Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Anda Peternak Blog?

 

Ternak Blog? Wah, apaan itu? Hm,  blogger pasti tahu istilah ternak blog. Ya, dalam dunia perblog-an, ternak blog artinya blogger yang punya banyak blog. Kalau jumlahnya ya tidak pasti. Bisa dibayangkan punya blog yang banyak deh pokoknya.

Sementara, dalam matematika, kata banyak itu mengacu pada jumlah lebih dari satu. Dua sudah dibilang banyak. Tapi kalau cuma 2 blog, menurut saya belum dibilang ternak blog. Itu masih sedikitlah. Hehe...

Dibandingkan dengan beberapa blogger yang punya tiga, empat, bahkan enam blog. Baik platform blogspot maupun wordpress. Belum lagi dia aktif menulis di beberapa platform lainnya.

Apakah ini bisa diidentikkan dengan kesetiaan? Apakah ternak blogger bukan tipe orang yang setia terhadap pasangan atau cinta? Wah, nggak bisa dong. Saya tahu teman saya ternak blogger, tapi dia cinta banget sama pasangannya. Dan nggak dengar tuh dia selingkuh atau semisalnya.

Lalu, mengapa seseorang ternak blog? Banyak alasannya. Saya punya 4 blog yaitu www.supadilah.com, www.aromabuku.com, www.gurupembelajar.my.id, dan www.guruku7.blogspot.com. Tapi, total saya mengelola 8 blog/website, lho. Dan saya punya akun juga di 3 platform menulis.

www.supadilah.com dulu gratisan. Saya belajar blog dari sana. Sebetulnya sudah ada sejak 2007. Tapi belum rutin mengisi. Belum serius mengelola. Saya pakai domain gratis sampai 2017. Wow, lama ya. Jadi 10 tahunlah. Mengapa saya ganti atau beli domain? Di tahun itu juga saya mulai ikut lomba. Nah, syarat lomba, harus domain berbayar. Mau nggak mau, saya beli domain.

Terus, saya kok merasa pengen punya blog yang membranding dan menyemangati diri. Lalu saya bikin www.gurupembelajar.my.id. blog ini juga yang saya pakai buat lomba. Nah, suatu waktu, saya menang lomba. Hadiahnya domain dan hosting. Lha, kalau dipakai di blog yang udah ada kan rasanya mubazir.

Lalu saya buat blog www.aromabuku.com. ini cukup bertahan lama. Saya punya teman blogger yang juga punya banyak blog. Saya rasa dia cukup aman dan nyaman mengelola blognya. Nah, jadi ternak blog merupakan kondisi yang lumrah bagi para narablog atau blogger. Kalau pembaca, punya berapa blog nih? Apa termasuk ternak blog juga?


4 comments for "Apakah Anda Peternak Blog?"

  1. Lanjut Pak yang lain ternak unggas, guru-guru ternak blog

    ReplyDelete
  2. Salut buat penulis bisa mengelola banyak blog.
    Kalau saya satu aja jarang posting

    ReplyDelete