Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kiat Sukses Lulus Pembatik Level 1

Akhir-akhir ini guru ramai dengan pembatik. Bukan orang yang membuat batik, lho. Tapi PembaTIK kepanjangan dari Pembelajaran berbasis TIK, merupakan program Peningkatan Kompetensi TIK guru yang mengacu pada kerangka kerja peningkatan kompetensi TIK Guru UNESCO. Standar kompetensi TIK ini terdiri dari 4 level, yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling).



Intinya adalah mendekatkan pembelajaran dan pendidikan dengan TIK. Sebetulnya pembatik ini sudah lama ada. Tapi belum ramai. Mungkin pembatik 2020 pas ada Corona, guru-guru work from home, jadi semuanya merasa perlu memanfaatkan ini.

Manfaat Mengikuti PembaTIK

  • Meningkatkan kemampuan TIK sesuai dengan perkembangan teknologi terkini
  • Mendapatkan sertifikat pada setiap level dengan skala nasional
  • Berkesempatan untuk menjadi Duta Rumah Belajar

Materi pelatihan :

  • Pengenalan Perangkat TIK Dasar
  • Internet untuk pembelajaran
  • Internet sehat, bijak dan aman
  • Aplikasi untuk pembelajaran
Meskipun tidak sedikit guru yang terpaksa ikut karena diwajibkan oleh pimpinan lembaganya. Sebetulnya ogah-ogahan. Biasanya tak mau ribet lagi. Sudahlah ribet dengan urusan mengajar dan siswa eh ditambah harus belajar lagi.

Di 2020, pesertanya sudah 148.561 peserta terbagi dalam 26 gelombang. Saya terdaftar di gelombang 4. Selesai ujian pada 28-29 April. Diumumkan lulus atau tidaknya pada 3 Mei 2020. Dan, alhamdulillah saya LULUS.

Ujian hanya sekali, walaupun jadwalnya dua hari. Kalau sudah selesai di satu hari, besoknya tidak ujian lagi. 

Ada 4 modul yang diujiankan. Modulnya ada di saat kita masuk pelatihan. Di sana ada juga video materinya. Banyak materinya. Nanti bapak ibu akan dapat juga. Kalau mau tahu, bisa cek di link berikut ini.

Modul-modul


Modul 1.
Modul 2
Modul 3.
Modul 4. 


Saya tak sempat membaca habis materinya. Sebab banyak sekali. Ada yang satu modul ada 44 halaman. Saya pede saja, kalau sudah sering berinteraksi dengan TIK, akan tahu dengan sendirinya. Kuncinya adalah praktik.

Ada 40 soal yang dikerjakan dalam 45 menit. Bisa melewatkan soal yang dianggap sulit, jadi lanjut saja kalau mentok pada satu soal yang sulit. Sampai di akhir soal, kita bisa kembali ke soal yang dilewat tadi.

Saat sedang ujian, kita tidak bakal bisa nyari-nyari materi di modul.

Saya ujian pakai laptop dan bersiap dengan hape. Kalau ada yang tidak tahu, saya cari di internet tapi tidak semuanya dapat. Ada yang blank pula.

Tips

Tips: Gunakan penelusuran suara. Biar tidak kelamaan ngetik.

Materi yang diujikan

Materi apa saja yang diujikan? Tidak lewat dari modul, lah pastinya.

Input dan output kamputer
Software dan hardware
Hak cipta
Pishing (saat itu saya cari diinternet apa itu pishing)
Fitur-fitur rumah belajar seperti kelas maya, bank soal, laboratorium maya, dll.
Bijak berinternet,
Dan lain-lain.

Saya yakin saja, kalau di level 1 ini pasti semuanya lulus. Walaupun ternyata salah juga anggapan saya. Di gelombang 4, dari 44 peserta, lulus 31. Jadi ada yang tidak lulus.

Lulus atau tidak, santai saja. Anggap sebagai pelatihan sebagai sarana meningkatkan kemampuan diri. Kalau tidak lulus, bisa mendaftar pada pembukaan pembatik selanjutnya.





Post a Comment for "Kiat Sukses Lulus Pembatik Level 1"

Berlangganan via Email