Dua tahun belakangan saya aktif ngeblog. Berkat pandemi yang mengharuskan lebih sering di depan laptop. Daripada hanya menyimak webinar sembari berburu sertifikat ketika ada tawaran dari teman untuk bergabung di komunitas maka saya langsung mengiyakan.


Saya pikir mudah-mudahan dengan bergabung di komunitas itu pengunjung blog saya semakin banyak. Kalau blog sepi pengunjung itu bikin miris. Lama-lama malas menulis juga. 

Dan benar bergabung di komunitas itu  membuat blog  hidup kembali.  Dari yang semula mati suri atau blog yang sudah dipenuhi sarang laba-laba.Biasanya dalam satu postingan itu 17 hingga 34 pengunjung. Bahkan ada yang cuma 5 pengunjung saja. 

Saya sudah merasakan betapa sedihnya blog yang tak dikunjungi. Karena itu sebisa mungkin kalau ada teman menshare link blog-nya Saya berusaha untuk mengunjunginya. Kalau sempat saya sempatkan untuk berkomentar. Benar ketika berkunjung saya niatkan untuk sedekah viewers. 




Refleksi ke diri sendiri. Kalau kita senang dikunjungi maka kita harus senang pula mengunjungi. Aktivitas blog lumayan banyak. Bukan hanya menulis blog tapi juga blogwalking, blog hunter lomba blog, dan lainnya. 

Pengetahuan blog saya makin bertambah ketika bergabung di grup blok guru Lagurenal. Meskipun pengucapannya juga kurang mudah diucapkan. Hehe... 

Tapi di Lagurenal saya mendapatkan teman yang semakin luas. Saya belajar tentang semangat, ketelitian, pengorbanan, dan kehangatan pertemanan. 

Banyak di antara beliau-beliau yang jadi pemantik semangat. Banyak anggota Lagurenal yang juga sepuh. Kalau mereka bisa maka saya pun harus bisa. Baik bisa aktif menulis maupun bisa berkarya juga. 

Pada peringatan Hari blogger nasional 27 Oktober 2020 kemarin komunitas mengadakan video meeting. Meskipun yang hadir belum maksimal tapi sebagai awal bertemu harus diapresiasi. 

Sebentar lagi Lagurenal akan berulang tahun. Kita nantikan, apakah ada acara yang heboh atau sepi-sepi saja? Hehe... 

 
Sebagai pengingat diri, saat bergabung di komunitas harus banyak sabar, jangan baperan, harus enjoy aja. Ingat tujuan bahwa berkomunitas tujuannya memperbanyak teman. 

Lagurenal apakah salah satu komunitas blog yang banyak memberikan perubahan besar pada diri saya. Mudah-mudahan Lagurenal semakin mengembangkan sayapnya. Aamiin

Blogger Baik Hati

Mari kita saling support sesama blogger. Saat jadwal blog walking Ayo kita kerjakan dengan sebaik mungkin. Mari kita kunjungi blog teman dan kita berikan komentar positif. 

Apresiasi itu merupakan energi. Akan memberikan semangat kepadanya untuk terus  melakukan lagi dan lagi. 



Apalagi kalau dia sudah lebih dulu berkunjung dan memberikan komentar di blog kita maka kita jangan sampai tidak membalasnya. Ibarat silaturahim saja. Kalau orang sudah main ke rumah kita maka kita usahakan untuk main juga ke rumahnya. 

Apalagi sekadar berkunjung barang semenit dua menit. Hanya membutuhkan kuota dan daya baca saja. Pasti bisa ya?

Kita bisa menjadi blogger yang baik hati dengan melakukan itu. 

11 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Aamiin... Setuju Pak...kita enjoy masuk komunitas ini... Banyak teman, banyak ilmu, tidak pelit untuk berbagi. Salam literasi Pak Guru Padil yang selalu menginspirasi sukses untuk karya-karyanya. Semangat

    ReplyDelete
  2. Aku sih yess ya Pak Padil, nggak tahu klo Mas Anang. 😁

    Terimakasih sudah mengingatkan 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeuh, Pak Nanang eh Pak Anang jadi penentuan ya Bu. Mudah-mudahan kasih golden ticket ya

      Delete
  3. Yap, benar, blogwalking ibaratnya bertamu ke rumahnya orang. Akan lebih bagus jika yang tadinya dikunjungi, balas mengunjungi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, betul, Pak. Mudah-mudahan bisa saling mengunjungi ya

      Delete
  4. Apresiasi adalah energi..

    Saya setuju Pak Padil.

    Saling mengunjungi, maka akan sama-sama merasakan keberkahan dan sedekah viewer.

    Sehat selalu Pak Padil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak. Seneng ya kalau dikunjungi. Meskipun bukan itu tujuan kita menulis. hehe... Apalagi kalau dikunjungi guru kece kayak Pak Indra...wah, seneng banget saya...

      Delete
  5. Menemukan nama baru di sini, lagurenal. Mungkin maksudnya Lagerunal, ya, Pak. Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. Semoga saya jadi rajin ngeblog..

    ReplyDelete
  7. Betul Pak Padil, tambah semangat menulis dengan bergabung di komunitas Lagerunal.

    ReplyDelete
  8. Saya jadi pengen gabung di group blog guru Lagurenal ini. Bisakah mas padil. Sudah kujapri di WA. Hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post