Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kopi Jujur. Dari Kopi Menguatkan Empati


 
Kopi telah melintasi umur, gender, profesi, dan strata masyarakat. Tua atau muda suka ngopi. Laki-laki atau perempuan biasa ngopi. Petani, sopir, guru, pengusaha, pejabat, dan lainnya gemar ngopi. Miskin atau kaya juga pecinta ngopi.


Saat ini ngopi bukan hanya sekadar sebuah kegiatan minum, tetapi menjadi sebuah gaya hidup. Bentuk ngopi pun beragam. Tak hanya di rumah atau saat bertamu, tapi di kafe, kedai kopi, jalanan, kantor, atau tempat rapat.

Ngopi telah menjadi budaya secara turun temurun. Sejak dulu hingga sekarang, dan kopi menjadi legenda dalam perjalanan sejarah manusia.

Ngopi pun menjadi sebuah kegiatan untuk silaturahmi, bisnis, aktivitas organisasi, dan agenda kemanusiaan.  Bagaimana dengan Anda, apakah suka ngopi juga?

Mengenal Kopi

Apa itu kopi? Menurut Wikipedia, kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk. Kopi memang telah mendunia. Bahkan sudah lebih dari 50 negara yang membudayakan kopi, termasuk Indonesia.

Secara umum terdapat dua varietas kopi yaitu kopi arabika (coffea arabica) dan kopi robusta (coffea robusta). Apapun jenis kopinya, tidak mengurangi kenikmatan ngopi.

Kita mengenal jenis biji kopi secara umum yaitu kopi arabika (coffea arabica) dan kopi robusta (coffea robusta). Masing-masing punya kelebihannya sendiri. Kalau Anda, pilih yang mana?

Kenal Lebih Dekat Kopi Jujur
Apa itu Kopi Jujur? Emang kopi harus jujur ya? Kalau ada kopi jujur berarti ada kopi tidak jujur, dong. Hmmm, apakah kopi tidak jujur itu berarti pesen kopi tapi nggak bayar. Hehe..

Nah, yang dimaksud dengan Kopi Jujur adalah minuman kopi yang benar-benar kopi terbuat dari biji asli kopi, tanpa ditambahkan essen. Essen kopi merupakan bahan yang ditambahkan agar aroma dan rasa kopi terasa kuat.


Kopi Jujur diolah menggunakan 100% kopi asli dan aman dikonsumsi. Kopi Tubruk 100% Fine Robusta Asli , Kopi Filter dan Kopi Jahe.


Kopi, Si Hitam Yang Banyak Manfaatnya


Sebagai bagian dari kehidupan kita, kopi banyak manfaatnya. Secara etimologi atau asal kata, kopi berasal dari kata qahwah yang berarti kekuatan.

Wah, cocok sekali ya dengan asal katanya. Benar, kopi bisa memberikan kekuatan bagi yang meminumnya. Mengonsumsi kopi dapat membuat kesehatan terjaga. Juga dapat meningkatkan konsentrasi.

Kandungan kafein yang terdapat pada kopi diyakini bisa menurunkan risiko terkena kanker. Jadi, nggak betul tuh anggapan bahwa ngopi bisa menimbulkan kanker. Justru kebalikannya. Dengan minum kopi kita akan sehat. 

Sementara itu, secara spesifik, ngopi bareng banyak manfaatnya. Maka, jangan sungkan untuk ngopi bareng. Setelah wabah Covid-19 berakhir, kayaknya kudu nih kita perbanyak ngopi bareng. Berikut manfaatnya. 



Tanpa Kopi, Diriku Tak Berarti

Tidak berlebihan jika ada ungkapan tanpa kopi diriku tak berarti. Sebab, dalam keseharian kita hampir tidak lepas dari kopi. Apapun profesinya. Begitupun dengan saya.

Biasanya saat akan masuk mengajar ke kelas saya menyempatkan diri ngopi. Kalau tidak ngopi di rumah, saya sempatkan ngopi di kantor. Dan, efeknya terasa. Mata saya lebih awas menatapi para siswa di kelas, konsentrasi terjaga, dan stamina meningkat sehingga saya mengajar dengan lebih powerfull pula.

Kopi menjadi bagian dalam kehidupan

Kalau sedang tidak ngajar, saya tetap rutin ngopi. Minimal sehari sekali. Sebab selalu ada pekerjaan yang harus diselesaikan, dan kopi membantu saya menyelesaikan aktivitas keseharian. 

Dari Kopi Menguatkan Empati

 

Wabah Coronavirus disease (Covid-19) yang menjadi pandemi termasuk Indonesia menimbulkan berbagai kesedihan. Di sisi lain, kita harus mematuhi karantina wilayah dan social discanting, tapi di lain sisi kita tidak bisa meninggalkan rutinitas pekerjaan kita.

Banyak pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan, atau jika ditinggalkan akan berdampak fatal bagi keluarga. Seperti tenaga medis, organisasi kerelawanan, aparat keamanan, pengemudi ojek online, supir taksi, pedagang keliling, dan lainnya.

Tentu kondisi ini memantik empati dari kita. Lantas, apa yang bisa kita lakukan? Lakukan apa yang kita bisa. Bahkan, kita bisa menunjukkan empati kita lewat kopi.

Aksi Satu Juta Cup KOPI JUJUR Gratis

Salah satu bentuk empati itu ditunjukkan oleh Kopi Jujur yang melakukan Aksi Satu Juta cup Kopi Jujur Gratis. Nantinya, Kopi Jujur gratis yang diolah dengan menggunakan 100 % kopi asli dan aman dikonsumsi ini akan diberikan kepada mereka yang berada di garda terdepan penanganan wabah Corona seperti tenaga medis dan tenaga kesehatan serta organisasi kerelawanan. 


Bahkan, aksi ini diperluas dengan memberikan Kopi Jujur gratis kepada pengemudi ojek online, supir taksi, buruh lepas, dan pedagang keliling. Bukan hanya terbatas memberikan kopi gratis saja tapi roti, masker, dan lainnya.

Aksi ini seolah mengatakan, “Sabar saudaraku, kita berjuang bersama. Badai pasti berlalu”. Ya, wabah Corona ini harus kita hadapi bersama. Dengan memberikan kontribusi yang kita bisa. 

Kebayang kan bagaimana kondisi yang harus dihadapi oleh tenaga medis? Mereka harus tetap terjaga untuk menghadapi berbagai kemungkinan termasuk mengurus pasien yang diduga atau positif terkena Corona. Nah, setidaknya kopi dapat menjaga agar mereka tetap semangat menjalankan tugasnya.

Lantas, bagaimana cara berkontribusi dalam Aksi Satu Juta cup Kopi Jujur Gratis?

Dengan memanfaatkan teknologi, kontribusi itu bisa kita nyatakan dengan mudah. Bisa lewat platform penggalangan dana di bawah ini:
http://bit.ly/benihbaikkopijujur
https://kitabisa.com/campaign/kopijujurlawancorona

Aksi ini sangat kredibel dan bisa dipertanggungjawabkan. Untuk mengetahui lebih lengkap aksi ini bisa cek di link media sosial Kopi Jujur, diantaranya:

Dokumentasi Aksi Satu Juta Kopi Jujur

Berikut ini bukti nyata Kopi Jujur berbagi kebaikan dan sebar kebahagiaan.


Dukungan pertama atas aksi ini telah diberikan oleh Bencoolen Coffe dengan memberikan 10.000 cup Kopi Fine Robusta 100 % yang dilakukan di 5 Rumah Sakit Rujukan Pemerintah untuk penanganan Covid-19 yaitu RS Bhayangkara Kelapa Dua, RSAL Mintohardjo, RSUD Cengkareng, RSIP Sulianto Saroso, dan RS Persahabatan pada minggu lalu dan akan dilanjutkan pada RSPAD Gatot Soebroto, RS Fatmawati dan RSUD Pasar Minggu.

Siapapun bisa berkontribusi dengan membantu share, like, support penyebarluasan informasi kegiatan. Ayo para komunitas kopi, para barista Indonesia, pengusaha , para-millenial influencer, selebgram, youtuber, blogger, tiktokers, public figure dan seluruh masyarakat luas untuk mendukung aksi satu juta kopi gratis sebagai bentuk solidaritas dalam melawan wabah virus covid-19. Dengan kerja bersama, wabah akan segera sirna. Yakinlah bahwa badai pasti berlalu.


Kalau  mau berdonasi dengan datang langsung, bisa ke Sekretariat Kopi Jujur PT.CYBERS GLOBAL INDONESIA Gedung Perkantoran Pulomas Satu, jln. Jendral ahmad yani No 2,  Gedung 6 Lantai 2 No 4, Kayu Putih , Kec Pulogadung , DKI Jakarta.

Selain itu, berdonasi juga bisa dilakukan melalui rekening donasi  a/n PT. Cybers Global Indonesia dengan no rekening  5045113245 (BCA). Kontak Person: Yulianti Agustina. Phone : 082377761888. Email : Bencoolencoffee16@gmail.com


66 comments for "Kopi Jujur. Dari Kopi Menguatkan Empati"

  1. wah keren langkahnya untuk membantu dalam wabah begini. Salut pokoknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Gerakan kerelawanan bisa dilakukan dari kopi.

      Delete
  2. Wah ini kereeeen. Aksi sosial di tengah situasi seperti ini benar-benar bermanfaat
    Aku suka deh sama judul artikel ini, "dari kopi menguatkan empati" karena empati itu bisa datang darimana saja dan kapan saja.
    Semoga pandemi ini segera berakhir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat, empati bisa datang dari mana saja. perlu kita dukung nih

      Delete
    2. Dan berbuat baik itu jangan ditunda-tunda. Kalau udah niat langsung jalankan. Seperti kopi jujur ini, mengajak hati kita untuk jujur saat terketuk melihat kondisi pandemic kayak gini

      Delete
  3. sekarang ngopi nggak hanya sekedar ngopi,dari temen ngopi bisa jadi satu komunitas, entah komunitas pecinta olahragara maupun gerakan aksi sosial.
    jadi nggak hanya sanggup buat beli kopi, tapi juga sanggup buat bantu sesama juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, mbak. Maknanya luas sekarang. Bisnis pun bisa dilakukan di warung kopi

      Delete
  4. Sebagai penikmat kopi saya salut dan bangga dengan kampanye kopi jujur ini. Berkontribusi dala pandemik ini memang bisa dnegan banyak cara ya, diantaranya dengan saling menguatkan dan menumbuhkan empati pada sesama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, Mbak. keren juga ya. komunitas begini kudu makin banyak.

      Delete
  5. ini yg seharusnya ditiru oleh perusahaan kopi yang ada di Indonesia.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komunitas kegiatan positif begini mesti kita dukung. Sip.

      Delete
  6. Kampanye yang dilakukan Kopi Jujur ini menarik banget, menggerakkan sebuah komunitas untuk bergerak bersama membantu garda terdepan lawan Covid-19. Semoga semakin banyak yang tergerak hatinya dan ikut membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Semoga kegiatan positif berbasis komunitas ini banyak didukung. Kegiatannya bermanfaat untuk masyarakat.

      Delete
  7. Inspiring..
    Yuk kita dukung gerakan ini
    Kopi ya Jujur dong hehe

    ReplyDelete
  8. Bagus banget program kopi jujur ini ya mas. Jujur saya bukan pecinta kopi bahkan bila minum kopi kadang perut saya sulit menerimanya. Saya salut dengan kampanye kopi jujur ini. Sukses yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Banyak hal yang bisa dilakukan ya. Bahkan lewat kopi bisa menggerakkan komunitas untuk berbuat kebaikan. Aamiin.

      Delete
  9. Saya suka juga minum kopi hitam tp kadang² sih,, seringnya kopi instan yg ada krimnya. Ngopi banyak manfaatnya yaa, tfs

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga punya stok kopi hitam dan seduhan. hehe..

      Delete
  10. Gerakan ini perlu disebarluaskan bagi khalayak penyuka kopi. Saya suka dengan gerakan tersebut tapi, masih bingung untuk memulainya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa letak kitabisa, atau ke instagram Kopi Jujur untuk lihat dokumentasi kegiatannya, Koh.

      Delete
  11. Alhamdulillah ya kak rasa empati tumbuh dimn2 berkaitan dengan pandemi Corona sy bangga jadi orang Indonesia. Dengan segala kekurangan negara kita tapi rasa empati masyarakat untuk bahu membahu saling membantu warga yg terdampak wabah menjadi cahaya terang bahwa rasa kemanusiaan itu masih ada. Terlebih dengan gerakan kopi jujur. Semoga semakin bnyk donatur yg peduli ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Semoga semakin banyak donatur yang peduli. Masalah ini akan bisa ringan jika kita hadapi bersama.

      Delete
  12. Salut sama gerak komunitasnya. Kreatif banget buat baksos di tengah pandemi Corona.
    Ngomongin kopi say juga cinta mati sama kopi. Heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua bersatu untuk hdapi pandemi ini. Insya Allah segera berlalu.

      Delete
  13. Seketika kuingin bernyanyi "jujurlah padaku" karena namanya yang unik haha.keren sih gerakan ini, mau coba kopinya jadinya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, musisi ini. hehe.. Siap, Mbak. Ayo coba Kopi Jujur

      Delete
  14. Berbagai kalangan suka ngopi yah,hal ini benar sekali sih karena bisa menyatukan dan membuat obrolan semakin menyenangkan. Satu juta kopi gratis ini pastinya menjadi gerakan yang bagus dan semoga termotivasi dan semakin semangat bagi penerimanya termasuk abang-abang ojol yah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bang. Semoga makin banyak yang tergerak utuk membantu

      Delete
  15. Saya juga suka kopi, tapi yang kadar kafeinnya gak terlalu tinggi, nanti yang ada asam lambung saya naik, maklum punya penyakit maag.

    Saya terbiasa ngopi saat libur kerja, karena pas off gitu, biasanya saya habiskan waktu di depan laptop, ngeblog!

    Kontribusi untuk membantu para garda terdepan di wabah Corona ini, patut diacungi jempol. Termasuk kopi Jujur ini. Apapun bentuknya, yang penting bisa memberikan mereka manfaat ataupun hiburan agar mereka tetap semangat bekerja menangani pasien hingga sembuh.

    Semoga langkah kebaikan ini juga bisa ditiru oleh banyak produsen di Tanah Air ya, apapun bentuknya. Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Siap, Mas. Sama, nih. Saya juga sering ngopi di sela-sela ngajar. Jadi penyemangat, gitu

      Delete
  16. Kopi jujur banyak banget manfaatnya bagi kesehatan. Yang nggak sehat kan karena banyak gula, serta creamernya ya...
    Tapi asal minumnya nggak keseringan insyallah aman ya.

    Wah kegiatannya keren banget nih. Andai semua kedai kopi yang terkenal itu bersatu padu ikutan kegiatan yang sama ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Mbak. Banyak jalan untuk berkontribusi ya. Bahkan dengan kopi. Semoga gerakan dari Kopi Juju ini semakin marak. Aamiin

      Delete
  17. Aku sering dengar kopi jujur kirain nama sebuah kopi shop gitu taunya kopi yg benar-benar 100 persen ya. Hahah

    ReplyDelete
  18. salut nih, aksi sederhana dari secangkir kopi asli berkhasiat yang dampaknya bisa luar biasa. ini menginspirasi siapa aja, bahwa kepedulian bisa diberikan dalam berbagai cara, dengan apa yang kita punya. mungkin kopi jujur punya secangkir semangat, semoga kita punya selaksa doa (paling tidak) untuk para pejuang di garda depan, dan segera kita terbebas dari corona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahumma Aamiin. Semoga mereka yang berada di garda terdepan selalu diberikan kesehatan. Dan semoga kita bisa diberikan keluangan untuk membantu.

      Delete
  19. Saya termasuk yang suka kopi. Dulu 4 gelas sehari. Sekarang belum tentu segelas per hari krn punya bayi. Proses menyapih dari kopi cukup dramatis. HIhihihi

    Baca kopi jujur saya jadi kepo banget nih. kenapa disebut kopi jujur/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas berat itu, Bu. Hehe..saya segini aja maksimal 2 gelas. Itu pun jarang. Rutin ya hanya satu gelas sehari. Wah, kebayang nih. Dari kelas berat sampai menyapih. Hehe

      Delete
  20. Tidak menyangka ya melalui biji-biji kopi bisa melahirkan solidaritas yang Mashaa Allah. Semoga kita semua kuat menghadapi pandemi ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin Allahumma Aamiin. Ya, Mbak. Ada saja jalan jika kita mau jeli. Terima kasih banyak.

      Delete
  21. Keren sekali aksinya. Dan anti mainstream karena bagi2 kopi bahkan sampe 1 juta cup. Semoga bisa menciptaka. Kebahagiaan buat orang banyak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Mbak. Nggak kebayang aja. Dengan kopi bisa membantu mengatasi kondisi ini. Hehe...

      Delete
  22. Wiwin | pratiwanggini.netSunday, 19 April, 2020

    Luar biasa, dengan ngopi pun kita bisa berbagi. Jadi ngopi untuk saat ini bukan lagi untuk sekedar hang out, tapi mari manfaatkan untuk bantu melawan Covid-19.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap, Mbak. Semoga banyak lagi yang tergerak untuk membantu. Aamiin

      Delete
  23. Seru Yaa. Emang dari dulu, kopi pemersatu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Selalu ada jalan ya untuk berbuat kebaikan.

      Delete
  24. Wah program yang sangat bagus, harus di dukung nih. Semoga kegiatan seperti ini bisa menjadi inspirasi komunitas lain untuk melakukan kegiatan yang sama.. ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang ini basis komunitas sangat efektif untuk menggerakkan kebaikan. Ya, semoga banyak yang tergerak untuk kegiatan seperti ini. Aamiin

      Delete
  25. Bener, kopi tak lagi sekedar kegiatan minum. Tapi sudah seperti gaya hidup. Karena itu banyak bisnis tentang kopi. Daaannn baru kali ini aq baca loh kalo dari kopi kita bisa berdonasi. Menumbuhkan empati.. MasyaAllah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jeli, selalu saja ada peluang berbuat kebaikan ya Mbak.

      Delete
  26. Saya juga sebelum beraktivitas mesti ngopi dulu, Pak Guru. Secangkir tanpa gula cukup bikin mood booster sampai siang. Dilanjut ngopi sore, biar matanya masih cerah buat mengerjakan sesuatu hingga jam 10 malam.
    Nah, sebagai penyuka kopi, saya baru denger nih istilah kopi jujur. Gerakan yang bagus ya menggabungkan kopi dan kemanusiaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biar semangat ya Bang. Hehe... Saya kuat sekali aja. Kereng Bang Doel. Bisa 2 gelas sehari. Hehe... Kopi Jujur emang anti mainstream

      Delete
  27. Semoga semakin banyak orang yang tergerak ikut bergabung di dalam gerakan kopi jujur ini Mas. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Banyak terbentang peluang berbuat kebaikan

      Delete
  28. wahhh bagus sekali program ini, paling suka deh kalau ada program kemanusian seperti ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, Mbak. Banyak peluang untuk dilakukan. Bahkan dari secangkir kopi.

      Delete
  29. Kopi Jujur...ehhh ada kopi yg gak jujur dong. Hihi just joke ya kak...hmm kopi jujur tuh sama dgn kopi murni ya...tanpa essence. Wuenak. Btw...keren nih dgn gerakan sosialnya, maju terus dgn beremphati pd sesama. Suiipp...inspiring!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..ada dong yang nggak jujur. Pesen kopi tapi nggak bayar. Wkwkw

      Delete
  30. Sekarang banyak nama kopi yg keren keren. Kopi kenangan, janji jiwa, janji manis, janji suci. Atau apalah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. penamaan seringkali bawa semangat ya Mas. hehe... Siiip

      Delete
  31. Gerakan yang sangat bermanfaat, semoga dengan adanya Kopi Jujur ini bisa menambah semangat pekerja harian dan front liner medis yang tengah berjuang keras di tengah pandemi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Semangat menjadi berlipat jika ada yang peduli.

      Delete
  32. Keren, Mas. Inspiring banget, nih. Semoga para pejuang di garda depan semakin terpacu semangatnya dalam menghadapi gempuran virus corona ini. Aamiin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, Mbak. Mereka yang di garda terdepan ini akan semakin semangat jika banyak yang peduli dengan mereka. Mereka jadi merasa tidak sendirian menghadapi masalah ini.

      Delete