Mengenal Blog - Apa bedanya blog dengan website? Blog itu mirip dengan website.
Kalau website adalah istilah umum yang digunakan untuk menyebut semua situs web yang berada di internet.

Nah, kalau blog, adalah website pribadi. Pengelolaannya lebih mudah dan sederhana. Jadi blog ini biasanya milik pribadi. Blog ini sama seperti jurnal, catatan, atau diari. Namun, dalam bentuk digital.

Membuat blog itu gratis. Beberapa situs penyedia blog gratis seperti Blogspot, WordPress, Medium, Tumblr, atau Wix.com. Bahkan ada juga google site. Dari beberapa penyedia layanan blog, Blogspot lah yang paling sering digunakan para blogger.

Blog Sudah Lama Ada

Aktivitas blog sebenarnya sudah lama ada. Saya mengenalnya di tahun 2006 lalu. Namun, jarang di-update. Kemunculan blog di tahun 2000-an. Sampai sekarang, masih banyak diminati. Meskipun media sosial sudah semakin gencar.

Blogger
Blogger adalah sebutan orang yang punya blog atau pengelola blog.

Blogging
Blogging adalah aktivitas mengelola blog, seperti menulis, memperbarui, atau menambahkan elemen lainnya (misalnya video) pada konten blog.

Fungsi Blog

Inilah beberapa fungsi blog:

  • Menuliskan ide, hobi, curhat, tutorial, atau apapun layaknya jurnal atau diari. 
  • Sebagai sumber penghasilan baik penghasilan utama maupun sampingan. Ada lho orang yang menjadikan aktivitas blogging sebagai pekerjaan utama (influencer).
  • Sarana latihan menulis. Kalau kita pengen latihan menulis, maka menulis di blog adalah cara yang paling tepat. Misalnya kita adalah seorang guru. Pengen nulis di koran tapi belum percaya diri. Maka, latihan nulis dulu di blog. Kalau di koran, bisa ditolak kalau tulisan kita tidak memenuhi kriteria redaksi. Tapi kalau menulis di blog, ibaratnya kita sendiri redaksinya, maka pasti diterima. Tidak akan ditolak. Ya kan?

 
Bahasa Blog

 
Biasanya bahasa blog itu santai dan tidak baku. Seperti bahasa percakapan. Namun walaupun bahasa tidak baku tetap memperhatikan kaidah penulisan ya. Misalnya kalau kita gunakan bahasa tidak baku atau bahasa serapan, maka penulisannya dimiringkan.

Cara Membuat Blog

Untuk cara membuat blog, saya berikan link video ya. Mudah-mudahan bisa semakin jelas. untuk membuat blog berbasis blogspot, kita harus sudah punya akun gmail.


2 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Terima kasih untuk pencerahannya Pak. Semoga saya bisa trus konsisten menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga konsisten menulis. Baik menulis yang ringan maupu berat. Hehe..

      Delete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post