Platform Merdeka Mengajar adalah platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila serta mendukung guru untuk mengajar, belajar dan berkarya lebih baik lagi.

Platform Merdeka Mengajar dipersembahkan untuk mempermudah guru mengajar sesuai kemampuan murid, menyediakan pelatihan untuk tingkatkan kompetensi, serta berkarya untuk menginspirasi rekan sejawat.

Platform Merdeka Mengajar dapat digunakan melalui aplikasi di gawai Android atau melalui laman situsnya.  Untuk dapat masuk ke beberapa produk Platform Merdeka Mengajar gunakan akun Belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id

 


 

Platform Merdeka Mengajar diperuntukkan bagi para Guru, Kepala Sekolah dan tenaga kependidikan yang berkepentingan. Untuk menggunakannya, user harus masuk dengan menggunakan akun pembelajaran.

Akun Pembelajaran adalah akun elektronik dalam bentuk akun Google dengan domain belajar.id yang memuat nama akun (User ID) dan kata sandi (password) yang diterbitkan oleh Kemendikbud dan dapat digunakan oleh peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan sebagai akses aplikasi pembelajaran berbasis elektronik.

 

PRODUK PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

 


Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Ada 3 bagian dari Platform Merdeka Mengajar

A. Mengajar

1. Perangkat Ajar

Saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka

2. Asesmen Murid

Membantu guru melakukan analisis diagnostik literasi dan numerasi dengan cepat sehingga dapat menerapkan pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan peserta didik.

 

B. BELAJAR

Platform Merdeka Mengajar memberikan kesempatan yang setara bagi guru untuk terus belajar dan mengembangkan kompetensinya kapan pun dan di mana pun.

1. Pelatihan Mandiri

Guru dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri

2. Video Inspirasi

Guru bisa mendapatkan beragam video inspiratif untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas.

C. BERKARYA

Platform Merdeka Mengajar mendorong guru untuk terus berkarya dan

menyediakan wadah berbagi praktik baik

 

Bukti Karya Saya

Guru dapat membangun portofolio hasil karyanya agar dapat saling berbagi inspirasi dan berkolaborasi.

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post