Kemarin dapat kesempatan berbagi dengan siswa SMA Negeri 1 Rangkasbitung.

Setiap orang pasti punya sisi baik yang bisa dibagi. Maka saya jawab siap kepada Kang Maman yang menghubungi saya lewat WhatsApp. Sebetulnya beliau mau menelpon. Tapi tidak terjawab. Akhirnya beliau kirim pesan.

"Temanya bebas pak, yang penting tentang semangat siswa dalam mewujudkan cita2nya," kata Kang Maman.

Sebuah tantangan menarik sebab ketemu sama siswa-siswi salah satu sekolah terbaik di kabupaten Lebak.

Saya pikir perlu banget siswa atau anak muda dikasih semangat untuk meraih prestasi saat di sekolah. Kebetulan dulu akademik saya lumayan. Juga ada pengalaman di bidang OSN atau KOSN namanya saat ini.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB. Pastinya mereka bersemangat sebab habis makan siang yang memberi energi buat aktivitas selanjutnya.

"Siapapun berhak untuk sukses. Sukses itu direncanakan supaya kita punya energi lebih untuk meraihnya," kata saya di depan siswa yang jumlahnya 300-an itu.

"Bidiklah prestasi di bidang yang bukan favorit, supaya saingan kita nggak banyak. Tapi kalau kita punya modal dan energi yang buat untuk bersaing, ya nggak papa mengincar prestasi di bidang yang banyak peminatnya."

Ada banyak pertanyaan. Kalau tidak salah ada 6 orang.

Mereka sangat semangat. Kagum sama Yel-yel dan jargonnya sekolah bermotor Widhi, Widya, Wirawan ini.

Kepala sekolah Smansa, Hj. Ucu Lena Murtadewi juga hadir. Beliau bilang makasih karena memilih Smansa untuk mengadakan acara ini.

"Anak-anak perlu disemangati agar semakin rajin di sekolah. Sebab 2 tahun sebelumnya kan pandemi, kalau di rumah mungkin tidak maksimal belajarnya," pesan beliau.

Ruangannya enak buat kegiatan. Suaranya keras. Pendingin ruangan bekerja maksimal. Seru banget acaranya. Silaturahmi ini mudah-mudahan membawa kebaikan.

Sekitar 45 menit saya berdiskusi. Sebisa mungkin nggak melulu ngomong tapi berinteraksi dengan siswa supaya nggak monoton saja.

Tidak lupa saya siapkan yel-yel. Jadi kalau saya bilang
Selamat pagi...
Jawabnya: penuh energi raih prestasi.

Kalau saya bilang selamat siang, jawabnya:
Pantang pulang sebelum menang.




Ada 20 slide powerpoint yang saya siapkan. Tapi percayalah itu benar-benar powerpoint, bukan file word yang dipindahkan ke powerpoin. Itu mah buka. Powerpoint tapi power word. Wkwkw...

Motivasi saya sih mudah -mudahan dari yang saya ceritakan itu ada manfaatnya buat mereka.

Ada beberapa pertanyaan seperti:

"Gimana kok suka nulis padahal jurusannya IPA?"

"Gimana mengatasi tantangan yang ditemui waktu ingin meraih prestasi,"

"Ada orang yang nggak punya bakat apapun. Apa iya benar begitu? Apa benar ada orang yang dilahirkan tanpa bakat?"

Dan lainnya....

Saya sempat memberikan kenang-kenangan berupa buku kepada salah seorang siswa. Buku baru itu mudah2an memberikan manfaat untuk mereka. Aamiin.



Mudah-mudahan lain kali diundang lagi. Hehe... Kalau pembaca mau mengundang saya juga boleh. Silakan hubungi di 081993963568. Insyaallah saya memberikan yang terbaik.


Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post