Ada yang mengatakan dunia kompetisi itu tidak bagus. Karena membuat kita saling menyalahkan. Namun, dunia nyata membuktikan bahwa kompetisi tidak bisa dielakkan.

Banyak lho di sekolah yang tidak setuju dengan lomba-lomba yang diadakan. Hal ini dikuatkan membuat siswa punya karakter saling mengalahkan. Beberapa kondisi memang ada benarnya.

Yang terpenting adalah bagaimana cara memandang tentang kompetisi itu. Di sekolah saya sering mengatakan siswa dalam sebuah lomba yang penting mereka berusaha dengan maksimal. Kalah atau menang urusan belakangan. Guru lebih menghargai proses yang mereka jalankan.

Jadi saya tidak menargetkan siswa harus juara atau tidak. Ikut lomba itu lebih kepada pengalaman yang mereka dapatkan. Ketika dekat lomba mereka bisa tahu kemampuan sendiri, merasakan pahit manisnya berjuang, menambah relasi atau pertemanan. Kalau menang dan dapat hadiah itu adalah bonus.

Meskipun tidak semua orang bisa berpendapat seperti itu. Ada orang tua yang menakutkan anaknya harus menang lomba. Makanya mereka mengikutkan anak dengan bimbingan bimbingan. Mereka pun marah kalau anaknya kalah dalam kompetisi.

Banyak orangtua yang mengaku pengen anaknya juara ini juara itu. Padahal untuk jadi juara itu kan tidak mudah. Orang tua sendiri belum tentu bisa meraih juara pada masanya. Karena itu kalau kita tidak bisa melakukannya janganlah terlalu memaksakan orang lain melakukannya.

Syukurnya ada juga orang tua yang sadar bahwa kompetisi merupakan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman. Jadi mereka tidak memasang target muluk-muluk untuk menang. Apakah dengan orang tua. Apa yang terpenting adalah pengalaman.

Assalamualaikum.. Ayah bunda mohon doanya untuk siswa siswi kita hari ini akan berjuang di KOSN tingkat kab.Lebak semoga dilancarkan dan bisa memberikan performa yg maksimal

1 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Thank you for sharing useful information with us. please keep sharing like this. And if you are searching a unique and Top University in India, Colleges discovery platform, which connects students or working professionals with Universities/colleges, at the same time offering information about colleges, courses, entrance exam details, admission notifications, scholarships, and all related topics. Please visit below links:



    Lovely Professional University in Jalandhar

    Pandit Deendayal Energy University in Gandhinagar

    Shoolini University of Biotechnology in solan

    Ashoka University in Gurugram

    University of Petroleum and Energy in Dehradun

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post