LWB5LWNbNWFbMqp6NaZ4NGRcN7csynIkynwbzD1c

Yang Perlu Kita Lakukan Agar Blog Lebih Indah

BLANTERLANDINGv101
8688320526973091213

Yang Perlu Kita Lakukan Agar Blog Lebih Indah

25 April 2021

Blog ibarat rumah. Maka, agar orang betah bertamu, kita harus memperindah blog. Agar tak hanya sekali dua kali saja pengunjung mampir ke blog kita. 

Saya yakin banyak yang baru punya blog saat pandemi. Ya, akibat sering di depan laptop, banyak di antara kita ikut webinar menulis atau nge-blog, lalu baru punya blog. Benar? Tenang. Banyak kok yang begitu. hehe…

Nah, setelah punya blog, ada baiknya memperindah blog dengan melakukan 5 cara berikut. Ini yang saya dapatkan dari beberapa diskusi di grup-grup blogger.

1. Mengganti template

Ini langkah standar sih supaya blog kita lebih cantik. Maklum, template bawaan memang standar banget. Meskipun, template standar ringan juga sih. Nah, ganti deh template. Bisa yang berbayar atau gratisan kok. Saya sendiri mungkin udah 8x ganti template. 

2. Lengkapi dengan gambar ciamik.

 


Kadang narablog atau blogger memilih gambar seadanya. Atau lebih parahnya nggak melengkapi dengan gambar. Padahal, mata akan enak memandang yang bagus-bagus lho. Kalau bisa jangan gambar yang download  seadanya pula. Banyak kok gambar keren yang gratis tanpa harus menyantumkan kredit. Di pixabay misalnya. 

3. Membuat isi yang menarik.

 


 

Content is King. Konten adalah raja. Menarik dan tidaknya blog ditentukan oleh isi. Banyak yang berkeyakinan demikian. Saya sih sepakat saja. Blog itu kan isinya tulisan. Agar orang rajin ke blog kita tentu saja tulisan harus dibuat yang menarik dan dibutuhkan oleh orang.

Caranya?

Bisa dengan melakukan survey. Tanya ke teman tulisan apa yang membuat mereka tertarik. Atau dengan jeli membaca isu yang sedang update. Misalnya saat ini tentang vaksin Covid-19, mudik, atau bisnis saat pandemi.

Tapi tidak harus isu update juga sih. Kita bisa menulis dengan tema lain yang tetap saja bisa menarik. Usahakan tulis secara mendalam atau tuntas ya. Memang tidak mudah sih membuat tulisan yang selesai. Saya masih mengalaminya. Hehe…

 

4. Ganti domain

Kayaknya lebih keren tuh punya blog dengan nama sendiri. Meskipun untuk itu kita harus merogoh kocek. Tapi nggak mahal juga kok. Terutama blog dengan platform blogspot yang nggak harus beli hosting seperti wordpress. 

Saya beberapa kali ganti nama blog sampai akhirnya beli domain yang hanya Rp. 60.000/ tahun. Benar-benar murah kan...

 


#AprilChallenge

#SahabatLAgerunal

 

 

BLANTERLANDINGv101
  1. Aku termasuk di dalamnya pak yang blm memperindah blog.. Hehe.. Terimkasih tulisanya.. Smga aku segera bisa memperindah blog ku.. . Saking trllu asik nulis smp ga perhatikan keindahan blog.. Hehe

    ReplyDelete
  2. Blog pak Padil kereen👍👍

    ReplyDelete
  3. Belum berganti domain. Ingin coba. Apa yang recommended ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak Bu. Bisa Qwords, Sahabat Hosting, Exabytes, dll.

      Delete
  4. Saya juga ingin mempercantik blog sendiri kalau punya caranya beri bocoran dong

    Mohon kritik tulisan saya

    https://hernisbanah.blogspot.com/2021/04/x-yang-tak-berujung.html

    ReplyDelete
  5. Ini nama template nya apa ya pak guru..???

    Kok cakep banget... Ringan lagi...

    ReplyDelete
Kata Pengunjung:

Formulir Kontak Whatsapp×
Data Anda
Data Lainnya
Kirim Sekarang