Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Langkah Memperindah Blog

 


Langkah Memperindah Blog. Jika diibaratkan blog merupakan rumah maka memperindah blog merupakan keharusan agar pengunjung berkesan saat mampir ke blog kita. 


Eh tapi kadang nggak semua orang yang suka rumahnya dikunjungi tamu ya. Oke kalau gitu kalimat di atas saya ganti. 


Jika diibaratkan blog merupakan toko maka memperindah blog merupakan keharusan agar pelanggan betah di toko dan akan kembali berbelanja lagi. 


Di masa belajar dari rumah akibat pandemi Covid-19 ini guru dituntut kreatif menggunakan sarana belajar. Salah satunya adalah dengan menggunakan blog. 


Ya, selama ini banyak guru yang memasang materi pembelajaran di blog. Baik itu blog baru atau blog yang sudah lama tapi lama nggak diurus. 


Nah, setelah punya blog, ada baiknya memperindah blog dengan melakukan 5 cara berikut. Ini pula yang saya lakukan mulai serius ngeblog pada 2017 lalu.


1. Mengganti template


Ini langkah standar sih supaya blog kita lebih cantik. Maklum, template bawaan memang standar banget. Meskipun, template standar ringan juga sih. Nah, ganti deh template. Bisa yang berbayar atau gratisan kok. Saya sendiri mungkin udah 8x ganti template. 


2. Lengkapi dengan gambar ciamik.

Kadang narablog atau blogger memilih gambar seadanya. Atau lebih parahnya nggak melengkapi dengan gambar. Padahal, mata akan enak memandang yang bagus-bagus lho. Kalau bisa jangan gambar yang download  seadanya pula. Banyak kok gambar keren yang gratis tanpa harus menyantumkan kredit. Di pixabay misalnya. 


3. Ganti domain


Kayaknya lebih keren tuh punya blog dengan nama sendiri. Meskipun untuk itu kita harus merogoh kocek. Tapi nggak mahal juga kok. Terutama blog dengan platform blogspot yang nggak harus beli hosting seperti wordpress. 

Saya beberapa kali ganti nama blog sampai akhirnya beli domain yang hanya Rp. 60.000/ tahun. Benar-benar murah kan...



1 comment for "3 Langkah Memperindah Blog"

  1. Ciip pa... Trmksh informasinya.. Mngkin bs lbh di perdalam lg cara membuat domainnya ☺

    ReplyDelete

Berlangganan via Email