Alhamdulillah kemarin saya mendapatkan juara 3 lomba blog yang diadakan oleh Creatonme.  Creatonme adalah lembaga pelatihan dalam bentuk gamifikasi.



Untuk naskah lombanya bisa dibaca di sini. Intinya adalah menggunakan Game dalam pembelajaran. Mungkin kita semua sudah atau masukan game dalam pembelajaran akan membuat pembelajaran semakin menarik dan menyenangkan. Tapi masalahnya adalah gimana caranya?


Inovasi dalam pembelajaran sangat penting. Salah satunya dengan memasukkan unsur game dalam pembelajaran itu.

Apa saja yang bisa kita lakukan untuk inovasi dalam pembelajaran?

Inovasi tidak harus menggunakan teknologi. Apalagi menggunakan teknologi tingkat tinggi. Misalnya menggunakan komputer robot dan lainnya.

Mendengar kata inovasi pasti terbayang perubahan. Kita meninggalkan sesuatu yang menjadi kebiasaan. Lalu memasukkan unsur kebaruan. Misalnya yang selama ini kita menggunakan metode ceramah saja dalam pembelajaran, lalu kita mengadakan pembelajaran dengan praktik.


Inovasi Dalam Pembelajaran Matematika


Misalnya dalam pembelajaran matematika materi sistem persamaan linear dua variabel. Jika dulu kita membahas soal-soal yang ada di buku, lalu sekarang, guru mengajak siswa ke warung dan menebak harga jajanan yang dibeli.


Inovasi dalam pembelajaran fisika



Pelajaran Fisika seringkali menjadi momok bagi siswa. Banyak penyebabnya. Salah satunya adalah karena fisika banyak sekali rumus-rumus yang perlu dihafalkan. Kalau dihitung-hitung dalam satu buku itu bisa ada ratusan rumus, lho. Padahal belajar Fisika itu tidak melulu rumus-rumus.


Buatlah pembelajaran menjadi menyenangkan. Satunya adalah dengan praktik. Apa yang bisa dilakukan pada praktikum pembelajaran fisika?


Saya jadi ingat membuat roket air. Waktu SMA dulu, kegiatan ini jadi favorit kami. Pertama, karena kami keluar kelas. Kami sudah bosan terlalu sering di dalam kelas. Saat keluar kelas ruangan belajar menjadi semakin luas. Kami bisa menghirup udara segar. Pandangan pun tidak lagi terbatas. Kedua, kami bebas bergerak. Karena bergerak itulah badan menjadi segar dibanding hanya duduk di dalam kelas saja. Apalagi saat membuat roket air kan harus jalan, memompa, memotong dan memasang pipa. Karena bergerak itulah kami tidak ngantuk. Jadi terasa seru sekali pembelajaran di luar kelas itu.


Inovasi dalam pembelajaran bahasa Inggris


Bahasa-bahasa merupakan skill. Agar mahir, perlu dibiasakan. Guru bahasa Inggris perlu memperbanyak percakapan. Daripada mempelajari atau menghafal tenses alangkah baiknya anak diajak untuk praktik ngomong bahasa Inggris langsung.


Bahkan kalau bisa belajar berani ngomong ke bule. Tentu kalau ada orang bule di sekitar sekolah. Atau bisa juga dengan video meeting bareng bule. Siapa tahu guru bahasa Inggrisnya punya teman atau kenalan bule. Ajaklah video conference bersama siswa di kelas. Sepertinya seru.


Sekali lagi inovasi bukan hanya melibatkan teknologi tingkat tinggi. Ringkasnya, melakukan sesuatu yang diluar kebiasaan merupakan inovasi. Guru harus kreatif mencari inovasi-inovasi dalam pembelajarannya sehingga pembelajaran disenangi oleh siswa.

18 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Ini inovasinya juga keren pa, bisa berbagi informasi ke teman- teman yang setingkat sekolah pa Supadilah.semangat dan selamat juara lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih banyak, Bu. Guru harus banyak inovasi supaya pembelajaran menjadi semakin menyenangkan.

      Delete
  2. Inovasi pembelajaran muaranya adalah penguasaan kompetensi melalui PBM yang menyenangkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, Pak D. Eh, kalau tidak salah muara itu ujung kan? Hehe.. Guru harus inovatif nih supaya PBM semakin seru...

      Delete
  3. Menariknya jika pembelajaran dikemmas dalam permainan. Pasti sangat menyenangkan. Aniwei selamat atas pialanya ya Pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kali ya kalau ada game dalam belajar. Hehe.. Terima kasih banyak, Pak.

      Delete
  4. Belajar sambil bermain tentunya sangat mengasikkan,
    Namun masih banyak metode ceramah yang digunakan dalam pembelajaran.
    Mungkin sosialisasi dan pemaksaan dapat meningkatkan kompetensi guru dalam mengajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin mikirnya lebih mudah denan ceramah aja kali ya Pak. Hehe..Padahal, belajar kan tidak hanya tranfer materi. Jadi penting juga membuat PBM jadi menyenangkan.

      Delete
  5. Betul sekali, anak2 sangat suka belajar di luar kelas..

    ReplyDelete
  6. Melakukan sesuatu yang di luar kebiasaan adalah inovasi.
    Sip Pak Padil... Mari kita ciptakan.. inovadiw oembelajaran yang menyenangkan..

    ReplyDelete
  7. CTL pembelajaran asik dan menyenangkan...

    ReplyDelete
  8. Salut buat pak Padil.....bisa masuk lomba apa pun ....dan yang ini tentang pembelajaran game. Hanya guru kreatif lah yang bisa memikirkan inovasinya. Salam literasi pak. Selamat telah menjadi pemenangnya

    ReplyDelete
  9. Wah untuk bahasa Inggris pernah menghadirkan native speaker. Tapi setelah pandemi belum bisa dilanjutkan program tersebut. Semoga bisa lanjut setelah pandemi berlalu.

    ReplyDelete
  10. Konsepnya belajar sambil bermain...
    Menarik sekali..

    ReplyDelete
  11. Selamat Pak sudah jadi juara lagi! Memang betul sih, kalau cuma belajar di dalam kelas, akan membosankan dan kesannya menjemukan. Salut untuk inovasinya!

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post