Wilujeng sumping atau Selamat Datang. Begitu kita langsung membaca pada bagian depan perpustakaan Saidja Adinda. Perpustakaan ini adalah perpustakaan daerah kebanggaan masyarakat kabupaten Lebak, Provinsi Banten. 


Perpustakaan ini kemarin lancar. Ada guru-guru dan siswa yang berseragam rapi. Ada pengeras suara lantang dari sana.  Ada acara apa? 


Kegiatan ini bagus sekali untuk anak-anak pelajar. Meskipun hanya dua hari tapi banyak pengalamannya yang mereka dapatkan. 


1. Belajar Percaya Diri


Tidak mudah berani tampil di depan orang. Tidak gampang berbicara di atas podium. Bahkan orang dewasa pun bisa grogi. 


Kemampuan percaya diri berbicara di depan banyak orang itu perlu pembiasaan. Nah, perlombaan ini memacu siswa untuk percaya diri. Memang awalnya ada yang grogi, ragu-ragu bahkan tidak tahu harus bicara apa lagi. Menang ada juga yang sudah lancar. Bagi yang masih belajar tentu lomba ini sebagai ajang latihan agar kelak lebih percaya diri.


2. Memaknai Kompetisi


Dalam hidup, kita akan banyak melihat dan mengalami kompetisi. Perlombaan dongeng kemarin memberikan pengalaman bahwa untuk memenangkan kompetisi kita harus melakukan persiapan yang matang. Peserta yang siap kelihatan lancar dan percaya diri. 

Kita juga harus punya strategi untuk memenangkan kompetisi. 


Jangan lupa bahwa untuk memenangkan  perlombaan kemarin memberikan pelajaran bahwa yang terbaik adalah memenangkan diri sendiri.  Yup, kalau menang, sebetulnya harus memenangkan diri dari rasa grogi, kurang percaya diri, kreatif, dan totalitas. Kalau sudah begitu, ibaratnya juara pasti tinggal menunggu waktunya. 

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post