Dalam satu kegiatan saya bisa punya 5  pekerjaan. Sebenarnya 5 pekerjaan ini tidak harus atau WAJIB saya kerjakan. Tapi lima tugas ini saya lakukan dengan senang hati. Ringkasnya, dalam satu kegiatan, lima tugas ini yang biasanya saya lakukan. 

Terbaru, saya ikut dalam kegiatan musyawarah wilayah yang diadakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Wilayah Banten. Kegiatan ini diadakan pada 1-2 Maret 2022 di sebuah hotel di daerah Kota Tangerang.

Apa saya yang saya kerjakan?


Pertama, rilis berita. Setiap kegiatan perlu dipublikasikan agar banyak yang tahu. Untuk publikasi, saya harus membuat rilis berita. Lalu dikirim ke media baik online maupun cetak. Untuk online ada 3 media yaitu website JSIT Pusat (www.jsit-indonesia.com), www.bantenraya.com, dan www.bantengate.com.

Kedua, dokumentasi. Saya harus mendokumentasikan seluruh rangkaian kegiatan dalam acara itu. Sambutan ketua panitia, ketua JSIT, kepala dinas pendidikan provinsi/kabupaten, pembagian hadiah, hiburan, dan lainnya. 



Sedang beraksi mendokumentasikan kegiatan

 Ketiga, membuat desain grafis untuk ucapan selamat atas kegiatan. Di acara itu ada pergantian pengurus. Selesai acara, saya membuat ucapan selamat atas terpilihnya pengurus baru. 



Keempat, membuat desain grafis juara lomba. Di acara itu ada pengumuman lomba. Kalau sekolah saya juara, saya membuat poster/flyer ucapan selamat atas prestasinya.

Kelima, membuat video kegiatan. Kadang dokumentasi da publikasi kegiatan lebih maksimal dengan adanya video. Saya pun biasa menyiapkan dokumentasi dalam bentuk video. Pakai kamera handphone juga sudah lumayan. Apalagi saat ini smartphone punya kamera yang canggih dengan hasil video yang tajam dan jelas. 

Senjata melaksanakan tugas


Jadi saya ganti-gantian antara memfoto dan merekam. Untuk olah video saya menggunakan aplikasi yang bisa pakai handphone juga. Saya biasa pakai aplikasi kinemaster.

Di sekolah saya megang media sosial. Nah, kalau tugas ini, saya berbagi dengan guru lainnya. Beberapa guru saya ajak untuk mengurus desain grafis sekolah.

Senang Melakukannya

Bukan apa-apa, Saya senang melakukannya. Selama bisa mengerjakannya, saya senang aja. Apa ada upahnya? Kadang ada, kadang nihil. Tapi karena senang itu tadi, ya saya enjoy aja melakukannya. Lagian, ini pekerjaan banyak manfaatnya.
 
Saya jadi rajin menulis. Jadi skill menulis terus terasah. Jadi otak saya terus bekerja. Ini penting juga. Saya sering ikut lomba menulis. Nah, skill menulis kegiatan ini sering dipake juga untuk lomba.


4 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Jika sudah senang .. maka ada dan tanpa upah pun akan enjoy melakukannya. Sip Pak semangat ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, Bu. Hehe..alhamdulillah, seru aja bikinnya.

      Delete
  2. Multitalenta Pak Padil...
    Saya mau menimba ilmu dengan Pak Padil...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya yakin Pak Indra sudah melakukan apa yang saya tulis. Salut saya sama Pak Indra.

      Delete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post