Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Khasiat Hebat Wedang Uwuh


[Khasiat Hebat Wedang Uwuh]

Salah satu upaya mencegah terkena virus korona adalah dengan menjaga kesehatan. Selain perbanyak istirahat di rumah, olahraga, dan berjemur, kita dianjurkan untuk mengonsumsi minuman herbal.

Dan, salah satu yang direkomendasikan adalah minuman herbal atau minuman dari bahan dasar dari alam.

Salah satu minuman yang saya rekomendasikan adalah wedang uwuh.
Dalam bahasa Jawa wedang artinya air dan uwuh artinya sampah. Kenapa dikatakan sampah? Karena memang terdiri dari berbagai bahan yang dicampurkan sehingga menyerupai sampah.

Apa saja bahan-bahan di dalamnya? Secara umum bahan uwuh berisikan jahe, daun cengkeh, daun pala, cengkeh, gula batu dan kayu secang.

Cara mendapatkannya juga sangat mudah kita bisa mencari di internet atau marketplace yang menyediakan wedang uwuh. Kita perlu sedikit buka mata buka telinga bertanya kepada rekan kita baik di dunia nyata ataupun dunia maya untuk mencari tahu siapa yang menjual wedang uwuh.

Salah satu yang menyediakan kacang adalah Gerai Fasih. Gerai ini adalah milik kami beralamat di Rangkasbitung Lebak Banten.
Dan, memang permintaan saat wabah seperti ini semakin meningkat. Gerai Fasih seringkali kehabisan stok supplier dan konsumen banyak yang memesan atau membeli.

Cara membuatnya pun mudah terlebih. Terlebih dahulu cuci dengan bersih  bahan-bahan wedang uwuh dengan air mendidih. Setelah itu siapkan masukkan ke dalam gelas atau cangkir kemudian tuangkan air mendidih.

Untuk pemanisnya, kalau kita menggunakan gula batu maka masukkan gula batu saat air masih panas tunggu hingga sampai 5 menit kemudian.

Namun jika kita menggunakan madu sebagai pemanisnya, maka tunggulah hingga agak hangat baru dimasukkan madunya.
Hindari memasukkan madu pada saat air masih panas karena akan merusak struktur madunya sehingga kandungan nya pun akan berkurang.

Kalau kita menggunakan madu, warna wedang uwuh akan berubah dari kemerahan menjadi kekuningan. Namun kalau kita menggunakan gula batu maka warnanya akan tetap kemerahan. Warnanya menggugah selera.


Manfaat Wedang Uwuh


Wedang uwuh memiliki banyak manfaat seperti menjaga kesehatan tubuh, membuat tubuh hangat, antioksidan dan memperlancar aliran darah.

Sejarah Wedang Uwuh


Bagi yang baru tahu wedang uwuh ini berasal dari Jogja loh kata istri saya dulunya kerja ngo ini adalah minuman para raja dan pegawai kerajaan di lingkungan keraton.  Namun, seiring berjalannya waktu minuman ini telah memasyarakat dan ada di daerah lain di luar Jogja.

Ada dua cara dalam membuat wedang uwuh yaitu bisa direbus atau diseduh. Kalau direbus, masukkan bahan bahan wedang uwuh itu ke dalam cerek atau wadah lainnya, kemudian direbus.

Sementara wedang uwuh yang diseduh akan lebih praktis namun keduanya memiliki kesamaan dalam pengkondisian jahenya yaitu di geprek agar khasiatnya atau sarinya keluar maksimal.

Nah, tertarik mengonsumsi wedang uwuh? Bisa hubungi Gerai Fasih di Instagram @gerai_fasih. Buruan. Sebelum kehabisan.
Pesan juga ke bit.ly/AdminGeraiFasih

2 comments for "Khasiat Hebat Wedang Uwuh"

  1. lama juga nggak minum wedang wedang sekarang, cuaca yang nggak tentu kayak sekarang ini memang harusnya extra jaga kesehatan, termasuk wedang ini sebagai penghangat badan

    ReplyDelete