Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kontrak Belajar Daring

Agar sebuah kegiatan berjalan dengan lancar, segala sesuatunya patut disiapkan. Termasuk dalam pembelajaran daring ini. Tahun ajaran baru sudah dimulai. Tapi, pemerintah memberikan kebijakan tidak boleh tatap muka di wilayah zona kuning dan orange. Termasuk di sekolah SMA Terpadu Al Qudwah. Maka, pembelajaran pun dilakukan secara daring.


Dalam pembelajaran ini, akan dilakukan melalui whatsApp, Google Classrom, Google Form, Youtube dan blog. Tapi satu yang harus diingat bahwa pembelajaran daring ini harus memahami kondisi, baik kondisi siswa maupun kondisi guru.

Nah, beberapa hal ini yang harus diingat dalam melaksanakan pembelajaran daring untuk kelas Matematika dan Fisika yang saya ampu.


KOMITMEN PROSES BELAJAR

Guru maupun Siswa :

1.      Datang tepat waktu ketika masuk daring, dispensasi waktu hanya 15 menit kecuali bila terkendala hal yang syar’i. (tidak punya gadget/pc, sakit,ijin syar’i)

2.      Berpakaian rapi sebagaimana pakaian seorang muslim/ah sekaligus pembelajar dengan ketentuan menutup aurat sebagai bentuk adab untuk mendapatkan keberkahan ilmu.

3.      Berkata yang baik serta sopan jauh dari kata caci lagi menghina apalagi rofas (jorok), yang aman dan nyaman di terima oleh indera pendengaran sebagai bentuk adab seorang pembelajar.

4.      Minimal hadirkan raga ketika pembelajaran.

5.      Bersabar stand by selama KBM daring berlangsung.

6.      Boleh makan dan minum dengan tidak melepaskan adab makan dan minum seorang muslim.

7.      Kehadiran memenuhi minimal 80%

8.      Guru mengingatkan tugas, siswa menuntaskan semua tugas dari guru yang berhubungan dengan pelajaran. Apabila tidak mengerjakan maka proses pengolahan nilai siswa yang bersangkutan ditunda.

9.      Bekerja sama terhadap pelaksanaan komitmen karena Allah Maha Menyaksikan apa yang kita upayakan.

10.  Guru memberikan penilaian akhir kepada peserta didik dengan ketentuan sebagai berikut:

UH/Tugas-tugas          : 40%

UTS                             : 30%

UAS                            : 40%

Post a Comment for "Kontrak Belajar Daring "

Berlangganan via Email