LWB5LWNbNWFbMqp6NaZ4NGRcN7csynIkynwbzD1c

Sejarah Ditemukannya Hukum Archimedes

BLANTERLANDINGv101
8688320526973091213

Sejarah Ditemukannya Hukum Archimedes

08 April 2021

Sedang belajar fisika atau ingin menjadi ahli fisika? Sudahkah mempelajari apa itu Archimedes dan bagaimana bunyinya? Dalam kehidupan praktek fisikan seringkali tidak disadari namun sangat penting. Pelajari salah satu hukum yang ada dalam pelajarian fisika berikut ini.

 


Archimedes adalah orang Yunani yang menemukan salah satu hukum fisikan yang kini dikenal sesuai dengan namanya. Awal mula dari hukum ini adalah masalah mahkota yang dimiliki Raja Hieron II yang memerintah kala itu.

Archimedes diminta untuk menyelidiki kandungan emas dalam mahkota apakah murni atau dicampur dengan perak. Mendengar perintah raja tersebut Archimedes banyak berfikir dan ia lelah.

Suatu saat Archimedes yang belum menemukan jawaban atas permintaan raja tersebut mandi ke dalam bak yang penuh dengan air. Ia masuk ke dalam bak yang penuh dan banyak air yang tumpah keluar.

Memperhatikan hal tersebut seketika itu juga Archimedes mendapatkan jawaban atas permintaan raja.

Setelah menemukan solusi dari mahkota raja, Archimedes pun bersorak sorai kepada istrinya dan memecahkan cara untuk mengetahui bagaimana mahkota raja yang telah dicampur dengan perak.

Pembuat mahkota raja yang mencampurkan emas dengan perak pun akhirnya dihukum mati. Penemuan yang ditemukan oleh Archimedes itu kini dikenal dengan hukum Archimedes.

Hukum Archimedes yang ditemukan untuk mengetahui masalah kandungan emas yang ada di dalam mahkota raja tersebut memiliki bunyi “ Jika sebuah benda dicelupkan ke dalam zat cair maka benda tersebut akan memperoleh gaya yang disebut dengan gaya apung atau gaya ke atas sama seperti besaran zat cair yang dipindahkan”.

 

BLANTERLANDINGv101
Kata Pengunjung:

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang