Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengorbanan dan Perjuangan untuk Meraih Cita-cita

Resensi Buku - Tere Liye hadir dengan dua novelnya sekaligus yaitu Selena dan Nebula. Novel ini merupakan buku ke-8 dan ke-9 dari Serial Bumi.  

Novel yang terbit pada Maret 2020 ini merupakan spin-off dari Serial Bumi.  Nah, di Serial Bumi itu ada salah satu tokoh Miss Keriting atau Miss Selena yang hanya sedikit diulas. Hanya tokoh figuran, gitu. Tapi, kemudian dibuat jadi cerita khusus yang berkembang dan meluas menjadi novel tersendiri.




Judul Buku      : Selena

Penulis             : Tere Liye

Co-author        : Diena Yashinta

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : Kedua, April 2020

Tebal               : 368 halaman

ISBN               : 978-602-063-9529


Perjuangan Hidup Sejak Kecil 

Ayahnya meninggal saat usia Selena empat belas tahun. Setahun kemudian, ibunya meninggal. Selena menjadi yatim piatu. Atas pesan ibunya, Selena menuju kota Tishri menemui Paman Raf dan Bibi Leh.

Selena tidak bisa berlama dalam suasana duka. Besoknya, Selena harus ikut bekerja dengan Paman Raf. Begitulah watak Paman Raf, hidupnya selalu diisi dengan pekerjaan atau proyek saja.

Pekerjaan yang tidak sepadan dengannya. Paman Raf merupakan kontraktor terowongan kereta api bawah tanah bercengkerama dengan mata bor, mesin berat, kapsul terbang, dan lainnya. Selena banyak membawa kemajuan bagi proyek Paman Raf.

Perlahan kehidupannya membaik. Pertama kalinya Selena merasakan punya uang yang cukup. Padahal, dulu ibunya bahkan harus berutang untuk mencukupi kebutuhan hidup. Pertama kali pula anak perempuan berambut keriting ini belajar dari ‘buku’ yang bentuk dan kecanggihannya sesuai dunia paralel. Sejak itu pula, Selena jatuh cinta dengan belajar. Dia jatuh cinta dengan buku.

Cita-citanya ingin sekolah di Akademi Bayangan Tingkat Tinggi (ABTT). ABTT merupakan tempat para petarung terbaik klan Bulan. Tentu sebuah tantangan yang tidak mudah mengingat Selena tidak pernah sekolah.

Bagi penikmat karya Tere Liye, novel Selena ini pastilah satu bagian yang membuat penasaran. Sosoknya sudah hadir di Bumi. Selena adalah guru matematika Raib, Seli, dan Ali yang merupakan tokoh utama dalam serial Bumi itu.

 Selena merupakan pembelajar yang hebat. Dia bekerja keras untuk bisa sekolah di ABTT. Dan hasilnya, Selena menjadi peringkat kedua ujian tulis mengalahkan ribuan peserta seleksi lainnya.

Ujian selanjutnya, Selena harus bisa menunjukkan kekuatan Klan Bulan seperti membuat tameng transparan, teknik menghilang, dan teknik pukulan berdentum. Selena hampir pasti gagal. Tamus datang menawarkan bantuan. Tamus adalah masa lalu, masa sekarang, dan masa depan. Dia memberikan jawaban saat tidak ada lagi jawaban yang tersisa. Dia bisa mewujudkan mimpi-mimpi siapapun yang penuh ambisi. Apa imbalan yang diminta Tamus atas tawarannya itu?

Setelah mengacaukan acara inaugurasi, membuat Master Ox marah, Selena diterima sebagai mahasiswa baru ABTT. Di keributan itu Selena mulai bersahabat dengan Tazk dan Mata yang membantunya melawan para senior. Masalah baru dengan para senior itu berlanjut dan diselesaikanpada tradisi ospek. Namun, pada angkatan merekalah sejarah tercipta; putusnya rantai ospek.

Hm, ospek atau perpeloncoan memang kerap terjadi di instansi pendidikan. Budaya buruk ini menjadi mata rantai yang turun temurun. Belakangan sudah berkurang. Banyak kampus atau sekolah yang melarang perpeloncoan. Namun, beberapa kasus masih terjadi terutama di sekolah ikatan dinas.

Bullying atau perundungan bisa terjadi di mana saja. Di dunia paralel pun begitu. Selena kerap mengalaminya. Hebatnya, dia bisa mengatasinya. Setelah diterima di ABTT, Selena bertekad menjadi mahasiswa nomor satu di akademi ini. Perjuangannya menginspirasi, bahwa untuk menjadi yang terbaik perlu pengorbanan yang sepadan. Lihat pula kisah persahabatan Selena, Tazk, dan Mata yang memberi banyak pelajaran.

Berangkat Dari Kehidupan Nyata

Novel, atau cerita fiksi, bukan semata hayalan. Banyak yang berangkat dari kenyataan. Begitu pula dalam novel Selena ini. Kemiskinan yang membuat keterbelakangan dan ketertinggalan menjadi potret yang jamak terjadi. Anak di bawah umur yang harus bekerja mencari nafkah bukan cerita langka. Berbagai pelajaran di ABTT mirip dengan pelajaran di sekolah saat ini. Agaknya Tere Liye berhasil meyakinkan pembaca bahwa fiksi pun bisa berangkat dari kehidupan kita.

Lihat saja mata kuliah di ABTT yang mirip-mirip pula dengan mata kuliah atau pelajaran di sekolah. Seperti Hewan, Tumbuhan, dan Bukan Keduanya yang mirip pelajaran biologi. Mata kuliah Kimia dan Keindahan Di Dalamnya mirip Kimia. Lalu ada Non-Gaib atau yang bisa disamakan mata pelajaran fisika.

Nama klub bola terbang PAR-SIB dan PAR-SIJA seketika membuat saya mengulum senyum. tentu, nama ini sangat familiar di Indonesia. Dan secara kebetulan, dua tim ini menjadi musuh bebuyutan.

Karena tak pernah sekolah, Selena membuat kesalahan-kesalahan dan kecerobohan. Misalnya, dia membuat tabung praktikum meledak dan laboratorium terbakar.

Selena juga harus bekerja keras memahami buku sejumlah 19.800 halaman dalam buku yang berbentuk tablet. Setelah berminggu-minggu sulit, bermalam-malam kurang tidur, Selena menjadi yang terbaik memahami pelajaran itu.

Pada mata kuliah pilihan, Selena memilih Malam dan Misterinya. Ini khusus mereka yang tertarik menjadi pengintai. Ada sekitar 60 mahasiswa yang memilih mata kuliah ini. Tapi, mereka bahkan tidak bisa menemukan lapangan rumput yang merupakan tempat kuliahnya. Selena menjadi orang kedua yang berhasil memecahkan rekor ratusan tahun.

Di mata kuliah itu, Selena belajar dari Bibi Gill, penjaga kantin sekaligus dosennya. Enam bulan kemudian hanya Selena yang jadi mahasiswa Bibi Gill. 59 orang lainnya mundur tidak menemukan lapangan rumput. Pelajarannya 'sederhana' tapi menjadi tidak sederhana oleh Bibi Gill.

Novel ini pun sarat ajakan mencintai ilmu. Perpustakaan menjadi tempat paling membahagiakan Selena dibanding tempat wisata sekalipun. Mengoleksi buku menjadi investasi hidup yang sangat bermanfaat. Apakah kebiasaan ini pula yang membuat Selena akhirnya menjadi guru matematika? Bisa jadi. Kerja keras, haus ilmu, dan cinta buku menjadi modal Selena meraih cita-citanya.

Hidup banyak hal yang tidak mengenakkan. Cara pandang kita sangat menentukan sikap dalam menghadapi masalah hidup.

Satu persatu Selena mendapatkan petunjuk yang dibutuhkannya untuk mendapatkan Cawan Keabadian, Perkamen Tua di Perpustakaan Sentral Kota Tishri, juga Pohon bahasa dari Mata. Untuk membuka portal klan Nebula, ada kuncinya, yaitu pemilik keturunan murni. Siapa kuncinya?

Selena semakin dekat menjadi pengintai yang hebat. Berbagai ujian dari Bibi Gill berhasil diselesaikan dengan baik. Namun, Bibi Gill mengkhawatirkan sesuatu. 

Kamu memiliki bakat besar sebagai pengintai, dan kamu bersedia melakukan apapun demi mencapai ambisimu. Semoga itu membawamu ke jalan kebaikan. Bukan sebaliknya. Karena seorang pengintai dekat sekali dengan jalan kegelapan. (Selena, halaman 180).

Dunia kita dekat sekali dengan kegelapan.  Maka saat gelap menyelimutimu, pastikan kamu tetap berusaha mencari cahaya di sekitarmu. Dirimu sendiri adalah satu-satunya yang bisa kau percaya.  Nurani. Cahaya kecil itu selalu ada dihatimu. Gunakanlah. Terangi jalanmu, temukan pilihan hidupmu Semoga itu bisa membawamu menuju jalan yang lebih baik. (Selena, halaman 339).
Sampai selesai Selena, saya harus kecewa dengan masih kaburnya siapa orangtua Raib. Hanya, Miss Selena berulang kali mengatakan maaf terutama pada Raib. Jadi tidak cukup dengan Selena saja pertanyan siapa orangtua Raib terjawab.

Untuk yang menyukai ketegangan pertempuran-pertempuran seperti yang dialami Raib, Seli, dan Ali harus bersabar di Selena ini. Nah, kesabran ini sedikit terlunasi di Nebula.



Judul Buku      : Nebula

Penulis             : Tere Liye

Co-author        : Diena Yashinta

Penerbit           : Gramedia Pustaka Utama

Cetakan           : Kedua, April 2020

Tebal               : 376 halaman

ISBN               : 9786020639536


Saat liburan panjang, Selena membantu Paman Raf memenangkan proyek renovasi Tower Sentral, markas besar Pasukan Bayangan Sekaligus pusat pemerintahan Komite Klan Bulan.

Libur panjang usai. Selena, Tazk dan Mata kembali ke ABTT. Karena ketinggalan kereta, mereka lalu mencuri gerbong di Stasiun Sentral Kota Tishri. Pendaratan mereka membuat kacau acara inaugurasi. Seharusnya Master Ox marah dan menghukum mereka, tapi kali ini tidak.

Ambisi telah membuatnya gelap mata, bahkan mengabaikan peringatan Bibi Gill dan Master Ox. Selena bahkan masuk ke ruangan rahasia Master Ox. Tapi ketahuan.

Petualangan mereka semakin seru. Dengan campur tangan Tamus, Selena menemukan petunjuk untuk membuka portal klan Nebula.

Selena makin mendekati kelulusan di mata kuliah Malam dan Misterinya. Di pelajaran terakhir, Bibi Gill menemukan bakat terbesar Selena. Itu menjadi kekuatan terbesarnya. Kekuatan Selena, yang dikenal dengan teknik terang, kelak menemukan tim kedua yang terhebat yang pernah ada.

Membuka Portal Klan Nebula

Proyek Akhir Angkatan 98 ABTT mengantarkan mereka ke lokasi menuju portal klan Nebula, yaitu di Distrik Sungai-Sungai Jauh. Tiga sahabat itu satu kelompok. Tazk dan Mata tertarik untuk menuju klan tersebut.

Sebuah klan yang unik. Klan Nebula. Nama penduduknya unik, merupakan kata sifat. seperti Lumpu, Kosong, Lambat, dan Repot. Klan Nebula memiliki sistem yang menjaga keseimbangan. Bahkan jumlah penduduknya selalu tetap. Setiap ada yang meninggal beberapa tahun kemudian ada bayi yang lahir.

Waktu siang dan malam berganti tanpa bisa terprediksi. Mereka merayakan kehidupan mereka dengan hidup bersahaja padahal mereka memiliki teknologi tingkat tinggi. Misalnya, mereka mencuci piring dengan air dan sabut kelapa. Ini dianggal sebagai keterbelakangan dan primitif oleh Selena.

Selena, semakin maju teknologi memang semakin banyak waktu yang dihemat manusia, tapi kualitas hidup mereka justru menurun. Waktu dan kemudahan hanya digunakan untuk hal sia-sia, memelototi gadget di tangan. (Nebula, halaman 299).

Sewaktu di klan Nebula itulah, kepada Selena, Tazk membuat pengakuan . Bahwa dia menyukai seseorang. Pengakuan itu justru membuah Selena terluka. Sebab dia telanjur ge-er bahwa Tazk juga suka padanya. Ah, ini semacam cinta segitiga begitu.

Karena gelap mata, Selena mengambil Cawan Keabadian. Bahkan, dia berniat kembali ke klan Bulan sendirian. Saat itulah Tamus dan pasukan hitam-hitamnya datang. Hendak mengambil Cawan Keabadian. Tamus hanya memperalat Selena untuk kepentingan pribadinya. Makin bertambahlah kesedihan Selena.

Tazk sudah memberitahu Selena untuk mengurungkan niat mengambil Cawan Keabadian karena melihat tulusnya kehidupan penduduk klan Nebula. Namun, Selena menganggap cerita 40.000 tahun lalu hanyalah karangan yang ditambah-tambahi.

Selena nekat mengambil Cawan Keabadian. Hilangnya Cawan Keabadian membuat keseimbangan klan Nebula terganggu. Bukan hanya mengganggu sistem rotasinya, tapi juga membebaskan para raksasa yang selama ini terpenjara di dindingnya.

Kekuatan Keturunan Murni

Di sinilah cerita semakin seru dan menegangkan. Tiga sahabat melawan Tamus saja kewalahan. Apalagi ditambah menghadapi para raksasa yang mengadang mereka mengembalikan Cawan Keabadian pada tempatnya. Bahkan Tamus saja dimainkan seperti boneka oleh para raksasa.  Sudah dibantu Lambat, Kosong, dan Repot, tetap saja mereka terdesak. Apalagi, kemunculan tiga pimpinan raksasa Si Brutal, Si Ganas, dan Si Buas.

Saat Selena dan Tazk dalam kondisi kritik, Mata mengaktifkan teknik tertinggi seorang pemilik keturunan murni. Ini pernah juga terjadi 40.000 tahun lalu. Mereka selamat. Namun, Mata harus menanggung risikonya. Cairan hijau Cawan Kematian hanya menunda nyawanya beberapa bulan saja. Tazk bahkan kehilangan kemampuan bertarungnya. Sebuah kehilangan yang sangat menyedihkan.

Tidak ada lagi yang tersisa. Semua penduduk klan Nebula tewas, hanya tersisa Lumpu dan Kosong. Permukiman hancur lebur. Seluruh kehidupan musnah. Setelah 40.000 tahun hidup tenang, terjaga seluruh keseimbangan. Sementara, Selena yang muncul berapa jam menghancurkan semuanya.

Alur maju mundur ceritanya memang bikin greget. Terutama pada Selena ini. Yah, tentu saja setiap orang punya sisi baik dan sisi buruknya. Agaknya, dalam Selena dan Nebula, Selena menjadi penyebab kekacauan dunia paralel. Atau, seperti Master Ox katakan, dunia paralel menemukan caranya sendiri menemukan keseimbangan.

(*)




30 comments for "Pengorbanan dan Perjuangan untuk Meraih Cita-cita"

  1. Tere Liye adalah penulis yang produktif ya. Saya belum banyak membaca karya nya, hanya sebatas Pulang. Mungkin ini dapat menjadi referensi bacaan saya yang berikutnya. Makasih Mas Guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak. Bahkan cerita ini masih panjang pula. Seakan Tere Liye mengatakan bahwa semesta memang luas. Ceritanya tak habis-habis.

      Delete
    2. Kalau saya, baru baca yang "tentang kamu", dan bisa jatuh hati sama cerita di dalamnya Mas.

      Delete
  2. Saya sudah membaca bukunya yang klan matahari dan bumi. Menarik sekali semua buku dari Tere Liye ini. Sayangnya saya belum bisa lanjut membaca klan yang selanjutnya karena terbatas waktu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya, Matahari lebih seru dan menegangkan. Hehe .. emang cerdik nih Tere Liye bikin cerita

      Delete
  3. Aku suka Tere Liye dengan bahasa yang mudah dipahami oleh semua orang.
    Buku berjudul "Selena" seorang yang bercita cita ingin sekolah di ABTT tempat para petarung terbaik Klan Bulan.
    makin penasaran sama sosok Selena yang wajib dimiliki buku ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iay, enak bacanya. Mudah memahaminya. Seru ceritanya

      Delete
  4. Pengen banget baca Selena dan Nebula ini. Paling suka serial Tere Liye ya serial Bumi dan kawan-kawannya ini. Fantasinya oke banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak. Petualangan mereka seru. Fantasi sainsnya keren nih Tere Liye. Kok bisa...kok bisa...gitu saya ngerasa

      Delete
  5. Baca ulasannya kok aku merasa agak mirip cerita Divergent gitu. Hehehe. Selalu istimewa kalo itu karya Tere Liye yaaa pak guru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beberapa cerita emang mirip. Sama halnya sang Penandai mirip Alchemist. Atau, serial Bumi pun mirip Harry Potter juga. Harry Potter rasa Indonesia

      Delete
  6. Aku udah baca juga ulasan dari teman yang suka banget sama karya Tere Liye ini mas. Aku bahkan merasa udah baca bukunya karena dia menceritakan nya detail sekali.

    ReplyDelete
  7. Jadi pengen baca bukunya setelah baca ulasannya

    ReplyDelete
  8. Aku belum juga pengin untuk baca serial ini. Kayaknya dari baca reviewnya seru juga yaa. Pengin beli nunggu gajian aja lah hihi. Thanks for sharing kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah tanggal muda sebentar lagi. Hehe... Yuk dikoleksi

      Delete
  9. Tidak sabar mau baca kelanjutannya 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak. Perjalanannya panjang pula. masih ada judul-judul lainnya.

      Delete
  10. Ini resensinya seru banget sampai gak kerasa dah abis sampai bawah lalu kupenasaran ingin baca sendiri. Penasaran banget sama Selena dan Tamusnya ish

    ReplyDelete
  11. Kebetulan aku belum baca novelnya Tere Liye, jadi malah penasaran nih. Kisahnya ternyata modek fantasi gini ya. Tapi booming dan banyak digandrungi. Ponakanku koleksi semua novelnya. Kapan2 mau tak pinjam deh.

    ReplyDelete
  12. belum baca. jadi penasaran dan langsung dijadikan list bulan ini. haiya...

    ReplyDelete
  13. Kita tidak sedang melawan kakak tingkat tetapi melawan kesewenang-wenangan. Pas banget emang nih untuk kezhaliman hanya ada satu kata, lawan!

    ReplyDelete
  14. Sepertinya buku ini menarik ya mas. Bisa buat motivasi juga karena banyak hikmah yg bisa diambil.

    ReplyDelete
  15. Penulis favorit Tere Liye, makin gress saja karyanya. Makasih Pak resensinya, cerita yang menarik.

    ReplyDelete
  16. tere liye keren banget, karena di Indonesia sendiri penulis fiksi ilmiah juga masih jarang2,, senoga ke depannya semakin banyak

    ReplyDelete
  17. Wah selalu penasaran sama karya2 tereliye.. Gasss nyari di gramed masih ada kan mas padil?

    ReplyDelete
  18. Ku akui penulis Tere ini ceritanya gak ada habisnya... Salut aku dan semua bukunya itu selalu menarik untuk dibaca sampai tuntas

    ReplyDelete
  19. aku juga ikut lomba resensi novel ini
    sudah ada pemenanganya belum ya?
    Ah penasaran dg kelanjutan cerita trio murid selena

    ReplyDelete
  20. Waah novelnya Tere Liye ya, jadi pengin beli gan. Isinya pasti menarik.

    ReplyDelete

Berlangganan via Email