Dalam kehidupan kita banyak sekali fenomena benda bergerak. Saat benda bergerak ada perpindahan dan jarak yang ditempuh oleh benda itu. Lalu apa perpindahan dan jarak? Apa perbedaannya?

A. Jarak dan Perpindahan

Jarak termasuk besaran skalar sedangkan perpindahan besaran vektor. Keduanya memiliki satuan yang sama namun makna fisisnya berbeda. Perhatikanlah gambar berikut ini.


Seekor serigala bergerak dari titik A ke titik B sejauh 16 meter. Kemudian dia berbalik alik dan berhenti di titik C sejauh 6 meter dari titik B. Berapa jarak dan perpindahan serigala tersebut dari titik A ke titik C?

Jawabannya, jarak yang ditempuh serigala tersebut dari titik A ke titik C sebesar 16 meter + 6 meter = 22 meter. Sedangkan perpindahan yang ditempuh sebesar 10 meter.

Kesimpulan:

Jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh benda selama bergerak dalam selang waktu tertentu. 

 Perpindahan didefinisikan sebagai perubahan posisi benda dari posisi awal ke posisi akhir. 


B. Kelajuan dan kecepatan

Sama dengan jarak dan perpindahan, kelajuan dan kecepatan memiliki dimensi yang sama namun makna fisisnya berbeda. Lalu bedanya apa?

Kelajuan merupakan besaran skalar yang didefinisikan sebagai jarak total (meter) dibagi waktu tempuh (s). Alat untuk mengukur kelajuan sesaat, misalnya speedometer yang ada di motor kita.

Persamaan kelajuan dapat ditulis sebagai berikut.

 

Sedangkan kecepatan meruakan besaran vektor (memiliki arah) yang didefinisikan sebagai perpindahan (meter) dibagi waktu tempuh (s). Persamaannya sebegai berikut.

 

Contoh soal kelajuan
Sebuah mobil bergerak selama 2 jam dan menempuh jarak 100 km. Berapa besar kelajuan mobil tersebut?

Jawab:
Kelajuan mobil yaitu

Jadi kelajuan rata-rata mobil terebut sebesar 50 km/jam.

Contoh soal kecepatan
Sebuah mobil bergerak ke arah timur selama 2 jam dan telah berpindah sejauh 100 km. Berapa besar kecepatan mobil tersebut?

Jawab:
Kelajuan mobil yaitu

 

 Contoh soal kecepatan
Sebuah mobil bergerak ke arah timur selama 2 jam dan telah berpindah sejauh 100 km. Berapa besar kecepatan mobil tersebut?

Jawab
Kecepatan mobil terebut dapat diketahui dengan persamaan:

 

Jadi kecepatan rata-rata mobil tersebut sebesar 50 km/jam ke arah timur.

 

Post a Comment

Kata Pengunjung:

Previous Post Next Post