) tan θ



e) cosec θ



f) sec θ



g) cotan θ


(Sumber : www.matematikastudycenter.com)

# Latihan Soal 1

Diketahui panjang sisi AB = 8 cm dan BC = 6 cm. Segitiga tersebut siku-siku di titik B.
Tentukanlah:
a) panjang AC
b) sin θ
c) cos θ
d) tan θ
e) cosec θ
f) sec θ
d) cotan θ

# Latihan Soal 2

Diketahui panjang sisi KL = 3 cm dan LM = 6 cm. Segitiga tersebut siku-siku di titik L.


Tentukanlah:
a) panjang KM
b) sin θ
c) cos θ
d) tan θ
e) cosec θ
f) sec θ
d) cotan θ

 Ok, tugasnya hanya 2 soal lho ya. Selamat mengerjakan. Semoga pengetahuan teman-teman semakin terasah dengan adanya latihan ini.

Pengumpulan tugas:

kerjakan dikertas ya. Habis itu dikirimkan ke email Bapak ( supadilah@alqudwah.id ). Caranya, kalian kerjain di kertas. Foto pakai kamera hape atas DSLR. Trus, kirimkan deh foto itu ke email Bapak dan whatsapp. Whatsapp siapa, Pak? Ya Whtasapp Bapak dong. Udah punya belum? Nih bagi yang belum punya wa 081993963568.

Nah, jadi yang dikirim adalah foto kertas hasil pengerjaannya ya. Eits, jangan lupa tuliskan nama dan kelas. Kapan ngumpulinnya? Sabar..sabar...detik ini juga boleh kok. Paling lambat hari Rabu pukul 23.59:59 WIB ya...Kalau hari ini dikumpulkan ya nggak papa. Ikan sepat, ikan gabus. Makin cepat, makin bagus. 

0 Comments