Agak aneh kalau ada orang yang nggak punya media sosial. Ya, zaman now, siapa sih yang nggak maen media sosial? 

 Malahan, banyak yang punya akun media sosial lebih dari satu. Bahkan ada yang enam hingga delapan akun. Wow ...



Manfaatkan media sosial agar menjadi lebih produktif yuk guys. Kita bisa gunakan untuk:

(1) Membagikan materi pembelajaran atau konten pendidikan.  Terutama untuk para guru. Nggak ada salahnya memanfaatkan media sosial untuk pendidikan. Toh, siswa juga banyak yang main media sosial. Nah, kita, para guru bisa juga dengan memanfaatkannya untuk belajar, mengajar, dan mendidik siswa. Bisa dengan tulisan, gambar, meme, atau poster. 

(2) Meningkatkan minat dan bakat. Misalnya dengan belajar fotografi, desain grafis, menulis, dan lainnya. Selain belajar dari media sosial tersebut, bisa juga memposting atau mempromosikan hasil belajar kita itu tadi.

(3) Menebarkan konten positif. Kalau nggak bisa membuat konten positif, kita bisa juga kok dengan menebarkan konten positif. Sekarang kan banyak tuh konten positif di dunia maya. Kita cuma tinggal membagikannya. Eits, jangan lupa, harus hati-hati ya. Jangan sampai kita malah menebarkan hoaks.

(4) Jualan online. Agar bisa menambah penghasilan. Supaya bisa memenuhi berbagai kebutuhan baik kebutuhan pangan, sandang, maupun pendidikan. Mau kan berpenghasilan dari media sosial? Mau jualan sendiri atau jualan orang lain (reseller), manfaatkan media sosial untuk jualan. 


20 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Itulah zaman sekarang tinggal memainkan jari maka semua terbuka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Bu. Ayo kita manfaatkan jari agar lebih produktif. Aamiin

      Delete
  2. Orang sekarang memang tidak bisa terlepas dari yang namanya medsos. Mereka baru terlepas kalau HP-nya hilang atau paket datanya habis, atau WiFinya belum dibayar, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, benar, Pak. Seharian nggak lepas dari handphone. Sejam kurang, dua jam juga kurang.

      Delete
  3. Betul-betul dunia dalam genggaman ya. Tinggal pintar-pintar kita memanfaatkannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Bu. harus pandai-pandai memanfaatkannya

      Delete
  4. Hanya dakam genggaman kita bisa lakukan banyak hal yang bermanfaat. Tetap hati-hati dan waspada

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar, Bu. Harus menebar yang benar. Jangan yang malah merugikan diri sendiri.

      Delete
  5. Terima kasih diingatkan untuk memanfaatkan medsos secara positif. Semoga bisa bijak dalam bermedsos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bu. Semoga bisa dimanfaatkan dengan bijaksana. Aamiin

      Delete
  6. Zaman semakin canggih, apa-apa serba mudah sekarang ini. Tinggal bagaimana kita menyikapinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pinter-pinter memanfaatkan media sosial, ya Pak. Jangan malah rugi dengan kesalahan memakainya.

      Delete
  7. Tetep ya ujung-ujungnya diselipkan wirausaha. Hehe. Keren Pak. Saya jadi mikir ini untuk meluaskan materi pembelajaran di media sosial saya yang lain. Haha semoga kesampaian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. Harus dimanfaatkan (buat marketing) Bu. Hehe

      Delete
  8. Saran dan tips2 yg bagus Pak Padil.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat ya Ambu. Terima kasih sudah berkunjung.

      Delete
  9. Betul sekali... Master, kalau emak fb juga punya 4 akun semua aktif. Isinya beda2 teman. Kita di Era Digital perlu medsos untuk menambah wawasan. Jangan sampai ketinggalan info yg penting. Gunakan yg positif... Keren tulisamnya 🙏👍👍👍👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. 4 Akun? Keren, Emak. Melebihi saya nih. Hehe.. Aktif banget berarti nih

      Delete
  10. Yang point' 4 untuk jualan bisa dilanjut pembahasannya.....paling tidak yang bisa dilakukan oleh guru.. ... hehehe. Salam Literasi Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, ide bagus, Pak. Hehe.. Saya harus belajar sama Bapak kalau ini.

      Delete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post