Master Ton dalam ebook ini mengingatkan bahwa pebisnis tidak semata mengejar keuntungan materi, tapi juga termotivasi bisa memberi manfaat bagi masyarakat.

Kalau tidak, bisa jadi pekerjaan tidak berkah. Misalnya, dulu saat beliau masih kerja di bank, ada atasan yang menggelapkan nasabah bank. Wah, cerita seperti ini benar adanya ya. Padahal, gaji mereka besar juga. Lalu kenapa mau berbuat zalim seperti itu?

Pemisahan antara kehidupan dan keimanan jadi penyebabnya.

Lalu beliau bertemu komunitas PPQ. Menyadarkan bahwa dalam bisnis ada 2 ikhtiar.

Pertama, ikhtiar bumi. Terkait langsung dengan teknis penjualan, seperti belajar internet marketing, whatsapp marketing, direct marketing dan lain-lain.

Kedua, ikhtiar langit. Logikanya, “Kalau kita mau mendapatkan rezeki, sudah sepatutnya kita mendekatkan diri pada yang memberi rezeki.”

Kalau tujuan mengejar dunia, maka kita dapat dunia. Kalau tujuan kita dunia dan akhirat maka kita akan mendapatkan dunia dan akhirat. Jadi mau yang mana?

Aktifitas yang kita lakukan pasti ada nilai ibadahnya, bukan semata-mata mencari uang, termasuk bisnis. Kita diberi kesempatan hidup di dunia ini hanya sekali. Karena itu wajib untuk dimanfaatkan untuk bisa berkarya dan memberikan kontribusi bagi banyak orang.

Tugas kita adalah dakwah. Aapapun aktifitasnya, harus menjadi teladan.

 

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post