Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Nggak Cuma Seorang Pengajar, Ini Dia 4 Peran Guru

 


Seorang guru tidak hanya dituntut sebagai pengajar saja. Dalam berinteraksi dengan siswa, dia memiliki banyak peran yang harus dimainkan. Tentu sebagai guru kita nggak mau kan hanya menjalankan kewajiban kita sebagai pengajar.

Nah, inilah beberapa peran yang bisa dimainkan oleh seorang guru.

Guru Sebagai Motivator

Seorang guru harus bisa memposisikan diri sebagai motivator. Memberikan motivasi kepada peserta didik. Sebab kadang peserta didik dalam kondisi yang kurang semangat, lesu, atau banyak masalah. Mungkin siswa sedang mengalami kondisi yang tidak baik. Misalnya bosan akibat terlalu lama dalam kondisi korona seperti ini.

Maka, peran guru memberikan motivasi kepada siswa agar tetap semangat dalam menghadapi kondisi pandemi. Menemukan cara sendiri agar tetap semangat menjalani belajar daring.

Banyak siswa siswa memiliki merasa sulit untuk diraih cita-citanya. Maka peran guru-lah memberikan motivasi kepadanya agar dapat kembali semangat dan berjuang meraih cita-citanya.

Guru Sebagai Pelatih

Setiap manusia punya potensi. Tapi ada yang sudah ketemu potensinya, ada yang belum paham juga. Seorang murid yang sudah paham dengan potensinya sangat perlu didukung oleh seorang guru.

Misalnya ada seorang siswa yang suka desain grafis. Tapi dia bingung ke mana akan menyalurkan dan mengasah bakatnya. Sebagai pelatih guru dapat meningkatkan potensi dan bakatnya menjadi sebuah prestasi.

Seorang siswa yang berminat dengan mata pelajaran fisika perlu didukung guru sebagai pelatihnya. Sehingga kemampuan siswa dalam bidang fisika tadi besar semakin melejit.

Guru Sebagai Sahabat


 

Relasi antara guru dan siswa sangat menentukan keberhasilan pembelajaran lho.  Guru yang mampu dekat dengan siswa akan lebih mudah dalam transfer ilmu. Percaya deh!. Guru akan lebih gampang dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik.

Bayangkan aja kalau seorang murid tertutup dengan gurunya. Atau sebaliknya seorang guru tertutup dengan muridnya. Dia hanya berbicara sekadarnya saja saat memberikan materi. Kesannya seorang guru kok angker gitu. Guru yang seperti ini akan sulit dengan siswa. Akibatnya siswa pun enggan dekat dengannya.

Maka tidak ada salahnya seorang guru menjadi seorang sahabat bagi siswa. Asal tahu saja, manfaatnya bukan hanya untuk masalah pelajaran saja lho. Tapi juga membantu siswa dalam mengatasi masalah-masalah dalam hidupnya layaknya seorang sahabat.

Menurutku keren banget kalau siswa sampai bisa curhat masalahnya dengan guru. Bener-bener keren.

Maka di sini sangat perlu keterampilan seorang guru dalam berinteraksi dengan siswa. Salah satunya adalah kemampuan mendengarkan masalah siswa.

Jangan salah, siswa itu juga punya masalah bahkan mungkin kompleks. Seorang guru seyogyanya bisa membantu masalah yang dihadapi oleh siswa tadi. Dengan pengalaman hidupnya guru tentu lebih tahu solusi menyelesaikan masalahnya.

Guru Sebagai Cermin

Seorang guru menjadi cermin bagi murid siswa. Maksud saya adalah apa yang ditampilkan oleh guru itu pula yang akan ditiru oleh siswa.  

Dalam dunia pendidikan kita pasti kenal dengan ungkapan guru kencing berdiri murid kencing berlari. Guru harusnya menjadi cermin bagi siswa. Maka tampilkanlah hal yang baik karena itu akan ditiru oleh siswa.

Ini tentang keteladanan. Ada ungkapan “Satu keteladanan lebih berarti daripada 1000 kata-kata. Karena itu sangat penting dalam menjaga perkataan dan sikap kita di sekolah. Apalagi di dalam kelas. Tunjukkanlah karakter baik yang itu layak diteladani oleh siswa.

Nah demikianlah beberapa peran yang seyogyanya dijalankan oleh seorang guru. Guru memang bukan sosok yang sempurna. Akan tetapi itulah yang akan mengantarkan guru menjadi sosok yang sukses dalam menjalankan perannya sebagai pendidik. Terima kasih.

Post a Comment for "Nggak Cuma Seorang Pengajar, Ini Dia 4 Peran Guru"

Berlangganan via Email