Dalam sebuah keluarga terdiri dari suami dan istri. Tahukan pembaca, bahwa hubungan antara suami istri bisa beda-beda kondisinya. Meskipun sudah lama dalam satu rumah, belum tentu menjamin hubungan keduanya berlangsung dengan baik.


 

Ada 4 model keluarga jika dilihat dari komunikasi antara keduanya. 

Pertama, Model Pasar

Keluarga model pasar adalah keluarga di mana hubungan suami dan istri layaknya penjual dan pembeli di pasar. Transaksi keduanya adalah jual beli. Seorang istri memberikan pelayanan atau mengerjakan pekerjaan rumah tangga kalau ada imbalan atau upah dari suami. Seperti penjual dan pembeli di pasar, suami istri keras kepala tidak mau mengalah.
 

Kedua, Model Rumah Sakit 

Nah, suami istri dalam model rumah sakit ini saling jual beli jasa. Keduanya akan memberikan jasa demi mendapatkan upah atau imbalan. Salah satu pasangan akan memberikan layanan kalau hanya diperlukan.

Ketiga, Model Kuburan 

Keluarga dalam model ini ibarat kuburan. Sepi dan senyap kondisinya. Keduanya jarang berkomunikasi.

Keempat, Model Sekolah 

Keluarga model sekolah adalah keluarga yang salin mendidik, saling asih dan asuh, serta memberikan kasih sayang. Ibarat guru dan murid yang saling memberikan ilmu berupa nasihat dan bimbingan kepada pasangan.


1 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Ngeri sekali model-modelan hubungan pernikahan kayak gini wkwkwkw.. Belum mati dah horor duluan kalau udah masuk model kuburan. Enaknya baca, cuma dikit wkwkwkw.. Haloo Pak guru.. berkunjung ke blognya nih, baru nengok haha..

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post