Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Agar Karya Tembus Media


Siapa sih yang nggak kepingin tulisannya nongol di media? Dengan banyak alasan layak sekali kita mencoba menulis di media.

Misalnya nih ya alasannya supaya bisa eksis di media, melatih kemampuan menulis, meningkatkan kualitas tulisan, atau dikenal oleh lebih banyak orang.

Oh iya. Media yang saya maksud di sini adalah media massa. Baik cetak seperti majalah, koran, dan lainnya maupun digital seperti website atau platform kepenulisan lainnya.

Meskipun, media cetak dan digital biasanya dianggap lebih selektif daripada platform kepenulisan. Maka bisa menembus di tempat tersebut biasanya memiliki kurasi yang lebih kuat.

Berdasarkan pengalaman, saya hendak membagikan kiat agar tulisan tembus di media.

Pertama, kenali kecenderungan media tersebut. Jenis tulisan di koran A biasanya berbeda dengan di koran B, dan seterusnya. Termasuk gaya kepenulisannya.

Dari mana tahu kecenderungan sebuah media? Maka rajin-rajinlah baca tulisan di sana. Niscaya dapat tuh feel-nya. Termasuk gaya kepenulisannya.

Kedua, agar naskah diterima, perhatikan ketentuan tulisannya. Misalnya harus 4000 kata, 9000 karakter, atau mencantumkan jumlah halaman tertentu. Nah, supaya tidak langsung disingkirkan oleh redaksi, perhatikan betul ketentuan ini.

Ketiga, bersifat analisa. Bukan hanya deskriptif. Apalagi jika menulis tentang opini. Maka benar-benar unsur opinilah yang prioritas. Bukan sekadar informatif apalagi deskriptif tadi.

Keempat, agar naskah diterima sebuah media, lengkapi dengan identitas penulis. Agar redaksi yakin bahwa pengirimnya jelas ada. Termasuk untuk kepentingan kredibilitas penulis. Sertakan pula foto penulis, KTP dan NPWP (jika perlu).

Kelima, sertakan kata pengantar. Etikanya sebuah naskah tidak dilemparkan begitu saja. Agar naskah diterima redaksi, sebaiknya dilengkapi pengantar. Mirip dengan sebuah pengantar di makalah.

Demikian tips agar karya diterima di media. Ini berdasarkan pengalaman saya. Alhamdulillah sudah ada beberapa karya dimuat di media. Semoga bermanfaat.



 

Post a Comment for " Agar Karya Tembus Media"

Berlangganan via Email