Langkah Memperindah Blog - Halo pembaca. Apakah Anda seorang blogger? Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat. Saya akan menulis langkah-langkah agar blog kita terlihat indah. Apa pentingnya memperindah blog? Bukankah ada prinsip Content is the King? Itu benar juga. Namun, selain konten atau tulisan tentu faktor lain juga berpengaruh.

Jika diibaratkan blog merupakan rumah maka memperindah blog merupakan keharusan agar pengunjung berkesan saat mampir ke blog kita.


 Sumber foto : aset Canva

Jika diibaratkan blog merupakan toko maka memperindah blog merupakan keharusan agar pelanggan betah di toko dan akan kembali berbelanja lagi. 

Keberadaan blog sebetulnya sudah lama. Namun, tetap related hingga sekarang. Walaupun saat ini ada tiktok, reels, podcast atau lainnya tapi blog punya keunggulan yang tidak dipunyai platform tadi. Misalnya keleluasaan memasukkan content dengan durasi atau ukuran yang lebih banyak.

Meskipun, banyak juga yang baru mengenal blog. Termasuk guru. Ya, di masa belajar dari rumah (BDR) akibat pandemi Covid-19, guru dituntut kreatif menggunakan beragam media pembelajaran. Salah satunya adalah dengan menggunakan blog.

Ya, selama ini banyak guru yang memasang materi pembelajaran di blog. Baik itu blog baru atau blog yang sudah lama tapi lama nggak diurus.

Nah, setelah punya blog, ada baiknya lakukan hal-hal ini untuk memperindah blog.

1. Mengganti template

Ini langkah standar sih supaya blog kita lebih cantik. Maklum, template bawaan memang standar banget. Meskipun, template standar ringan juga sih. Nah, ganti deh template. Bisa yang berbayar atau gratisan kok. Saya sendiri mungkin udah 8x ganti template. Hehe..

Template standar juga punya beberapa kekurangan misalnya tidak ada fasilitas read more atau baca selanjutnya yang bisa mempersingkat tampilan postingan blog. Kalau tidak ada ini biasanya blog terlihat sangat panjang. Mata yang melihat pun tidak enak. Hehe..

Meskipun saat ini template standar pun sudah banyak yang pakai read more. Namun, template klasik biasanya juga kurang enak dilihat. 

Lalu bagaimana untuk menggantinya? Nah, pembaca bisa searching saja di google dengan kata kunci 'template keren blogspot' atau sejenisnya. Biasanya bakal muncul banyak pilihan.

2. Lengkapi dengan gambar

Kadang narablog atau blogger memilih gambar seadanya. Atau lebih parahnya nggak melengkapi dengan gambar. Padahal, mata akan enak memandang yang bagus-bagus lho. Kalau bisa jangan gambar yang download  seadanya pula. Banyak kok gambar keren yang gratis. Hanya saja tetap diperhatikan ketentuan dari penyedia gambar. Misalnya harus menyantumkan kreditnya. Itu harus dipatuhi.

Usahakan satu postingan ada gambarnya. Karena ini berpengaruh pada thumbnail blog juga. Tanpa thumbail blog kelihatan kosong. Saat masih pemula saya juga sering lupa. Hehe..

Perhatikan pula format gambar. Pilih sesuai posisi penempatannya seperti horizontal atau vertikal. Ini berpengaruh pada ukurannya.




Oh, iya, dengan cara ini pula saya pernah memenangkan lomba blog tingkat guru se-nasional, lho. Lomba ini diadakan oleh AISEI. Saat itu saya juara pertama dan mendapatkan printer. Alhamdulillah...

Sesuaikan gambar dengan tema tulisan. Misalnya ada beberapa sub judul, gambar tiap sub judul juga harus mengiktui tema sub judulnya. Biar nyambung. Betul?

Apakah harus setiap sub judul ada gambar? Idealnya begitu. Kalau tidak, juga tidak apa-apa. Tapi jangan semua sub judul tidak ada gambar lho ya.

3. Atur Hurufnya

Aturlah huruf, kata, atau kalimat dalam beberapa jenis atau ukuran. Usahakan ada judul, subjudul, dan paragraf. Nggak enak dilihat kan kalau satu postingan hurufnya sama. Kesannya monoton. Atau bisa juga memberikan warna-warna di kata atau kalimat itu.

Pilih juga font yang mudah dibaca. Kalau font bawaan template itu sulit dibaca, ada baiknya diganti saja. Tidak usah karena gaya-gayaan malah kurang terbaca. Bisa-bisa pengunjung malas datang ke blog kita.

4. Atur Tata Letak Tulisan

Ada baiknya perhatikan tata letak tulisan seperti rata kiri, rata kanan, rata tengah, atau rata kanan kiri. Kalau pembaca anggap lebih rapi rata kanan kiri ya buat tulisan kita rata kanan kiri. Meskipun, nggak saklek juga.

Intinya kerapian saja. Akan lebih enak dibaca kalau rapi. Perhatikan juga jarak antar kalimatnya. Kadang, karena copy paste dari handphone kita agak sulit merapikannya. Fasilitasnya pun agak tersembunyi. Jadi harus ada usaha lebih untuk mencarinya. Semangat!

Nah, demikia tips singkat dari saya untuk memperindah blog. Bagaimana? Semakin semangat ngeblog? Semoga iya. Selain rutin menulis blog ada baiknya pembaca menjajal lomba blog.

Menulis blog ibarat latihan. Lomba blog ibarat pertempuran. Dengan ikut lomba blog kita akan terpacu membuat tulisan yang lebih berkualitas. Juga membuat tulisan yang lebih panjang, mengikuti ketentuan lomba blog. Kalau biasanya menulis blog dengan jumlah kata semau sendiri, di lomba blog kita nggak bisa begitu. Harus mengikuti ketentuan penyelenggara blog.

Siap menjajal kemampuan dalam lomba blog? Kebetulan ada lomba yang diadakan oleh Aplikasi Super. Ya, Apikasi Super sedang kontes blog dan kontes menulis yang bernama Super Bercerita. SUPERBercerita merupakan kontes terbuka yang diperuntukan bagi para Blogger Indonesia melalui sebuah kreativitas dalam bentuk artikel.

 


Enak banget ya nulis dapat duit. Silakan kulik informasinya di link berikut ya.

Lomba SUPERBercerita.




7 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Terima kasih tips dan infonya, Pak. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, Bu. Semoga bermanfaat ya. Semangat ngeblog! Hehe

      Delete
  2. Wah ilmu bagus ini. Makasih ya sudah berbagi..

    ReplyDelete
  3. Nah, gambar kadang pasang seadanya. Makasih ya, Pak!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. biasanya pengen segera tayang ya Pak D. Kalau kurang pas kan gimana gitu. Hehe

      Delete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post