Aku mengenal blog sebagai media menulis. Ibarat buku yang bisa kita tulisi dengan berbagai hal seperti opini, artikel, curhat, puisi, dan lainnya. Ternyata blog banyak manfaatnya. Bahkan menjadi profesi, lho. Sudah beberapa tahun fokus ngeblog, ternyata masih banyak ilmu tentang blog yang harus aku pelajar. 

Apa saja? Lanjut baca tulisanku ya.


Sumber gambar: Pixabay

 Tentang Dunia Blogger di Indonesia Saat Ini

Dunia blogger sementara sudah lama ada. Kondisinya selalu selalu berkembang. Semakin hari semakin banyak blogger yang bermunculan. Komunitas-komunitas blogger pun semakin banyak. Ada komunitas blogger berbasis daerah seperti blogger Medan, Blogger Makassar, Tapis blogger (Lampung) dan lainnya.

Ada juga komnuitas blogger berbasis organisasi seperti blogger Forum Lingkar Pena, guru blogger seperti Lagurenal atau cakrawala guru blogger nasional, dan lainnya. Dunia blogger semakin dinamis. Apalagi didukung teknologi yang semakin maju membuat dunia blogger semakin hidup dan dinamis.

Bahkan blogger bisa menjadi gaya hidup. Semacam ada kebanggaan yang lebih dengan menyandang prediket seorang blogger. Dengan fokus ngeblog juga bisa menjadi sumber penghasilan. Ini yang aku lihat dari banyaknya blogger yang mendapatkan penghasilan dari lomba blog maupun mengulas tentang produk-produk.

 

Perjalananku Terjun di Dunia Blogger

Aku sudah punya blog sejak 2007. Tapi masih pakai template dan domain gratis. Saat itu aku pengen jadi penulis. Tapi ternyata kurang kuat semangatnya. Jarang membuat postingan. Kadang sampai lima bulan baru satu postingan. Itulah pun receh.

 Lalu beli domain dan template premium di 2017. Juga sering mengoprek blog. Kadang ganti-ganti tema. Mengubah-ubah tampilan blog. Seru sih. Hehe ..

Aku mulai ikut lomba di 2019. Saat pertama kali ikut, karena belum punya pengalaman, dapat urutan 70 dari 170 peserta. Waah, jauh amat ya.

Lalu terus belajar ikut lomba blog. Belajar dari tulisan para juara blog. Akhirnya merasakan jadi juara lomba blog. Sampai saat ini aku masih mengikuti lomba blog.

Selain itu aku masih penasaran untuk mendapatkan adsense seperti blogger-blogger lainnya. Hingga sekarang aku sudah 5 kali mendaftar adsense tetapi selalu ditolak. Aku akan coba lagi. Mudah-mudahan di selanjutnya bisa diterima.

 

Harapanku untuk Dunia Blogger

Dunia blogger semakin berkembang. Meskipun era digital menghadirkan media sosial yang semakin marak, dunia blogger masih mendapatkan tempat. Dalam hal iklan, misalnya sudah banyak iklan lewat Instagram, Facebook, Tiktok, atau lainnya tapi banyak juga perusahaan atau brand yang mengajak blog untuk berkolaborasi mengiklankan produknya.

 

Sumber gambar: Pixabay

Skill blogger juga semakin keren-keren. Nggak hanya tulisan tetapi juga desain grafis, foto dan video yang sangat keren. Mudah-mudahan dunia blog semakin berkembang dan banyak memberikan manfaat bagi blogger.

Tidak jarang blogger menjadikan bloknya sebagai sumber penghasilan. Banyak juga blogger yang masih menjadikannya sebagai penghasilan sampingan. Tapi kalau semakin banyak untungnya, blogger bisa menjadi penghasilan utama. Ngarep sih. Hehe..

Bener hari lalu dengar teman blogger yang artikelnya dijiplak. Ada belasan tulisannya yang dicomot tanpa izin. Copas 100 persen pula. Tidak mencantumkan sumbernya dari mana. Ini salah satu persaingan atau kondisi yang kurang sehat. Mudah-mudahan kejadian seperti ini tidak terjadi lagi.

Cara Memulai Ngeblog

Untuk memulai ngeblog kita harus punya blog dulu. Banyak sekali tutorial cara membuatnya di internet maupun YouTube. Untuk awalan membuat blog menggunakan yang gratisan dulu.

Setelah itu rajinlah menulis atau membuat postingan. Kita bisa memposting hal-hal yang ringan seperti kegiatan harian, menulis sebuah peristiwa, atau sebuah berita. Tidak sulit membuat satu tulisan dalam tiga hari atau satu minggu. Jangan 1 bulan 1 tulisan ya.

Tulisan di blog juga biasanya lebih cair. Seperti kita sedang bicara. Maka boleh saja menggunakan kata tidak baku. Namun ada baiknya tetap mengikuti kaidah tata bahasa. Biasanya benar kata tidak baku ditulis miring.

Setelah itu jangan lupa promosikan artikel di blog kepada teman-teman. Bagikan lewat grup WhatsApp maupun media sosial Facebook atau Instagram. Di awal-awal mungkin tidak banyak mengunjungi blog kita. Yang penting adalah konsisten menulis dan membagikannya. Lama-lama banyak juga yang membaca blog kita.

 Strategi Agar Konsisten Menulis

Untuk jadi penulis blogger yang sukses harus konsisten menulis. Sederhananya harus rutin menulis. Tapi setiap orang punya ukuran berbeda tentang rutin ini. Bisa jadi setiap hari, dua hari sekali, seminggu sekali atau sebulan sekali.

Untuk menjaga konsistensi seorang blogger harus berniat kuat untuk menulis. Bikin janji dalam hati mau berapa kali menulis. Mau sehari sekali, dua hari sekali, atau seminggu sekali. Kalau sebulan sekali? Wah, itu terlalu lama.

Ada teknik lain yaitu membuat ikrar menulis. Jadi caranya tulis ikrar atau janji untuk rutin menulis. Tulis di atas kertas. Lalu ditandatangani. Berikan ke orang terdekat. Minta juga dia menandatangani. Dengan begitu, kita termotivasi untuk konsisten menulis. Sebab, malu kan kalau sudah berjanji tapi tidak menepati?

Seberapa Penting Blogger Paham SEO?


 Sumber gambar: Pixabay

Setelah rutin menulis atau membuat postingan, blogger perlu paham juga dengan Search Engine Optimation (SEO). Supaya semakin banyak yang membaca tulisan. Supaya tulisan bisa menempati posisi teratas dalam mesin pencarian. Siapa sih yang nggak pengen tulisannya dicari banyak orang? Apalagi sampai di halaman pertama mesin pencarian.

Selain itu menjadi semakin berkualitas. Karena artikel yang memenuhi SEO kan ada syarat-syaratnya. Ada aturan-aturannya dan tipsnya agar muncul di halaman pertama.

Artikel yang memenuhi kaidah SEO adalah artikel yang lengkap. Karena itu blogger yang paham SEO akan membuat tulisan di blognya semakin bagus. Namun tidak semua blogger yang bisa mendapatkannya. Dia harus belajar lebih serius lagi agar targetnya tercapai.

Cara Menaikkan Trafik Blog

Untuk menaikkan trafik blog kita bisa menyebarkan postingan kita ke media sosial. Baik itu Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya. Manfaatkan pertemanan di media sosial. Semakin banyak pertemanan kita, semakin besar pula peluang orang membaca postingan blog kita. Karena itu jangan malu-malu untuk menyebarkan lewat media sosial ya.

Selain itu, trafik blog dipengaruhi oleh kualitas tulisan. Kalau tulisan itu temanya disukai orang maka akan berpengaruh pula pada trafik blog. Karena itu blogger harus tahu selera pembaca maupun tema yang sering dicari oleh orang.

Trafik blog juga dapat dipengaruhi dengan struktur blog. Semakin lengkap struktur blok yang terdiri dari judul, sub judul, dan seterusnya akan membuat artikel semakin berkualitas. Sehingga Google juga akan mengindeks tulisan kita sebagai tulisan yang yang berkualitas pula. Google akan merekomendasikan tulisan kita jika pengguna mencari tema sesuai dengan postingan kita.

Trafik blog juga dipengaruhi kondisi yang sedang ada di sekitar kita. Misalnya kita membuat postingan tentang pendidikan. Kadang tidak langsung punya trafik yang tinggi. Tapi kalau sedang musim ujian, biasanya traffic-nya pun meningkat.

Keuntungan Niche Blog Lifestyle

Blog aku niche-nya lifestyle atau banyak hal. Jadi bertema pendidikan, bisnis, keuangan, budaya, hobi dan lainnya. Kesannya punya niche gado-gado.

Aku memilih niche ini supaya punya banyak tema yang bisa aku sajikan di blog. Sehingga pembaca pun punya banyak pilihan sesuai kebutuhannya.

Selain itu agar  aku tidak kehilangan kita dalam membuat tulisan. Kalau menulis tentang satu tema bisa kehabisan ide. Tapi kalau temanya banyak kan ada banyak pilihan. Kalau kehabisan ide tentang satu tema, bisa berganti tentang tema lainnya.

Alasanku Ingin Belajar Site Audit

Aku ingin mempelajarinya supaya tahu apa itu site web dan bagaimana cara menggunakannya. Selain itu, aku ingin belajar tentang site audit web untuk mengetahui kondisi blog aku. Apa yang kurang, apa yang harus diperbaiki, dan apa yang salah dari blog aku.

Setelah itu aku ingin mendapatkan atau menjadikan blog aku menjadi lebih baik lagi dalam tampilan isi dan dalamannya. Aku juga ingin termotivasi menulis dalam bentuk yang lebih panjang lagi. Biasanya aku menulis singkat-singkat saja. Aku menulis sekadarnya. Tidak panjang-panjang dan lengkap.

Nah, kalau sudah ada panduannya aku termotivasi untuk menulis yang lebih panjang dan lebih lengkap lagi. Juga agar tahu tulisan yang ideal dalam sebuah postingan blog itu seperti apa.

Inilah Aku di Dunia Blogger

Dalam dunia blogger, aku merupakan pendatang baru. meskipun sudah punya blog sejak 2007, tapi aku belum aktif mengurusnya. Mungkin hanya satu postingan dalam satu bulan. Bahkan tiga sampai lima bulan baru memposting tulisan lagi. Wah, kebangetan ya!

Isinya pun berantakan. Banyak tulisan yang tidak berjudul. Waktu itu belum paham di bagian mana harus mencantumkan judul. Juga tidak melengkapi postingan dengan gambar. Jadi postingan kelihatan kosong.

Isinya pun banyak curhat galau, reportase kurang maksimal, atau hanya copas saja. Banyak sekali kekurangan saat itu. Tapi setelah dipikir-pikir wajar seperti itu. Maklum, belum tahu ilmunya.

Nah, aku mulai serius ngeblog sejak 2019. Sejak itu aku punya domain berbayar, beli template blog premium, dan nulis lebih panjang lagi.

Belajar Tentang Site Audit

Site audit merupakan hal penting bagi blogger. Ringkasnya, site audit adalah memeriksa blog. Diperbaiki kalau ada kekurangan. Dibenerin kalau ada yang salah. Kadang dalam membuat postingan, blogger lupa dengan berbagai banyak seperti judul, sub judul, dan lainnya. Atau lupa memberikan keterangan gambar, sumber gambar, sumber referensi, dan lainnya.

Selain itu kadang blogger tidak memperhatikan ukuran gambar, foto atau video yang dimasukkan dalam postingan. Kadang ukuran gambar atau foto terlalu besar sehingga memperlambat kerja blog.

Site audit juga memeriksa apakah postingan sudah  memenuhi kaidah tata bahasa maupun ketentuan penulisan. Jadi site audio adalah memeriksa dan memperbaiki blog.

Jika Tulisan Di-copas, Ini yang Aku Lakukan

Dalam menulis artikel seringkali ada yang dengan sengaja atau tidak sengaja mengambil tulisan orang lain. Dalam postingan kita sering menggunakan rujukan-rujukan sebagai sumber referensi.

Kalo dicopas dengan memperhatikan kaidah pengutipan maka aku tidak mempermasalahkan. Justru aku merasa senang. Namun,  berbeda kalau copasnya tidak memperhatikan kaidah pengutipan.

Kalau tulisan aku yang diambil oleh blogger lain maka aku akan menegurnya. Bagaimanapun juga itu merupakan karya kita yang susah payah membuatnya. Walaupun tulisan itu merupakan ilmu yang penting untuk disebarkan.

Aku akan berusaha menghubunginya lewat media sosial email atau komen di postingan blognya. Kalau tidak diindahkan aku bisa akan melaporkannya ke Google.

Langkahku Membuat Postingan Hingga Publish

Dalam menulis postingan yang terlebih dahulu dilakukan adalah menentukan tema apa yang akan ditulis. Lalu membuat kerangka tulisannya. Hal apa saja yang akan ditulis. Untuk membuat kerangka karangan bisa menggunakan mind map atau duri ikan.

Dari kerangka tulisan itu kemudian melengkapinya dengan pertanyaan-pertanyaan atau poin-poin. Setelah itu mengubah kerangka menjadi tulisan. Jika diperlukan data aku mencarinya di internet. Bisa menggunakan website yang menyediakan data-data. Lalu aku mengubahnya menjadi satu tulisan utuh.

Setelah itu aku mengeditnya. Membaca kembali tulisan dari awal sampai akhir. Kalau ada kata-kata yang baku atau kalimat yang rancu aku mengubahnya. Aku tidak langsung mempostingnya tapi mengendapkannya dulu.

Aku juga melengkapi tulisan itu dengan foto atau gambar yang relevan. Diprioritaskan foto atau gambar milik sendiri. Setelah itu aku mem-publish di blog. Setelah selesai publish, aku akan men-share nya ke media sosial.

Yang Perlu Diperbaiki pada Blogku

Hal yang perlu diperbaiki pada blog aku adalah tulisan yang kurang panjang, minim data-data, dan kurang ilustrasi yang relevan.

Aku juga sering merasa ingin cepat-cepat memposting. Padahal, setelah diposting, baru sadar kalau ternyata banyak yang tidak lengkap dari tulisan aku itu. Misalnya keterangan gambar, data-data, maupun kutipan.

Sepertinya aku lebih mementingkan kuantitas daripada kualitas. Aku banyak menulis tapi kurang panjang kalimatnya. Tulisan pun cepat selesai dibaca.

Selain itu aku kurang mahir membuat sub judul. Tulisan aku kurang poin-poin terkesan seperti karangan kaku. Mudah-mudahan bisa diperbaiki.

Inilah Alasan Aku Harus Ikut Pelatihan Site Audit

Aku sudah lama ngeblog. Aku juga sudah mulai fokus untuk ngeblog. Namun, aku merasa banyak kekurangan dalam blog aku. Masih bingung dengan unsur-unsur yang harus ada dalam postingan blog.

Saat ini aku sangat ingin belajar mengikuti pelatihan site audit. Aku berharap dengan pelatihan ini bisa mendapatkan ilmu tentang membuat postingan yang ideal, memperbaiki unsur-unsur blog, dan mengelola blog lebih baik dan lebih lengkap lagi.

Aku yakin dengan bimbingan Mas Irwin Andriyanto blog aku menjadi lebih baik lagi. Dan tidak kalah pentingnya aku akan semakin pede menjadi blogger. Aku yakin itu!

 

11 Comments

Kata Pengunjung:

  1. Mantap pak, saya cenderung angin-anginan nulisnya. Bapak guru hebat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, ayo ikut Bu. Biar semakin semangat. Juga biar blog kita semakin bagus. Hehe...

      Delete
  2. Keren...Mr.Supadilah ,Trimks tulisannya sangat menginspirasi kita ,ijin save untuk belajar

    ReplyDelete
  3. Mantap Pak Supadilah. Banyak yang belum bisa dilakukan untuk blogku. Belajar dari sini juga. Terima ksih inspirasinya.

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah. Jujur tambah wawasan.membakar semangat

    ReplyDelete
  5. Mantap Pak Padil
    Sarat ilmu
    Terima kasih sudah berbagi

    ReplyDelete
  6. Waaw perjalanan ngeblog yang keren.. selalu ada peningkatan.terimakasih telah berbagi. Sebagai blogger pmula saya juga hrs bnyak belajar. Nulis hnya sejedar nukis dan hanya tulisan receh. Blog nya pun msh gratisan.. hehe..

    ReplyDelete
  7. Terima kasih ilmunya, Pak Padil. Kalau saya baru belajar mengeja di blog. He ... he ... Mudah-mudahan suatu saat nanti bisa mengikuti jejak Pak Padil.

    ReplyDelete
  8. Makasih ilmunya yang luar biasa. Joss tenan

    ReplyDelete

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post