Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

7 Hal Yang Membuatku Bangga Jadi Blogger

 

Burung beo di atas pager

makan semut satu-satu

Aku bangga jadi blogger

Walaupun penghasilan tak menentu

 

Halo, selamat datang di blogku. Blog yang sudah ada sejak 2007 lalu. Berarti umurnya 14 tahun. Kalau manusia, dia sedang SMP. Ya, blog ini sudah lama. Tapi saya kurang aktif mengelolanya. Kadang sebulan sekali atau tiga bulan sekali mengisinya. Dulu aku belum tahu apa saja manfaat blog. Aku tidak tahu kalau dari blog bisa menambah penghasilan.

Di tahun 2019 aku aktif menulis di blog. Saat itu ada lomba blog. Aku ikut walaupun belum tahu trik menang lomba. Aku maju dengan seadanya. Di lomba pertama kali aku dapat urutan 78 dari 470 peserta.

Setelah itu aku  belajar dari para juara. Aku baca tulisan para juara. Aku  belajar dari mereka. Jalan tercepat menjadi juara adalah belajarlah dari para juara.

Istilahnya ATM atau amati, tiru, dan modifikasi. Boleh juga ditambah menjadi ASUS atau Amati, Susuli, Ungguli, dan Sempurnakan.

Setelah itu, tulisan saya membaik. Saya jadi tahu apa saja yang harus dicantumkan dalam postingan. Saya dapat beberapa kesimpulan, kalau mau menang:

  1.  Tulisan harus menarik, bermanfaat, punya kekuatan dalam kata-katanya
  2.  Tulisan harus lengkap. Ada gambar, infografis, video, dan lainnya
  3.  Tulis dari sudut pandang yang unik atau berbeda.
  4.   Usahakan punya pengalaman dan keahlian dalam tema lomba.

Perlahan saya meraih juara pada lomba-lomba blog berikutnya. Dari lomba blog saya bisa mendapat uang jutaan rupiah, smartphone, bahkan laptop lho. Pembaca bisa lihat beberapa prestasi saya di sini.

Ternyata selama ini ngeblog bisa banget menambah menghasilkan. Ada bloger yang sudah punya seratusan prestasi dari lomba blog. Saya tahu saat berkunjung ke blog mereka. Biasanya di blog itu dicantumkan penghargaan atau achievement-nya.


Penghasilan Bukan Hanya Dari Lomba

Bukan hanya dari lomba saja para bloger atau narablog bisa meraih penghasilan. Bisa juga dari hal lainnya. Misalnya dari mengisi acara. Nah, inilah yang saya alami pada pertengahan Juli lalu. Saya diminta menjadi narasumber oleh LPMP Banten dengan tema ngeblog mencerdaskan. Dilakukan secara daring via zoom meeting.

Saya kaget karena dua hal. Pertama, undangan itu dari lembaga penjamin mutu pendidikan (LPMP). Sebuah instansi ternama di ranah pendidikan.

Kedua, jumlah audien yang mencapai 1000 orang. Meskipun daring, saya gugup juga kalau dilihat orang sebanyak itu.


 

Ada pesan selanjutnya yang membuat saya semringah. “Saya minta CV, No NPWP dan NO Rekening ya Pak. Buat SPJ Keuangan.”

Sudah bisa ditebak buat apa ya nomor rekening itu? Dan tak berapa lama setelah acara, ada transferan sejumlah uang di rekening saya. Jumlahnya lumayan. Bisa untuk mentraktir anak dan istri serta beli beras juga.

 Saya memang banyak dapat juara selama pandemi ini. Ya, pandemi membuat kita sering di depan laptop. Hikmahnya saya jadi tahu banyak lomba. Lalu saya ikut banyak lomba. Dan akhirnya banyak juara pula.

 

Selain hal di atas, banyak sekali lho, manfaat menjadi bloger.

1. Menyampaikan opini

Masih ingat kapan mulai work from home atau bekerja dari rumah? Atau school from home? Pemerintah mengeluarkan kebijakan tentang belajar dari rumah (BDR) yang dimulai pada 12 Maret 2020.

Karena mendadak, maka banyak yang gagal dengan perubahan itu. Termasuk orang dan guru. Selama pandemi, Orang tua capek mendampingi anak belajar daring. Di awal mendampingi, orang tua masih bisa sabar. Lama kelamaan, habis juga kesabaran orang tua. Mengapa? Karena orang tua juga harus WFH. Perhatian terbagi antara pekerjaan dan mendampingi anak.

Orang tua uring-uringan. Kesal dengan anak yang tidak juga paham dengan tugas sekolah. Orang tua sudah mengarahkan tapi anak tidak kunjung paham. Jika sebelum pandemi, mendidik anak diserahkan kepada guru atau sekolah. Saat pandemi, orang tua jadi guru buat anak-anaknya.

Sering kan lihat video tentang kesalnya orang tua saat mengajari anaknya? Juga sebaliknya, orang tua juga sudah angkat tangan mendampingi anaknya.

Saya pernah menuliskan opini saya tentang BDR. Selama pandemi ini kita harus bijaksana. Bagaimana pun kualitas BDR tidak bisa disamakan dengan pembelajaran tatap muka (PTM). Orang tua jangan terlalu memaksa anaknya untuk paham dengan materi atau tugas sekolah.

Saya memang tidak tahu berapa orang dan siapa saja yang membaca atau terpengaruh dengan tulisan itu. Tapi yang penting saya sudah nulis. Semoga ada yang mendapat manfaat dari tulisan itu.

2. Berbagi Ilmu

Saya pernah menulis tentang kontrak belajar daring. Ternyata pembacanya banyak. Seneng dong kalau tulisan kita bermanfaat bagi orang lain.

Saat ini, tulisan itu telah 5063 kali tampil. Amazing bagi saya. Padahal dulu nggak baca dibaca. Setelah satu bulan diposting, hanya ada 47 pembaca. Setahun kemudian menjadi berlipat- lipat jumlah pembacanya. Senang banget bisa berbagi ilmu. Ibaratnya kamu diakui oleh orang lain. Hehe ..

 


Lain waktu ada pesan masuk. Dia seorang siswa sebuah sekolah negeri di Jawa. Menanyakan materi trigonometri pada postingan yang saya buat. Dengan senang hati saya jelaskan lagi. Dia pun bertanya tentang sebuah soal dari sekolahnya. Seneng banget rasanya.

Pernah juga saya menulis tentang “Cabang-cabang ilmu Fisika”. Pernah menempati halaman pertama pencarian Google. Saat ini masih di page one.

 3. Bisa Mempengaruhi Orang

Suatu hari ada ibu-ibu yang emosi curhat di grup sekolah. Dia geram karena ada beberapa anak muda yang mabuk-mabukan di depan gedung DPRD di kota saya. Katanya, ada perempuan juga. Dia menyayangkan kenapa tidak ada aparat yang menegur atau mengusir mereka.

Lalu curhatan itu saya tulis. Tapi bukan hanya berbekal kronologis yang diceritakan sang ibu. Saya sendiri sering melihat anak muda yang nongkrong di sana sampai tengah malam. Jadi saya membenarkan curhatan si ibu.

Saya tambahkan dengan foto yang menggambarkan lokasinya. Setelah diposting, saya bagikan ke grup WA dan di media sosial. Postingan saya itu dibaca sebanyak 300-an. Malamnya, Satpol PP terlihat berjaga-jaga di tempat itu. Tentu saja ada yang pro dan kontra dengan tulisan itu. Ada yang membela juga ada yang mengkritik kenapa tidak langsung ditegur saja. Tapi asal itu untuk kebaikan, harus berani dikritik.

4. Promosi Bisnis atau Usaha

Saya seorang guru. Istri saya dosen. Tapi kami tak bisa mengandalkan gaji bulanan. Kami juga berbisnis. Punya usaha rumahan. Kami punya usaha minuman herbal. Tepatnya British Propolis.

Dua kali saya menulis tentang produk usaha kami. Banyak juga yang baca. Ada banyak keuntungan lho promosi lewat website.

Pertama, pasarnya semakin luas. Kalau usahanya offline mungkin paling banter pasarnya satu daerah misalnya satu kecamatan atau satu kabupaten saja. Tapi, kalau usahanya online maka dari daerah lain pun bisa tahu.

Misalnya pasang baliho besar. Yang tahu kan cuma yang lewat di jalan atau daerah itu. Padahal, sewa baliho itu mahal lho. Memang sih tergantung ukuran, durasi pemasangan, dan lokasi. Rata-rata Rp. 5 juta hingga Rp. 40 juta.

Kedua, biaya promosi murah. Dibanding sewa baliho, promosi di website atau blog jauh lebih murah. Nggak sampai Rp. 200 ribu bisa setahun atau lebih. Anggap biaya perpanjangan domain dan/atau hosting yang biasanya Rp. 150 ribu hingga Rp 500 ribu. Lebih murah, kan? Apalagi pasarnya lebih luas daripada baliho tadi.

Dua postingan tadi cukup banyak pembacanya. Ada yang 700-an bahkan ada yang 1000-an pembacanya. Nah, lumayan juga kan.

Ketiga, tak mengenal kedaluwarsa. Selama blognya masih aktif, selama itu pula kita bisa promosi. Tanpa takut ditertibkan oleh apparat (kalau baliho sudah kedaluwarsa biasanya sering dicopot aparat) atau diganti dengan baliho lain.

5. Berbagi Pengalaman

Saat pandemi saya dan keluarga sebetulnya sudah menikah tetap menerapkan protokol kesehatan. Hampir jarang sekali kami keluar rumah. Kalau memang nggak perlu-perlu banget. Kami jalan-jalan wisata ataupun belanja ke tempat-tempat ramai. Kalau keluar juga selalu menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.

Saya pun mengikuti vaksinasi lengkap 2 kali. Tapi, sudah vaksin bukan berarti bebas dari Covid-19. Bulan Juli 2021 saya dan keluarga harus menjalani isolasi mandiri atau isoman. Kami pikir dari mana ya kami kena? Antara sekolah dan tamu yang datang ke rumah.

Pagi-pagi istri saya mengalami anosmia atau kehilangan penciuman. Kalau istri saya anosmia, bagaimana dengan saya?

Lalu saya mencari parfum dan berusaha mencium baunya. Ternyata penciuman saya juga hilang. Lalu kami memutuskan untuk isoman selama lebih dua pekan. Pengalaman isoman itulah yang saya tuliskan sebuah blog.

Ada teman yang membaca tulisan saya. Ketika dia  mengalami gejala-gejala Covid-19, termasuk anosmia,  dia memutuskan untuk langsung isoman. Jadi nggak harus ke rumah sakit. Lagian, saat itu rumah sakit memang sedang penuh-penuhnya. Pasien membludak. Bahkan kalau pasien datang, harus antre di tenda di luar ruangan rumah sakit.


7. Melatih Kemampuan Menulis

Ada banyak media yang bisa menerima tulisan. Baik itu koran cetak, media online, atau platform kepenulisan seperti Kompasiana, kumparan, retizen, dan lainnya.

Tapi, untuk latihan menulis, blog merupakan tempat yang paling tepat. Mengapa?

Menulis di blog itu pasti dimuat. Karena selain sebagai penulis, kita juga redaksinya, kita juga sebagai pemilik medianya. Hehe…

Apapun jenis tulisannya bisa diterima redaksi. Nah, kalau di platform menulis lainnya, kan belum tentu dimuat. Kadang mereka membatasi sesuai tema tertentu atau sesuatu visi misi medianya.

Agar Semangat Ngeblog


Tidak dimungkiri, sering para bloger hilang semangat mengurus blognya. Menurut saya ini wajar. Hey, aktivitas apapun punya kecenderungan bosan, benar? Termasuk ngeblog. Apalagi, ngeblog itu kan identik dengan menulis. Menulis itu pekerjaan yang gampang-gampang mudah. Aktivitas yang menguras energi menguras pikiran. Wajar kalau kadang ketemu kesulitan yang membuat lemah semangat. 
Memulai itu gampang. Konsisten itu yang menantang.

Selain itu, semangat ngeblog bisa turun karena dua hal.

  • Sedikit pengunjung
  • Sepi komentar

Biasanya dua hal di atas. Eits, tapi jangan menyerah. Yakinlah setiap hobi yang ditekuni akan menghasilkan. Selain itu, kita harus temukan cara biar terus semangat ngeblog.

Biar semangat ngeblog, sebaiknya Anda bergabung di komunitas blog. Kita bisa saling belajar tentang blog. Selain itu, biasanya ada di komunitas blog ada blog walking. Para bloger saling berkunjung dan meninggalkan jejak berupa komentar. Nah, pembaca atau pengunjung blog kita pun bertambah.

Nggak cuma itu saja, dengan blog walking, blog kita pun semakin interaktif. Biasanya dalam program blog walking itu kan saling berkunjung dan berkomentar. Kalau blog kita ada yang berkomentar biasanya membuat kita semakin semangat menulis. Yakin deh!

Komunitas blogger juga biasanya juga ada grup WhatsApp. Nah, di sana kita bisa saling belajar. Saling mengoreksi dan berbagi ilmu tentang blog. Percayalah, ilmu tentang blog kita bakal semakin meningkat.

Saya bergabung di tiga komunitas blogger. Ada grup Cakrawala Blogger Guru Nasional atau Lagurenal (187 anggota), ada grup Sejuta Guru Ngeblog (246 anggota) dan Blog Walking Asyik (BWA).

Nah, supaya jumlah pengunjung blog kita semakin banyak, jangan lupa promosikan blog kita. Bisa ke lembaga tempat kita bekerja. Atau promosikan tulisan atau link-nya ke media sosial kita seperti facebook, instagram, atau twitter untuk menjaring pembaca yang lebih luas lagi.

 Selain itu, yang tidak kalah penting adalah menguatkan niat. Apa niat kita ngeblog? Apakah untuk mencari penghasilan, latihan menulis, atau berbagi kebaikan. Niat ini sangat berpengaruh pada sikap kita nantinya kalau sepi atau tidak pengunjungnya.


 


Saya meniatkan ngeblog sebagai latihan menulis, supaya skill menulis semakin terasah. Bagi saya, penghasilan itu bonus lebih. Konsisten saja menulis. Kalau memang tulisan pantas, ada saja kok rezekinya. Bahkan bisa lho menulisnya di blog eh dapat job-nya di luar blog ini. 

Bulan Agustus ini saya dapat proyek menulis. Lumayan jumlahnya. Dari 3 tulisan saya mendapat Rp. 1.400.000. Menulisnya bukan di blog tapi di platform menulis lainnya. Nah, kalau memang rezeki, blog bisa jadi sarana saja.



Memanfaatkan Dunia Digital

Semuanya serba Online. Teknologi berkembang pesat. Sadar atau tidak banyak hal beralih ke online. Termasuk bisnis. Bisnis yang di-online-kan semakin maju.

Sekarang tuh bisnis gampang enak banget. Bermodal handhpone saja bisa. memanfaatkan media sosial bisa untuk jualan. Tidak memerlukan biaya yang besar. Cukup kuota internet saja.

Bandingkan dengan jualan offline. Kita harus mencari tempat. Sekarang ini menyewa tempat sudah mahal harganya. Di tempat saya saja pasarannya Rp. 20 – 40 juta per tahun. Kurang cocok untuk bisnis pemula. Kenapa? Baru mau mulai saja sudah harus menyiapkan dana sebesar itu.

Belum lagi biaya operasionalnya. Perlengkapan, peralatan, gaji karyawan, biaya listrik, air, dan lainnya. Baru mulai sudah kelihatan besar sekali modal yang harus disiapkan.

Jadi, paling mudah memang bisnis online. Toh, sudah banyak juga pebisnis yang sukses lantaran berjualan secara online. Prinsipnya, kalau orang lain bisa juga melakukannya, Anda juga bisa melakukannya. 

Kabar baiknya, sekarang ini siapa saja bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan mudah. Lho kok bisa? Saya kasih tau nih ya. Dengan adanya Aplikasi Super kita dapat menghasilkan cuan dengan mudah dan gampang. Saya sangat merekomendasi Aplikasi Super untuk memulai, menumbuhkan, dan mengembangkan bisnis Anda juga.  

Ada 5 keunggulan Aplikasi Super sebagai pilihan cerdas untuk kulakan berbagai kebutuhan sehari-hari.

1. Satu Aplikasi untuk Semua 


Ya, Aplikasi Super menawarkan kenyamanan menjual berbagai macam barang kebutuhan pokok dan barang digital. Hanya 1 aplikasi, kita dapat kulakan berbagai barang. Aplikasi Super merupakan agen yang menyuplai aneka kebutuhan sehari-hari bahkan dengan harga yang murah dan gratis pengiriman. Enak atau enak banget? 

2. Aplikasi yang Kredibel

Kredibilitas lembaga memang menjadi pertimbangan dalam melakukan transaksi. Tapi tenang saja, Anda tak usah kuatir karena Aplikasi Super sebagai penyelenggara sistem elektronik yang telah terdaftar di Menkominfo. Sehingga aktivitasnya pun sudah mendapatkan payung hukum. Bertransaksi pun semakin aman dan nyaman.

3. Ilmu Kulakan Update Terus

 

Merasa pengetahuan terbatas? Merasa minder karena nggak bisa ikuti perkembangan teknologi? Jangan cemas. Aplikasi Super punya berbagai informasi buat kita agar terus update ilmu seputar kulakan. Karena ada mitra Super Center yang akan terus memajukan agen, pedagang, dan toko kelontong melalui 3P: Pelatihan, Pendapatan tambahan, dan Promosi.

Pendampingan seperti ini sangat bagus. Kita akan selalu dibimbing agar terus sukses dalam kulakan.

Selain itu, berbagai ilmu gratis bisa kita dapatkan pula pada fitur blog Aplikasi Super.

Misalnya di sana ada artikel Beda Tepung Terigu Protein Rendah, Sedang & Tinggi + Merknya, 1 Kodi Berapa Buah? Begini Hitungan yang Paling Mudah, Manfaat Baking Soda, Daftar Merek & Harga Terlengkap 2021, 10 Rekomendasi Merek Mentega & Harga Terbaru 2021, bahkan ada artikel tentang parenting, dan lifestyle. Lengkap deh.

 

4. Menjadi Super Agen. Nol Modal, Untung Jutaan

Untuk Anda yang ingin meraih tambahan penghasilan yang menggiurkan, perlu banget tergabung di Super Agen. Super Agen merupakan program kemitraan dari Aplikasi Super yang bisa dilakukan bagi kita untuk mendapatkan penghasilan. Super Agen akan menjual berbagai produk kebutuhan sehari-hari. Baik itu menjadi agen sembako super atau agen frozen food super, dan bahan lainnya.

Super Agen bisa mendapatkan bonus menarik berupa komisi penjualan, terutama jika giat melakukan penjualan dan juga bisa mendapatkan pelanggan tetap. Bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan hingga Rp 5 juta setiap bulannya.



Untuk bergabung menjadi Super Agen ini tak perlu modal. Bagi Anda yang berdomisili di Kota Surabaya, Sidoarjo, Malang, Batu, Gresik, Pasuruan, Lamongan dan Mojokerto cukup mendaftar saja. Setelah itu cari pelanggan. Manfaatkan media sosial untuk mencari pelanggan, kemudian fokus menyalurkan sembako kepada masyarakat.

 

5. Super Bohay, Potongan harganya Besar, Hingga Gratis Ongkir

 
Dengan belanja di website Aplikasi Super untuk bisa mendapatkan voucher Super Bohay PDKT.  Gunakan kode voucher SUPERBOHAYPDKT untuk mendapatkan diskon Rp10.000 dengan minimal belanja Rp100.000. HANYA untuk 250 orang pertama!

Beberapa syarat dan ketentuan yang harus Sedulur ketahui untuk bisa belanja di Aplikasi Super dan mendapatkan Super Bohay PDKT adalah:

  • Khusus untuk Sedulur Super di Surabaya & Sidoarjo.
  • Gratis ongkir dengan minimal belanja Rp 100.000.
  • Biaya ongkir sebesar Rp 10.000 jika belanja di bawah Rp 100.000
  • Bergaransi 100%, jika ada barang yang rusak akan diganti. Kualitas terjamin.
  • Menerima pembayaran cash on delivery (COD)

Nah, bagaimana? Sudah tertarik untuk Belanja Kebutuhan Sehari-hari di Aplikasi Super? Mau belanja kebutuhan sayur, bahan dapur, produk susu,  buah, daging hingga frozen food super di Aplikasi Super. Ayo nikmati pengalaman dan rutinitas Belanja Super Mudah dengan menggunakan Aplikasi Super. Barang-barang kebutuhan pokok ini pasti laku karena pasti dibutuhkan oleh orang sebagai konsumsinya sehari-hari. Sediakan barangnya. Pelanggan akan datang. Nah, tunggu apalagi?

 

Jadi, meskipun di tengah pandemi kita akan tetap berpenghasilan. Seperti halnya saya yang awalnya khawatir dengan kondisi pandemi yang akan memberi dampak pada keuangan keluarga. Tapi syukurlah hingga saat ini masih bisa bertahan dan tidak tumbang.

Peluang usaha sungguhlah bertebaran. Yang penting kita harus jeli menatap peluang menjadi penghasilan. (*)
 
 

Facebook aplikasi super

Linkedin aplikasi super

Website dan blog aplikasi super 

Youtube aplikasi super

Tiktok aplikasi super

Post a Comment for "7 Hal Yang Membuatku Bangga Jadi Blogger"