Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Melihat Lebih Dekat Operasional IndiHome Penyedia Internet Cepat Indonesia

Internet merupakan kebutuhan setiap orang karena membantu memperlancar aktivitasnya. 

Semua orang butuh internet baik yang kerja di kantoran maupun di rumah. Biasanya nih kita cuma tau aja pakai internet. 

Tapi mungkin tidak terbayang gimana sih cara kerja pusat pengoperasian internet sehingga sampai ke kita.


Nah, saya bareng teman-teman blogger dari seluruh Indonesia dapat kesempatan melihat sistem kerja IndiHome secara lebih dekat. Kami diundang oleh IndiHome sekaligus inagurasi IndiHome x CNBC blog Competition 2022. 

Kami pun diajak mengunjungi beberapa tempat yang menjadi 'nyawa' bagi ketersediaan internet cepat yang selama ini kita pakai. Hmm, seperti apa ya kondisi di sana? Pasti penasaran ya dengan kantor penyedia internet cepat Indonesia ini. 

Sebelumnya kami menginap di POP Hotel, Jakarta. Kamis, 22 September 2022, pukul 07.30 WIB kami berangkat menuju OPMC Telkom Bogor. Kerennya nih, mobil kami dikawal patwal. Beuh, serasa orang penting. baru kali ini. Hehe... Satu mobil ada enam orang. 

Sebelum berangkat kami pun berfoto bersama. Cekrek!


Kami tiba pukul 09.00 WIB. Rombongan dibagi dua kelompok. Supaya nggak terlalu banyak dalam satu ruangan. Kelompok 1 menuju lantai 2. Kelompok 2 menuju lantai 4. Saya di kelompok 2 dengan jumlah 12 peserta. 

Saya bersama teman-teman menuju Departemen Sosial Media di lantai 4. Di sini ada 900 orang di bagian ini. Mayoritas anak-anak muda. 

Kang Dera sedang menyambut para blogger 


Kami disambut oleh Kang Dera, manager di bagian ini. Kata beliau, petugas bekerja 24 jam nonstop, 7 hari seminggu, dan 365 hari setahun. Waaah, nggak ada liburnya ya. Pastinya ini untuk memastikan layanan terbaik buat pelanggan IndiHome. 

 Ada layanan IndiHome care yang menyapa pelanggan lewat social media sepertimedia sosial (Instagram, Twitter, Facebook), email, dan WhatsApp. Dalam melayani pelanggan, IndiHome care juga termasuk untuk High value customer atau customer priority. 

Kang Dera bilang, ada 1,2 juta traffic tentang IndiHome setiap bulannya.




"Ini traffic yang sangat besar, harus kita jaga bareng secutiy data. Untuk kita juga" kata sosok yang merasa masih muda terus ini. Hehe..

Kang Dera,"IndiHome Care diciptakan untuk menyelesaikan keluhan pelanggan."


Terus, di lantai dua itu bagian Fulfillment Control Center atau FCC. Departemen ini kegiatannya memverifikasi order. Jadi kalau ada pelanggan yang hendak memasang layanan IndiHome, diverifikasi secara digitalisasi bahkan integrasi dengan dukcapil. 


Yeah, saya jadi tau alurnya kalau memasang layanan IndiHome. 



Banyak hal yang baru kami tahu. Misalnya banyak sekali pegawai di sana. Ada 2200 karyawan, 24 jam nonstop, 7 hari seminggu. WooW!

Sebanyak itu!

Tentu supaya pelayanan untuk pelanggan juga semakin maksimal, kan ya! 

Lalu, bukankah sekarang masih dalam masa pandemi? Nah, ada pengaturan pegawainya. Ada dua shif gitu. Terus, hebatnya nih. Walaupun dua shif, peralatan dan perlengkapan yang digunakan pegawai itu sudah masing-masing kok seperti komputer dan headset itu tidak saling bergantian pakai. 

Tak terasa 60 menit pun berlalu. Sesuai jadwal kami harus segera melanjutkan ke tempat yang nggak kalah keren yaitu TelkomGrup Integrated Operation Center . 

Dan.... Kami dibawa langsung ke lantai 31. Waaah, tinggi banget. Ini adalah gedung yang paling tinggi yang pernah aku naiki. 

Dari atas lantai 31


Di sana kami bisa lihat fasilitas yang disediakan untuk para karyawan. Ada banyak fasilitas olahraga seperti perlengkapan fitnes yang sangat lengkap, golf ruangan, tenis meja, dan lainnya. 

Mencoba lapangan golf indoor


Loker dan kamar mandinya sangat bersih. Keren dan elegan. Sampai-sampai nggak mirip kamar mandi. Hehe... Terus mirip apa ya? 



Mungkin karena pekerjaan di sini bener-bener menguras tenaga dan butuh pikiran serta badan yang fresh maka fasilitas olahraga seperti ini disediakan. 


Pemandangan dari atas juga oke punya. Kita bisa melihat gedung-gedung tinggi menjulang itu sejajar dengan kita. bangunan-bangunan 

Berpose dari lantai 31 


Kami pun keliling-keliling sampai puas. Capek berkeliling saatnya mengisi perut yang mulai minta diisi. Kami makan siang dengan view ketinggian yang sangat memukau. Menunya enak yang sedap. Kami pun makan dengan lahap. 

Setelahnya ada kopi yang lumayan membuat mata melek. 

Selanjutnya kami turun dari lantai 31 itu. Kemudian menuju TelkomGroup Integrated Operation Center atau

TIOC di Gedung Graha Merah Putih yang letaknya bersebelahan dengan lantai 31 tadi. 

Kami disambut oleh Pak Robo yang menjelaskan apa saja tampilan di sana.

Kami dibuat kaget. Awalnya layar ruangan terlihat polos. Tidak kelihatan apa-apa. Tapi setelah Pak Robo memencet tombol, terbukalah layar tadi. Daaaaan.. kami menyaksikan layar besar berisi grafik-grafik, data-data, atau ikon yang kedap-kedip. 

Tampilan kondisi internet di seluruh Indonesia dengan berbagai ragam sajian data. Mulai dari daerah mana yang akses internet lancar atau yang sedang mengalami masalah. 

Juga ada data jumlah aduan pelanggan, aduan terselesaikan, dan lainnya.

Data ini bisa juga digunakan untuk kepentingan lembaga lain seperti Kementerian lain. 

Karena tidak boleh ada kamera untuk foto ataupun video kami mengira ruangan data ini benar-benar terlarang dan kami tidak bisa memasuki atau melihatnya. Ternyata Pak Ropo mengajak kami masuk ke ruangan ini. Kami pun bisa melihat lebih dekat layar yang menampilkan data-data itu. 

Pak Ropo bilang, TIOC ini sebagai kontrol bagi keluhan pelanggan. 

"Kami mengupayakan pelayanan terbaik untuk masyarakat Indonesia. Nah, Kalau ada trouble besar misalnya gangguan karena gempa, petugas bisa bermalam di tempat ini," katanya. 

Kami pun diajak masuk ke ruangan yang biasa dipakai Dirut untuk konferensi pers. Jadi seakan-akan kami menjadi Dirut dalam waktu sementara. 

Ayo bergaya....


Sejam lamanya kami berada di situ. Setelah dirasa cukup sesuai jadwal kami harus segera melanjutkan perjalanan kembali ke hotel sebab pukul 16.45 WIB ini harus bersiap-siap menuju inagurasi. 

"Selamat sore kakak2 kita brangkat dari hotel persiapan brangkat di lobby pop hotel pukul 16.45 ya kak trima kasih," kata Mbak Puri dari tim inagurasi. 

Panitia penyelenggara memang sangat welcome dan ramah melayani para peserta inagurasi. Kami ingatkan untuk setiap kegiatan yang akan dilakukan. 

Keren sekali kegiatannya. Ada banyak hal yang saya dapatkan. 

Pertama, bisa bertemu dengan para blogger dari seluruh Indonesia yang keren-keren. Yang biasanya hanya bertemu lewat pengumuman lomba atau grup WhatsApp sekarang bertemu langsung. Saya bisa katakan kegiatan ini merupakan kegiatan terbesar event para blogger sesudah pandemi. 

Kedua, Saya melihat semangat dari para blogger seluruh Indonesia ini sehingga memotivasi saya untuk terus berkarya lewat blog. Mereka jauh-jauh dari seluruh penjuru Indonesia meninggalkan keluarga menempuh perjalanan yang cukup jauh untuk kegiatan ini. Bahkan ada peserta yang punya keterbatasan dalam fisiknya tapi tetap semangat. Beliau berangkat dari Palembang. Luar biasa. Saya banyak mengambil energi semangat dari beliau. 

Ketiga, semangat kolaborasi antara blogger Indonesia. Meskipun sekilas kami bersaing dalam lomba tapi persaingan itu persaingan yang sehat. Kami saling memotivasi dan mengapresiasi tidak ada yang menjatuhkan. Tidak ada yang pelit dalam berbagi ilmu. Kolaborasi seperti inilah yang membuat Indonesia akan maju. 

Keempat, semangat melayani. Semangat ini ditunjukkan oleh panitia inagurasi IndiHome x CNBC blog Competition 2022. Dari menyediakan informasi inagurasi, menyediakan hotel, akomodasi dan transportasi, serta komunikasi yang ramah. Semangat melayani ini membuat saya dan teman-teman terharu. Betapa pelayanan mereka sangat maksimal dan optimal. 

Kelima, saya melihat keseriusan dan kerja keras dari petugas indihome dan Telkom group dengan berkunjung langsung ke Gedung Telkom OPMC Bogor TelkomGrup Integrated Operation Centera tadi. Betapa mereka kerja keras menghadirkan internet cepat dan layanan yang maksimal untuk pelanggan. Kerja keras menghadirkan kedaulatan dan kemandirian digital bagi Indonesia. 


Terima kasih banyak, IndiHome yang telah mengadakan kegiatan ini sehingga memberikan spirit untuk menetap masa depan dengan optimis. 


#aktivitastanpabatas

#internetcepat


10 comments for "Melihat Lebih Dekat Operasional IndiHome Penyedia Internet Cepat Indonesia "

  1. Kereeen... beruntung sekali Pak Padil. Pastinya pengalaamn yg sangat berkesan, selamat ya...

    ReplyDelete
  2. Iya Ambu. Alhamdulillah ada kesempatan undangan ini. Banyak nian yang didapat. Terimakasih banyak Ambu

    ReplyDelete
  3. Saya ikut merasakan keseruannya, walaupun hanya lewat tulisan Pak Padil. Ulasan yang keren dari pengalaman yang tak terlupakan.

    Hmmm.... Ada Bu Rita juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada Bu Rita juga Pak. Makasih banyak sudah berkunjung

      Delete
  4. Waaaw senangnya..bisa jalan-jalan...

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah. Hehe... Makasih banyak Bu

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah.. jalan-jalan ya, pastinya seru.. selamat pak fadil

    ReplyDelete
  7. Congrat ya Pak Gurukuhhh. Luar biasah banget pengalamannya

    ReplyDelete