Siapa yang pengen juara OSN? Cung! Pasti banyak ya yang pengen juara OSN atau KOSN namanya saat ini. Hm, banyak hal positif kalau memang OSN. Mulai dari mengukir prestasi, dapat piala, uang saku, hingga terkenal. 

Kamu juga bisa jalan-jalan ke daerah lain, saat lomba. Dengan begitu, kamu bisa kenal teman-teman dari daerah lain. Belajar dari mereka pula.

Eh, tau nggak. Kalau kamu juara OSN, dapat sertifikat penghargaan, nah sertifikat penghargaan itu bisa lho dipakai untuk mendaftar di kampus. Ya, beberapa kampus nerima calon mahasiswa dari sertifikat penghargaan. Jadi kamu bisa masuk ke kampus itu tanpa tes lagi. Wah, enak atau enak bener? 


1. Pahami Silabus Materi

Pahami semua silabus materi yang digunakan agar proses belajar jauh lebih mudah dan siswa dapat melanjutkan tahap pembelajaran berikutnya tanpa kendala apapun.

Silabus ini juga membuatmu lebih fokus mau belajar apa. Ya misalnya ada 20 materi yang ada di tingkat SMA. Sementara, di silabusnya 14 materi. Jadi, fokusnya mempelajari 14 materi itu. Kamu udah tertolong nggak mempelajari 6 materi yang nggak masuk silabus. Sepakat?

2. Susun Jadwal Belajar yang Strategis



Agar persiapan olimpiade tidak mengganggu jadwal sekolah dan nilai akademik, maka siswa perlu menyusun jadwal belajar yang strategis dan terstruktur dengan baik.

3. Review Materi Hingga Paham

Mungkin tak cukup satu kali mereview. Ya, lakukan review semua materi olimpiade secara berkelanjutan hingga benar-benar paham. Tujuan review ini agar kamu semakin paham dengan materi. 

4. Latihan Soal

Setelah mereview semua materi dengan baik, mulailah latihan mengerjakan soal dari latihan soal tiap bab materi lalu kemudian dilanjutkan dengan soal OSN.

Kamu dapat mengetahui berbagai soal OSN di internet, lho. Bahkan ada pembahasannya pula. So, jangan malas untuk mencarinya. 

5. Disiplin

Disiplin  merupakan kunci utama untuk orang-orang yang ingin berhasil menggapai impiannya. Siswa harus disiplin dalam belajar sesuai dengan jadwal dan materi yang sudah ditentukan. Misalnya kamu sudah menargetkan belajar selama 3 hari per pekan. Maka, target itu harus kamu lakukan. Apapun kondisinya. 

Lalu, kalau ada sesuatu yang tak bisa ditinggal, bagaimana? Nah, kamu bisa mengganti jadwal itu di hari lain. Yang penting satu pekan terpenuhi 3 hari. 

Namun, yang penting adalah rutin. Mulailah disiplin dengan prosesnya. Kalau proses ini dijalankan secara kontinu, juara OSN atau KOSN sangat mungkin kamu raih. 

6. Bimbingan

Kalau belajar sendiri sering mentok. Ada materi yang nggak tahu. Nah, kamu butuh bimbingan. Bisa dari guru di sekolah atau bimbingan belajar. Saran saya sih ada bimbingan khusus. 



Nggak bisa ngandalin belajar di sekolah karena waktunya terbatas. Apalagi guru juga menghadapi siswa lainnya. Kalau kamu mau bimbingan sama guru di sekolah, kamu pilih jadwal di luar itu. 

Ya, kamu bakal semakin ngerti kalau ada pembimbing. Apalagi, kalau pembimbing itu pernah ikut OSN. Artinya, dia punya pengalaman. Nah, pengalaman ini yang bakal dia ajarkan kepadamu. 

Selamat meraih impian menjadi juara OSN ya. Semoga dengan itu kamu bisa mendapatkan banyak ilmu, pengalaman, membawa nama baik sekolah, keluarga, dan daerah. 

3 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Terima kasih tipsnya, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bu. Silakan dibagi jika berkenan. Untuk siswanya mungkin

      Delete
  2. Today I trained Back which was a great session. Fine tuning food intake as I go now just to allow a little variety so I'll try and post a little more, there won't be great changes to start with, I'll be keeping supplements similar also.
    Century Gold Miner - Fun games for school!
    Among Hill Climberis -Action games for kids!
    Redhead Knight- Play free online!
    https://puzzlegamesplay.blogspot.com/

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post