Ganes sering berbohong. Anak yang duduk di bangku sekolah dasar ini berani berbohong ke banyak orang. Hanya sedikit daftar orang yang tak berani ia bohongi. Saat ditanya ke mana ayahnya, maka dia menjawab dengan jawaban bohong, dan mengalihkan pembicaraan atau bergegas pergi. Tak mau ditanya lebih jauh lagi.




Ayahnya menghilang. Tapi ke mana? Dan apakah benar lewat buku sang ayah pergi? Tak ada kepastian di mana dan kapan ayah akan kembali. Namun, Ibunya sangat yakin bahwa sang ayah akan kembali pada waktunya.

Ibunya hanya mengatakan bahwa sang ayah pergi ke jalan lurus yang melingkar. Jawaban ini membuat Ganes bingung. Meskipun tiap tidak pintar benar dalam matematika setahu dia, jalan lurus tidak akan melingkar. Dan jalan yang melingkar tidak akan pernah lurus.

Inilah yang hendak dipecahkannya. Dia harus berjibaku pula dengan masalah yang dihadapi. Ayahnya seorang penulis. Meninggalkan jejak berupa verse novel yang menceritakan kisah kerajaan Cakrawala. Sebuah kerajaan yang kini dipimpin oleh seorang anak kecil usia 16 tahun,  Kerajaan Cakrawala sedang menghadapi situasi genting. Karena rajanya masih kecil, membuat kerajaan-kerajaan sekitar hendak  menyerbu kerajaan Cakrawala.

Namun, sebuah ramalan mengatakan bahwa Raja mudah akan memakmurkan negeri dan melampaui harapan jika didampingi ibu suri. Padahal ibu dari raja muda sudah meninggal. Lalu siapakah yang disebut ibu suri?

Penasehat raja mendapatkan petunjuk ada seorang ibu yang kebetulan bernama Suri di perbatasan kerajaan. Sang penasehat hendak membawa Ibu Suri untuk mendampingi raja muda agar ramalan kuno itu terwujud.

Saat hendak membawa Ibu Suri, sang penasehat justru tertahan di perbatasan itu dan bisa kembali setelah tiga tahun berikutnya.

Buku ini sangat bagus untuk anak-anak. Dalam bentuk verse novel yang masih jarang ditemukan di Indonesia. Perpaduan antara sajak dan novel yang pas sehingga ringan dibaca untuk anak-anak. Meskipun ringan bacaan ini sangat berbobot untuk anak karena memancing imajinasi anak-anak dengan cerita yang disajikan.

 

Bagi orang tua yang mencari bacaan bermutu untuk anak-anaknya maka novel ini ini sangat direkomendasikan. Anak-anak akan dihadapkan pada petualangan yang seru dan yang terpenting adalah membawa nilai-nilai karakter baik untuk anak.

 

Keseruan petualangan bersama sahabatnya Jatayu juga Kusagra sayang sekali untuk dilewatkan. Jatayu, seorang anak perempuan yang sudah lima tahun ditinggal ibunya. Menyimpan rahasia ke mana sang ibu pergi.  Kesedihan dan kehilangan Ayu sebesar sepuluh kali yang dirasakan Ganes.

Ada masalah yang tidak biasa. Ayah yang tidak terlihat, teka-teki yang harus dipecahkan, dan misteri siapa si pembuat masalah itu (halaman 45).

Mereka harus menunggu Gerbang Rahasia terbuka lagi. Mereka menunggu siklus tiga tahunan. Dan saat itu tiba saat bunga cempaka kembar kembali berbunga. Saat itu usia Ganes 12 tahun. Kerajaan Cakrawala ibarat membuat masalah, tetapi kuncinya ada pada mereka.

Meskipun sudah bisa masuk Gerbang Rahasia, masalah tidak bisa diselesaikan dengan mudah. Mereka masuk ke Kerajaan Cakrawala dalam kondisi genting. Pasukan kerajaan memburu mereka. Menganggap mereka pengacau yang perlu dibasmi.

Mampukah ketiganya menyelamatkan kerajaan Cakrawala dari penguasa zalim? Buku ini sangat menarik untuk dibaca. Ada banyak cara cara dalam menumbuhkan karakter pada anak salah satunya lewat buku bacaan. Dan buku ini memberikan porsi yang tepat untuk anak-anak.

Judul Buku                  : Garuda Gaganeswara (Teka-Teki Jalan Lurus Melingkar)

Penulis                        : Ary Nilandari

Penerbit                       : Alif Republika (Imprint Republika Penerbit)

Cetakan                       : Pertama, November 2020

Jumlah Halaman         : vi+250 halaman

ISBN                           : 978-602-518-2983

Peresensi                     : Supadilah



 

2 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Seruuu...
    Jadi pengen tahu apa yang terjadi pada halaman 45

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe..iya Pak. meskipun novel anak, lumayan menghibur. Hehe

      Delete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post