LWB5LWNbNWFbMqp6NaZ4NGRcN7csynIkynwbzD1c

Adab Mencari Ilmu. Perhatikan 5 Hal Ini

BLANTERLANDINGv101
8688320526973091213

Adab Mencari Ilmu. Perhatikan 5 Hal Ini

20 March 2021

 Berikut ini beberapa adab dalam mencari ilmu dalam syair-syair Imam Syafi'i yang dikutip dari kitab karya Muhammad Abdurrahim 


1. Ikhlas karena Allah

 Siapa menuntut ilmu untuk meraih kebahagiaan negeri akhirat ia akan beruntung meraih kemuliaan dari Allah yang maha pemberi petunjuk maka dia pun akan meraih kebaikan yang berasal dari hamba-nya.


2. Meninggalkan perbuatan dosa


Aku mengadu kepada Waki' tentang kelemahan hafalanku; ia pun memberikan nasehat agar aku meninggalkan maksiat; Ia memberitahuku pula bahwa ilmu itu cahaya; dan cahaya Allah tidak diberikan kepada orang yang maksiat. 


3. Menuntut ilmu sejak Dini

Siapa yang kehilangan waktu belajar pada waktu mudanya takbirkan dia empat kali! anggap saja ia sudah mati. Seorang pemuda akan berarti apabila ia berilmu dan bertakwa; jika dua hal itu tiada, pemuda pun tak bermakna lagi. 


4. Mencatat setiap ilmu yang dipelajari


Ilmu itu bagaikan binatang buruan, dan menuliskannya adalah pengikatnya. Ikatlah buruanmu dengan tali yang kuat. Sebab di antara bentuk kebodohan, engkau memburu seekor rusa, lalu kau biarkan rusa itu bebas begitu saja. 


5. Sabar dibimbing guru. 


Sabarlah dengan sikap guru yang terasa pahit di hatimu; sebab kegagalan itu disebabkan meninggalkan guru. Barangsiapa yang tak mau merasakan pahitnya menuntut ilmu sesaat; sepanjang hidupnya ia akan menjadi orang gila karena kebodohannya.

#Mar20AiseiWritingChallenge

#CeritaKelaskuHariIni

#CeritaAnakkuHariIni

BLANTERLANDINGv101
Kata Pengunjung:

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang